Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ajukan KPR Syariah Jika Kamu Masuk Tipe Orang di Artikel Ini

by Tisyrin N. T on 10 Maret, 2017

kpr syariah_kredit rumah kpr - CekAja.com

Sebagian orang merasa ragu untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) karena berbagai alasan, salah satunya berkaitan dengan agama.

Selain KPR di bank konvensional, terdapat KPR dari bank syariah yang mampu menjadi solusi kendala tersebut. Pada KPR syariah, terdapat beberapa jenis akad, tetapi yang paling umum adalah skema murabahah atau jual beli.

Pada akad jenis ini, bank membeli rumah yang diincar konsumen, kemudian menjual kembali kepada konsumen. Bank mengambil margin sesuai kesepakatan dengan konsumen. Karena harga yang sudah jelas di awal, konsumen membayar angsuran tetap hingga KPR lunas.

Kamu juga perlu tahu bahwa KPR syariah tidak hanya untuk mereka yang beragama Islam saja, tetapi juga terbuka untuk non muslim. Jadi, apabila kamu non muslim dan merasa cocok dengan prinsip KPR syariah, tak ada salahnya untuk mencoba.

Jika kamu berencana mengajukan KPR dalam waktu dekat dan masih menimbang-nimbang antara KPR konvensional dan KPR syariah, berikut ini tipe-tipe orang yang sebaiknya mengajukan KPR syariah, saat akan kredit rumah. Apakah kamu termasuk?

Kamu yang ingin lebih tenang, pilih KPR syariah karena tidak ada riba

KPR syariah tidak memberlakukan sistem bunga, tetapi terdapat margin. Jika kamu merasa takut berdosa karena adanya riba, KPR syariah dapat menjadi jawaban tepat untukmu. Kamu pun akan merasa lebih tenang.

Kamu yang takut cicilan KPR melonjak

Kamu mungkin pernah menemukan orang yang merasa ketar-ketir mengingat masa cicilan tetap KPR-nya akan segera berakhir. Dia sudah membayangkan angka cicilannya akan melonjak padahal penghasilannya belum bertambah.

Jika kamu tak mau pusing memikirkan naiknya cicilan KPR seperti orang tersebut, pilih saja KPR syariah. Kamu pun akan lebih mudah dalam mengatur keuangan untuk masa depan, mengingat jumlah cicilan KPR yang kamu bayarkan setiap bulan hingga bertahun-tahun ke depan tetap sama.

Kamu yang takut kena denda keterlambatan pembayaran

Pada kondisi tertentu, kamu mungkin mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan KPR. Untungnya, pada KPR syariah, tidak ada denda karena keterlambatan pembayaran. Namun ingat ya, kamu harus tetap disiplin membayarnya.

Kamu yang tidak mau rugi karena harus membayar denda jika melunasi lebih cepat

Saat ada rezeki lebih, kamu pasti ingin melunasi KPR lebih cepat agar tidak menanggung utang terlalu lama. Tenang saja, jika kamu memilih KPR syariah, tidak ada denda ketika kamu ingin melunasinya lebih cepat.

Kamu yang ingin hidup dengan prinsip syariah

Secara keseluruhan, kamu tengah mengubah kehidupanmu ke arah yang lebih baik. Sedikit demi sedikit kamu selalu memegang teguh prinsip syariah saat menjalani hari-harimu. Maka dari itu, KPR syariah sangat sesuai untukmu.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami