Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Agar Tidak Cedera, Ini 4 Tips Olahraga Lari untuk Para Pemula

by Rafly Aditia on 20 November, 2016

Olahraga lari tengah menjadi olahraga favorit di kalangan anak muda. Apalagi bagi kamu yang ingin menguruskan badan, lari menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk mewujudkan impian mendapatkan tubuh ideal.

Namun kalau kamu masih pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari cedera. Berikut 4 tips olahraga lari untuk pemula:

Perbaiki postur tubuh saat berlari

Ketika berlari, postur tubuh yang benar memainkan peran yang penting. Dengan postur tubuh yang benar maka kamu dapat menghemat tenaga, meminimalisir rasa lelah serta mengurangi risiko cedera.

Lalu bagaimana postur tubuh yang baik? Pertama posisikan badan sedikit miring ke depat dengan lurus tanpa ditekuk, lalu tegakkan kepala agar pernafasanmu dapat berjalan dengan baik. (Baca juga: Meski Sepele Tujuh Hal Ini Bikin Rumah Kamu Lebih Sehat)

Jangan melangkah terlalu cepat

Ketika berlari, sebaiknya ambil langkah pendek dan turnover yang tidak terlalu cepat. Hal ini dapat menghasilkan dorongan yang cukup tanpa melelahkan dan meminimalisir risiko cedera pada kaki. Frekuensi langkah terbaik adalah 3 langkah per detik dengan jarak yang pendek.

Gunakan running shoes

Nah kalau yang satu ini sih memang sebaiknya kamu taati, karena setiap jenis sepatu olahraga memiliki karakter berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan. Guna menghindari risiko cedera pada kaki, sebaiknya gunakan running shoes dengan kualitas yang terjamin. Selain tampil lebih kece, aktivitas berlarimu juga jadi makin aman dan nyaman.

Perhatikan pola injakan

Ketika kamu melangkah sebaiknya jangan terlalu lama menginjak permukaan. Fokuskan titik injakan tepat di tengah telapak kaki, kalau terlalu ke belakang dapat menyebabkan risiko pada tumit sementara kalau terlalu ke depan memberikan risiko lebih besar pada otot betis. Pola injakan ketika berlari benar-benar sangat penting kalau ingin menghindari cedera. (Baca juga: 5 Hal yang Bikin Isi Dompet Pemilik Motor Matik Terkuras Habis)

Butuh asuransi kesehatan yang dapat diterima ratusan rumah sakit berkualitas? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami