Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Agar Kantong Tak Jebol Saat Belanja Kebutuhan Natal

by Tisyrin N. T on 21 Desember, 2017

Memberikan kado Natal spesial kepada orang tersayang tentu jadi aktivitas menyenangkan bagi yang merayakan hari raya yang jatuh pada 25 Desember ini.

Hari Raya termasuk Natal memang seringkali membuat pengeluaran membengkak untuk membeli berbagai keperluan, mulai dari baju baru, makanan, minuman, hingga berbagai pernak-pernik. Asalkan cerdas dalam mengatur anggaran untuk Hari Raya, bukan tidak mungkin kita bisa menghindari kantong jebol.

Berdasarkan sebuah survei dari National Retail Federation, orang Amerika Serikat bisa menghabiskan dana rata-rata US$700 untuk keperluan Natal. Bagaimana dengan kita?

Natal selalu datang setiap tahun. Maka idealnya kita bisa belajar dari tahun-tahun sebelumnya, apa saja yang membuat pengeluaran membengkak ketika Natal? Salah satu alasannya adalah tidak adanya perencanaan keuangan untuk tujuan ini. Dengan begitu kita belanja sesuka hati dan tanpa sadar besarnya pengeluaran yang sudah dihabiskan.

Alasan lainnya yang berpotensi membuat kantong jebol yaitu memaksakan diri membeli kado mahal. Atau, tergoda membeli berbagai pernak pernik lucu yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Untuk itu, siasati agar Natal tetap istimewa dan kantong terjaga dengan cara berikut ini:

1. Gunakan yang masih bisa digunakan

Pohon Natal tahun lalu masih bagus? Kenapa harus membeli yang baru? Mengingat harga yang lumayan mahal, gunakan pohon Natal lama yang masih layak pakai. Ini akan memangkas cukup banyak anggaran Natal.

Begitu juga untuk urusan baju, apakah harus membeli yang baru? Padahal banyak baju-baju lama yang masih layak pakai untuk merayakan Natal. Pintar-pintarlah melakukan mix and match agar terkesan baru. Cari inspirasi dengan membaca artikel-artikel fashion.

2. DIY hiasan dan kado Natal spesial

Hiasan-hiasan Natal buatan sendiri akan menghemat anggaran. Carilah inspirasi atau tutorial cara membuatnya di internet. Carilah berbagai tutorial Do It Your Self (DIY) hiasan Natal di Youtube atau artikel.

(Baca juga: Liburan Akhir Tahun Jadi Lebih Hemat dan Aman dengan Cara Ini)

Meskipun hanya bisa membuat hiasan yang sederhana dengan bahan murah meriah, yang terpenting tetap bisa merasa bahagia, sehat, dan bisa berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Natal bukan?

Bukan hanya pernak-pernik, membuat kado Natal spesial sendiri juga bisa menghemat anggaran. Bahkan, bisa jadi akan meninggalkan kesan yang lebih mendalam.

3. Susun anggaran

Jauh hari sebelum Natal tiba, susunlah anggaran. Tujuannya, agar pengeluaran nantinya lebih terkendali. Ingat, masih banyak kebutuhan lain di luar perayaan Natal. Tak perlu memaksakan diri untuk sesuatu yang kita tidak mampu.

Jika sudah ada anggaran, kita akan lebih cermat dalam mengeluarkan uang. Kita juga akan lebih serius dalam mempertimbangkan apakah sesuatu yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan atau tidak.

4. Cari diskon kartu kredit

Penggunaan kartu kredit berlebihan memang bisa menjadi penyebab bengkaknya pengeluaran. Namun, penggunaan yang cerdas justru akan membantu berhemat saat Natal.

Misalnya saja dengan berburu informasi tentang diskon yang diberikan kartu kredit. Diskon bisa berupa potongan harga di restoran, diskon tarif menginap di hotel dan lainnya.

Manfaat tawaran diskon dengan mengajak keluarga makan di restoran, atau mengajak liburan akhir tahun di hotel dengan potongan tarif yang lumayan.

