Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Agar Tidak Bergantung Uang Tunai Saat Mudik Lebaran

by JTO on 1 Juli, 2015

mudik lebaran _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Urusan mudik lebaran selalu terkait dengan pengeluaran. Tapi, apakah kita mesti bawa uang THR secara tunai demi memenuhi biaya dan pengeluaran selama mudik?

Beberapa transaksi pembayaran kini bisa digantikan kartu sehingga tak lagi membutuhkan uang tunai. Bukan hanya kartu kredit, ada kartu-kartu lain yang diciptakan khusus untuk transaksi pembayaran. Hiruk pikuk rencana mudik Lebaran pun bisa semakin dimudahkan tanpa harus membawa banyak uang tunai.

Tujuannya kita bisa mengurangi risiko kehilangan uang dalam perjalanan mudik atau saat merayakan lebaran dengan mengatur jumlah uang yang harus dibawa selama mudik. Serta, perhitungan cermat yang sudah disiapkan sebelumnya setidaknya tidak meleset dengan mekanisme pembayaran non-tunai. Kita sudah bisa menyiapkan dana sebesar estimasi biaya yang dibutuhkan pada setiap kartu pembayaran.

Ada banyak transaksi yang bisa lebih mudah dilakukan secara non tunai selama perjalanan mudik. Bisa dengan menggunakan kartu pra-bayar, kartu kredit, ataupun kartu debit. Apa saja biaya yang bisa dikeluarkan tanpa uang tunai tersebut?

Promo-THR-Pinjaman-Kredit-Kebutuhan-Lebaran-CekAja.com

Biaya tol

Untuk para pemudik jalur darat, jalan bebas hambatan, atau tol kerap menjadi pilihan untuk jalur mudik lebaran. Apalagi dengan diresmikannya pengoperasian jalan tol terpanjang di Indonesia, yaitu Tol Cikampek – Palimanan (Cikapali) pada awal Juni 2015 lalu, dan di 2017 diteruskan sampai daerah Batang, Jawa Tengah. Sudah dipastikan para pemudik jalur darat di Pulau Jawa akan memilih jalur bebas hambatan ini.

Kehadiran gerbang tol khusus untuk transaksi dengan kartu pra-bayar bisa menjadi pilihan. Karena biasanya antrian di gerbang tol ini tidak sepadat antrian di gerbang lainnya.

Biaya bahan bakar

Pastikan untuk memilih SPBU yang melayani pembayaran secara debit atau menerima kartu kredit. Tentu akan banyak transaksi pembelian bensin selama perjalanan mudik.

Ini bisa menjadi kesempatan untuk mengumpulkan poin reward sebanyak-banyaknya dengan membayar bensin menggunakan kartu kredit. Poin yang terkumpul bisa digunakan untuk mendapat voucher, gadget, bahkan tiket pesawat tanpa membayar. (Baca juga: Cek 5 Hal Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik)

Biaya logistik

Belanja kebutuhan perbekalan dalam perjalanan mudik juga bisa dilakukan tanpa uang tunai. Biasanya berbelanja di minimarket selalu bermasalah dengan ketiadaan uang kembalian yang cukup. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu pusing dengan masalah seperti itu.

Biaya makan

Untung mendapatkan keuntungan, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit ketika singgah di mal untuk makan di restoran sebelum melanjutkan perjalanan. Berbagai penyedia kartu kredit bekerja sama dengan restoran untuk memberi pengguna kartu kredit diskon atau promo. Ini akan membantu menghemat pengeluaran saat mudik. (Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Pakai Kartu Kredit atau Uang Tunai?)

Biaya tiket wisata

Ada banyak promosi yang ditawarkan situs jual beli online untuk tiket-tiket destinasi wisata. Tidak ada salahnya jika membeli tiket tersebut terlebih dahulu secara online. Selain sudah lebih terencana, pembelian tiket secara online biasanya juga disertai promo potongan harga sehingga kamu bisa menjadi lebih hemat.

 

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami