Agar Tidak Kurang Piknik, Ini Strategi Efektif Bikin Tabungan untuk Liburan

2 min. membaca Oleh Rafly Aditia on

Liburan murah - CekAja

Bekerja terus menerus tanpa liburan bakal membuat kamu penat. Ujung-ujungnya, kamu stres dan berdampak pada tingkat produktivitas kerjamu di kantor. Untuk itu, sebisa mungkin sisihkan biaya dan waktu luang untuk pergi jalan-jalan. Minimal tiga bulan sekali menikmati keindahan alam atau budaya, baik di dalam maupun luar negeri ampuh membunuh stres.

Tetapi untuk urusan liburan seringkali kamu terpentok masalah biaya. Padahal kalau dipikir-pikir gaji bulanan kamu mencukupi untuk berpergian ke tujuan wisata baik di dalam dan luar negeri. Maka dari itu, kali ini tim CekAja.com bakal memberikan kamu strategi efektif untuk bikin tabungan jalan-jalan. Berikut caranya:

Buat rekening khusus

Bagi kamu yang tidak bisa menabung dengan konsisten, cobalah membuka rekening tabungan yang baru. Bedakan rekening untuk menabung dengan rekening untuk digunakan transaksi sehari-hari.

Jadi, setiap kamu mendapatkan gaji bulanan yang ditransfer ke rekening tabungan reguler sisihkan untuk tabungan. Uang yang disisihkan pada awal gajian tersebut langsung kamu transfer ke rekening khusus yang telah disiapkan.

Gajian? Beli emas

Nah, ini bisa dibilang cara cerdik bagi kamu yang ingin menabung buat jalan-jalan. Dibanding nabung dengan jumlah yang sedikit dan malah dipotong biaya administrasi. Cobalah menabung dengan cara membeli emas. Misalnya setiap gajian, kamu membeli emas batang 24 karat 1 gram.

Lakukan selama 6 bulan atau satu tahun, jual kembali emas tersebut. Kemungkinan harganya akan naik dibandingkan pertama kali kamu beli. Uang yang kamu tabung punya kemungkinan berkembang. Alhasil biaya untuk traveling jadi lebih besar.

(Baca juga: [c88-article id=”98809″ title=”Khusus Wanita, Ini Alasan Kamu Agar Berani Negosiasi Gaji” text=”Khusus Wanita, Ini Alasan Kamu Agar Berani Negosiasi Gaji”])

Simpan pada orang yang kamu percaya

Kamu punya keluarga atau pasangan yang benar-benar bisa dipercaya? Gak ada salahnya mempercayakan sejumlah uang setiap bulannya kepada orang tersebut. Dengan menitipkan uangnya kepada mereka, kamu sama saja menjauhkan diri dari kemungkinan untuk menggunakan uang tersebut. Namun, cara ini tetap saja berisiko karena kamu hanya terikat lewat perjanjian tanpa hitam di atas putih.

 

tips menabung - CekAja.com

Bikin tabungan rencana

Terakhir dan merupakan solusi terbaik adalah dengan membuka tabungan rencana. Apa itu tabungan rencana? Tabungan rencana merupakan program yang membuat kamu menabung secara rutin melalui penarikan otomatis (autodebet). Penarikan otomatis ini dilakukan dari rekening tabungan regulermu. Penggunaan autodebet ini tentu akan membuat dirimu mau tidak mau harus menabung apapun kondisinya.

Biasanya, penarikan pada tabungan rencana cuma bisa dilakukan sesuai jangka waktu perjanjian. Misalnya, di BCA minimal jangka waktu penarikan adalah 1 tahun, atau di BNI selama dua tahun. Kalau mengambil sebelum jatuh tempo, maka kamu akan dikenakan biaya penutupan rekening.

Tentang kami

Rafly Aditia

Rafly Aditia