(Baca juga: Ini Kartu Kredit yang Kasih Promo Tiket Pesawat Diskon dan Cicilan)

5. Belanja kado jauh-jauh hari saat ada diskon

Belanja kado Natal tidak harus mepet bukan? Lebih baik manfaatkan diskon-diskon di mal untuk berburu kado Natal spesial, meskipun Natal masih jauh. Atau, manfaatkan diskon di toko online seperti ketika Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional.

Begitu Natal sudah tiba, tinggal menyerahkan hadiahnya pada orang tersayang. Kantong pun aman dan semua merasa bahagia.

6. Incar barang preloved

Tak ada salahnya berburu perlengkapan Natal bekas. Asalkan masih layak pakai dan kondisinya bagus, kenapa tidak? Jika beruntung, kita bisa mendapatkan barang branded dengan harga yang sangat miring.

(Baca: Mengenal Fenomena Bisnis Baru Jual Beli Barang Preloved)

Apalagi saat ini barang preloved terbilang sedang tren. Pedagang barang preloved biasanya menjual barang yang masih terlihat baru dan hanya sekali atau dua kali dipakai. Manfaatkan kesempatan tersebut.

Widget TRV Insurance

Ide kado natal unik dan spesial untuk orang terdekat

Membeli banyak kado di satu waktu tentu akan terasa berat. Selain itu, menentukan jenis kado yang tetap juga seringkali membuat kita merasa kesulitan.

Jika ingin memberikan kado Natal spesial tetapi terkendala dana, ini beberapa ide yang bisa diterapkan tanpa menguras kantong:

7. Hadiah buatan sendiri

Membuat sesuatu sendiri adalah cara yang jitu untuk memangkas pengeluaran dalam berbagai hal, termasuk pengeluaran untuk kado Natal yang bisa menguras kantong. Pada dasarnya, dengan modal kreativitas, kita bisa membuat sendiri kado-kado yang cantik.

8. Kue-kue cantik

Bagi para wanita yang senang bereksperimen di dapur, membuat kue sendiri tentu akan sangat menyenangkan. Apalagi, jika kue tersebut dijadikan sebagai hadiah, orang yang menerima tentu akan sangat terkesan.

9. Syal untuk berlibur di negara bersalju

Punya kemampuan merajut? Buat saja hadiah berupa syal atau sarung tangan untuk pasangan atau sahabat. Selipkan kartu ucapan dengan kata-kata yang mengingatkan akan impian untuk merayakan Natal bersama-sama di negara bersalju.

(Baca juga: Liburan ke Luar Negeri Tidak Harus Mahal? Ini Strateginya)

10. Coklat aneka bentuk

Harga coklat seringkali mahal. Dengan bermodal coklat batangan dan cetakan, buatlah coklat aneka bentuk. Hiaslah coklat dengan kreatif sesuai tema Natal, misalnya membuat coklat dengan bentuk manusia salju.

11. Kumpulan foto

Di era serba digital seperti sekarang ini, jarang sekali orang-orang mencetak foto-fotonya. Bagimana jika memberikan hadiah berupa kumpulan foto? Kreasikan dalam bentuk-bentuk yang menarik, bisa berupa scrapbook, hiasan dinding, atau album.

12. Hadiah murah meriah tetapi berkesan

Tak ada waktu membuat kado sendiri? Meskipun dana pas-pasan, bukan berarti asal-asalan dalam memberikan hadiah bukan? Simak ide kado Natal spesial murah berikut ini:

13. Mug couple

Carilah mug couple dengan desain dan kata-kata yang berkesan. Selain murah, hadiah yang satu ini juga sangat bermanfaat.

(Baca: Ide Kado Natal Unik untuk Pasangan)

14. Kalung atau gelang dengan inisial nama

Tentu yang dimaksud bukanlah kalung atau gelang emas berlian yang mahal. Carilah kalung atau gelang handmade dengan bandul berupa huruf, pilih sesuai dengan inisial orang yang akan diberi kado.

15. Tanaman hias

Cocok sekali memberikan hadiah ini pada orangtua yang senang berkebun. Carilah jenis tanaman hias yang  sedang mereka inginkan.

16. Tas kanvas

Meski murah, tas ini seringkali memiliki desain keren dan menyenangkan untuk dibawa kemana-mana karena bentuknya yang sederhana.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.