Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Agar Hemat, 6 Perlengkapan Bayi Ini Sebenarnya Tidak Perlu Dibeli

by Surtan Siahaan on 2 Maret, 2016

bisnis perlengkapan bayi - CekAja.com

Punya bayi di Indonesia itu tidak murah. Karenanya, butuh perencanaan keuangan yang matang agar kondisi finansial siap menyambut kedatangan anggota keluarga baru.

Perencanaan yang dimaksud juga mencakup kebutuhan bayi pada tahun awal pertumbuhannya. Maklum, banyak orang tua, khususnya yang baru pertama memiliki bayi, tidak bisa menahan diri saat berbelanja kebutuhan bayi.

Akhirnya, semua barang dibeli tanpa mempertimbangkan keperluannya. Padahal, tidak semua perlengkapan bayi perlu dibeli. Bukankah memiliki bayi sudah cukup mahal tanpa seluruh perlengkapannya itu?  Nah, bagi kalian calon orang tua, berikut ini 6 keperluan bayi yang sebenarnya tidak perlu dibeli:

1. Sepatu bayi

Sepatu bayi memang lucu dan menggemaskan. Tapi, barang satu ini sebenarnya tidak terpakai setidaknya sampai umur 1 tahun. Sebab, bayi belum bisa jalan hingga mereka berusia 12 bulan hingga 18 bulan. Jadi, kenapa harus buang uangmu untuk barang yang tidak terpakai?

(Baca juga: Masih Bingung Bagaimana Cairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya)

2. Mainan bayi

Banyak orang tua memenuhi kamar bayinya dengan mainan bahkan sebelum si bayi lahir. Padahal, sama seperti sepatu, mainan tidak bermanfaat setidaknya hingga bayi berusia enam bulan.

Selain itu, ketimbang mengeluarkan banyak uang untuk mainan yang nantinya tidak terpakai, kenapa tidak menyewanya di rental mainan? Selain lebih hemat, anak juga bisa berganti-ganti mainan sesukanya.

3. Stroller

Daripada menghabiskan uang jutaan rupiah untuk membeli stroller, rental perlengkapan bayi menyediakan item yang sama dengan harga ratusan ribu untuk jangka waktu tertentu. Lagi pula, membeli stroller akan mubazir jika kamu bukan orang yang sering berpergian.

4. Box bayi

Perlengkapan satu ini berguna namun tidak terlalu penting. Alasan orang tua membeli box bayi biasanya untuk keamanan saat harus ditinggal beraktivitas dalam rumah.

Perlengkapan ini biasanya dibutuhkan ketika bayi mulai merangkak atau berjalan. Namun, karena harga box bayi tidak murah, sebaiknya beli ranjang bayi yang satu paket dengan baby box.

Selain lebih hemat uang juga lebih hemat ruang. Apalagi untuk rumah dengan lahan yang terbatas.

5. Baju bermerek

Baju bayi bermerek biasanya dibeli karena gengsi orang tuanya. Selain boros karena harganya sangat mahal, pertumbuhan bayi juga sangat cepat sehingga baju mahal tersebut mungkin hanya akan dipakai beberapa kali saja.

Belilah baju di toko perlengkapan bayi yang menawarkan harga miring. Cobalah berhemat karena pengeluaran barang yang satu ini akan cukup banyak dalam beberapa tahun ke depan.

(Baca juga: Enam Cara Mudah Dapatkan Penghasilan Tambahan)

6. Baby walker

Selain membuang uang, baru satu ini sebenarnya tidak dianjurkan digunakan untuk bayi. Lebih efektif bagi orang tua untuk mengajari bayi berjalan dengan memegangnya.

Lagipula, bayi yang belajar berjalan dengan alat ini juga cenderung tidak stabil saat berjalan. Lebih baik biarkan bayi belajar jalan dengan alami.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami