Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Agar Kamu Sukses, Ini Cara Jualan Barang Fashion Saat Musim Belanja Online

by Tisyrin N. T on 25 November, 2016

Perayaan Hari Belanja Online Nasional, Harbolnas 2016 tinggal menghitung hari. Toko- online besar di Indonesia biasanya menggelar diskon besar-besaran pada event yang jatuh setiap 12 Desember tersebut.

Kamu yang punya toko online punya peluang menggaet pembeli saat perayaan Harbolnas. Mengapa? Karena Harbolnas punya tujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang belanja online. Artinya, masyarakat akan semakin terbuka untuk mencoba cara berbelanja yang lebih praktis ini.

Ini beberapa trik untuk kamu yang punya online shop di bidang fashion agar laris manis selama Harbolnas 2016.

Update fashion terbaru

Sebagai pemilik online shop di bidang fashion, kamu harus update terhadap perkembangan industri fashion di Indonesia. Kamu tidak mau kan calon pembelimu kabur karena produk yang kamu jual sudah ketinggalan jaman? Namun ingat, di dunia fashion ada pula item-item jadul yang masih punya penggemar hingga sekarang. Yang terpenting, kamu paham selera konsumen, item fashion seperti apa yang masih menjadi buruan saat ini.

(Baca juga: Teman Kamu Mau Melahirkan? Ini 12 Ide Kado Murah dan Bermanfaat)

Jangan sungkan gunakan model atau selebgram

Khususnya bagi kamu yang memproduksi sendiri barang daganganmu, manfaatkanlah jasa model profesional untuk menciptakan foto-foto yang menarik. Atau, siapkan bujet untuk melakukan endorsement. Carilah selebgram yang paling sesuai untuk mempromosikan produkmu. Tak sedikit online shop yang melakukan endorsement karena melihat banyaknya followers para selebgram.

Pasang foto dengan resolusi tinggi

Selain menggunakan jasa model profesional, pastikan foto-foto produkmu punya resolusi tinggi. Dengan resolusi yang tinggi dan angle yang tepat, tanpa bantuan model pun foto-foto akan terlihat menarik dan meyakinkan. Foto yang asal-asalan akan mengurangi selera konsumen untuk membeli produkmu.

Butuh modal untuk mengembangkan online shop? Ajukan pinjaman tanpa jaminan di CekAja.com!
Cantumkan deskripsi barang sejelas mungkin

Karena belanja secara online, calon pembeli tidak bisa mencoba atau memegang langsung barang incarannya. Solusinya, kamu harus memberikan deskripsi sejelas-jelasnya tentang produk yang kamu jual, dari mulai ukuran dan warna apa saja yang tersedia hingga bahan apa yang digunakan. Dengan begitu, akan meminimalisir ketidakocokan dari pembeli setelah memperoleh barangnya.

Pasang testimoni pelanggan

Agar calon pembeli lebih percaya, kamu bisa memajang testimoni para pelanggan setiamu. Caranya dengan melakukan screen shoot komentar mereka dari BlackBerry Messenger, Whatsapp ataupun Line dan upload ke akun online shop milikmu. Atau jika kamu sudah punya toko online dalam bentuk website, pajang saja di sana.

Sedia banyak ukuran

Ingat, tak semua pembelimu bertubuh ideal. Sebisa mungkin kamu harus menyediakan barang dengan berbagai ukuran. Tujuannya untuk meminimalisir calon pembeli yang membatalkan transaksi karena tak ada barang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

(Baca juga: Kalau Kamu Mau Sukses Bisnis Online, Ini 3 Jenis Barang yang Banyak Dicari Orang Ketika Belanja Online)

Gunakan jasa logistik terpercaya dan jangan lupakan packaging yang oke

Manfaatkan jasa logistik yang terpercaya untuk mengantarkan barangmu sampai dengan selamat ke tangan konsumen. Jangan lupa juga untuk memperhatikan packaging, jangan asal bungkus ya. Packaging yang rapi dan profesional akan menambah kepercayaan pembeli.

Butuh kartu kredit untuk persiapan Hari Belanja Nasional 2016? Dapatkan kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah di CekAja!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.