Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ahmad Dhani Dibui, Cek 5 Fakta Konser Dewa 19 di Malaysia

by Miftahul Khoer on 30 Januari, 2019

Musisi Ahmad Dhani telah divonis hukuman 1,5 tahun penjara dalam kasus ujaran kebencian pada Senin (28/1/2019). Padahal, Dhani dan rekan-rekannya di Dewa 19 akan menggelar konser reuni di Selangor, Malaysia pada 2 Februari 2019 mendatang.

Ahmad Dhani - CekAja

Dhani yang juga politikus Partai Gerindra memang tak bisa dilepaskan dari Dewa 19. Band tersebut dibentuknya sejak masih remaja dulu. Ia juga merupakan pentolan band tersebut karena sebagian besar lagu-lagunya diciptakan Dhani.

Konser reuni Dewa 19 telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum vonis Dhani dijatuhkan hakim. Lalu, bagaimana kasus yang menimpa Ahmad Dhani tersebut apakah berpengaruh terhadap jadwal konser reuninya di Malaysia?

(Baca juga: 7 Musisi Ini Banting Setir dan Terjun ke Dunia Politik)

Konser akan tetap berlangsung

Ari Lasso, salah satu vokalis yang pernah mewarnai Dewa 19 mengunggah sebuah foto di Instagramnya. Foto tersebut terdapat Ahmad Dhani dan beberapa personil yang siap untuk tampil di konser reuni tersebut.

Dalam unggahannya itu, Ari Lasso menegaskan bahwa konser akan tetap berlangsung sesuai jadwal meski tanpa Ahmad Dhani yang sedang terjerat kasus ujaran kebencian tersebut.

“Untuk Baladewa/wi Malaysia kami akan tetap menggelar konser tgl 2 Februari di Kuala Lumpur, sesuai jadwal. Tidak ada yg berubah. Meski Bro @ahmaddhaniofficial tidak bisa ikut bergabung. Sampe ketemu,” ujar Ari dalam unggahannya.

Informasi konser reuni Dewa 19 yang tetap akan berlangsung juga diumumkan oleh pihak promotor yakni Nizra Production dalam akun Instagramnya. “Bagi pihak NIZRA Production, kami ingin memaklumkan bahwa konser DEWA 19 Reunion Live in Malaysia Feat Ari Lasso & Once Mekel yang bakal berlangsung pada 2 Februari 2019 di Stadion Malawati Shah Alam akan diteruskan,” tulis promotor.

Andra and The Backbone jadi band pembuka

Baladewa dan Baladewi, sebutan bagi para penggemar Dewa 19 akan mendapatkan bonus penampilan dari Andra and The Backbone pada konser reuni Dewa 19 tersebut sebagai band pembuka. Band ini beranggotakan Andra Ramadhan yang juga gitaris Dewa 19, Dedy Lisan, dan Stevie Item.

Andra and The Backbone dibentuk pada 2007. Lagu-lagunya sempat menjadi hits macam Musnah, Terdalam, dan lagu Lagi dan Lagi. Band ini juga pernah menggelar konser di Malaysia 10 tahun yang lalu.

(Baca juga: Gelar Konser April Nanti, Begini Lika-Liku Perjalanan Karir John Mayer)

Digelar di Stadion Malawati Shah Alam, Selangor

Konser reuni bertajuk Dewa 19 Feat Ari Lasso & Once Mekel Reunion Live In Malaysia itu digelar di Stadion Malawati Shah Alam, Selangor pada 2 Februari 2019.

Stadion Malawati Shah Alam dibangun oleh Pemerintah Kota Shah Alam yang berkapasitas mencapai 80.372 penonton. Stadion ini mulai dibangun pada Januari 1990 dan dibuka pada Juli 1994. Anggaran biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan stadion ini mencapai 480 Ringgit Malaysia.

Duet Ari Lasso – Once Mekel

Dewa 19 mungkin sangat beruntung pernah membentuk band dengan vokalis Ari Lasso dan Once Mekel. Kita tahu Ari Lasso sukses membuat nama Dewa 19 ke kancah industri musik nasional dengan suara khasnya. Meski pada medio 1998 ia dikeluarkan gara-gara menjadi pecandu narkoba.

Seperti tak masalah ditinggal Ari, Dewa 19 yang sempat menamakan Dewa tanpa (19) mengajak Once menjadi vokalis. Bahkan album Dewa dengan vokalis Once lebih sukses dengan penjualan kaset lebih dari 1 juta keping.

Kini, duet Ari dan Once akan tampil di Malaysia dan menghapus dahaga para Baladewa dan Baladewi yang tampaknya sudah lama menyaksikan mereka pentas di atas panggung Malaysia.

(Baca juga: Cek Yuk! Harga Tiket Konser Termahal di Indonesia)

Hambar tanpa Ahmad Dhani

Bagaimanapun, meski konser reuni Dewa 19 di Malaysia akan tetap berlangsung sesuai jadwal tanpa Ahmad Dhani, tampaknya musikalitas saat tampil nanti terasa akan sangat kurang. Sebab, Dewa 19 memang dibutuhkan tangan dingin Dhani melalui dentingan keyboard/pianonya untuk lagu-lagu yang diciptakannya.

Namun, mau bagaimana lagi, konser tetap harus digelar dan Dhani harus menerima konsekuensinya atas perbuatan yang ia lakukan yang berujung dengan tahanan. Meski sebagian orang mengecam vonis yang dijatuhkan kepada Dhani tersebut.

Paling tidak, Dhani harus mendengar atau menyanyikan lagu yang ia ciptakan sendiri berjudul Hadapi dengan Senyuman atas kasus yang ia hadapi.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami