Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Agar Klaim Mudah, Istilah Polis Ini Wajib Anda Tahu

by JTO on 15 Juni, 2014

Saat berbicara tentang asuransi, Anda pasti akan akrab untuk mendengar istilah polis. Polis akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang nasabah asuransi. Namun, apakah Anda tahu, apa sebenarnya polis asuransi itu?

Pertanyaannya, mengapa Anda harus tahu tentang polis ini? Karena dengan mengetahuinya, saat Anda mendaftar asuransi, Anda pun bisa memilih asuransi yang tepat dan bisa memeriksa polis yang diberikan dengan seksama.

Arti Polis

Menurut pengertiannya,  polis asuransi adalah kontrak tertulis antara lembaga penerbit asuransi dan pihak yang dijamin. Dalam kontrak ini akan memuat persyaratan dan ketentuan perjanjian. Jadi, didalamnya akan terdapat berbagai macam poin yang berkaitan dengan cara kerja asuransi, manfaat asuransi, jumlah premi, jangka waktu asuransi, dan lain sebagainya. Sebagai nasabah, kita pun harus mengerti dan memahami berbagai macam poin tersebut.

Apa manfaat polis?

Bagi pihak perusahaan asuransi, polis merupakan tanda terima pembayaran premi oleh nasabah. Namun, bagi nasabah asuransi polis merupakan dokumen yang berisi kesepakatan antara pihak tertanggung dan penanggung (pihak asuransi) berkenaan dengan risiko yang hendak dipertanggungkan. Dengan adanya polis, nasabah bisa menuntut pihak asuransi apabila memenuhi klaim sesuai dengan yang tertera dalam polis.

Yang Harus Dipahami Saat Membaca Polis?

Saat membaca polis, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memahaminya. Berikut adalah langkahnya:

  1. Hak dan kewajiban. Saat memahami polis, hal pertama yang wajib dibaca dan dipahami adalah mengenai hak dan kewajiban nasabah dan pihak penerbit asuransi. Kita dapat langsung bertanya kepada agen asuransi tentang hak dan kewajiban yang dimengerti dan yang tidak.  Sebelum ditandatangani, kita pun dapat menolak bila perjanjian yang ada didalamnya tidak sesuai dengan keinginan, dan meminta pihak asuransi untuk merevisi poin-poin yang disampaikan.
  2. Premi. Dalam pengertiannya, premi adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada pihak asuransi terkait dengan pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Disini, yang wajib Anda tanyakan adalah besaran uang yang harus dibayarkan. Poin ini cukup penting, karena terkait dengan uang yang wajib Anda keluarkan sepanjang jangka waktu premi yang ditetapkan (biasanya pertahun).
  3. Bandingkan. Terkait dengan poin kedua, Anda juga dapat mencoba untuk membandingkan premi asuransi yang dikeluarkan dengan berbagai manfaat pertanggungan yang Anda dapatkan. Apabila tidak menemukan kesesuaian, Anda langsung hubungi pihak asuransi atau agen asuransi terkait, dan bertanya kembali. Biasanya, dalam polis akan tertera fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi selama masa asuransi berlangsung. Fasilitas tersebut juga berhubungan dengan klaim yang bisa Anda lakukan. Sebab, jangan sampai Anda tidak tahu risiko-risiko yang bisa Anda lakukan klaim.
  4. Bagaimana klaim ditolak atau dikecualikan. Dalam polis biasanya tercatat berbagai poin yang bisa menyebabkan klaim asuransi kita bisa ditolak. Ini penting, sebab, setelah mengetahui berbagai poin ini Anda tidak akan merasa dirugikan bila klaim tidak bisa dilakukan.

Dengan mengetahui secara pasti apa itu polis dan berbagai istilah didalamnya, Anda pun akan lebih percaya diri dengan berbagai pertanggungan yang dimiliki oleh asuransi yang Anda daftar dan miliki. Selanjutnya, klaim pun dapat dilakukan dengan mudah tanpa bebas hambatan. Mari berasuransi!

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami