Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Alasan dan Fungsi Didirikannya Lembaga Penjamin Simpanan

by lhmdi on 17 Maret, 2016

tips sukses_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Ekonomi tidak hanya berbicara tentang seberapa besar uang yang masuk dan keluar. Namun, juga tentang bagaimana menjaga sebuah keseimbangan.

Khusus di dunia perbankan, stabilitas perbankan akan mempengaruhi keseimbangan ekonomi secara keseluruhan. Di Indonesia fungsi lembaga penjamin simpanan pun menjadi sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekonomi.

Pada saat krisis moneter yang ikut melanda Indonesia di penghujung tahun 90-an membuat pemerintah berinisiatif memperbaiki kondisi perbankan. Saat itu pemerintah menilai bahwa penjamin simpanan diperlukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan serta meminimalisir risiko yang membebani anggaran negara.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 tahun 2004, pemerintah membentuk lembaga Independen bernama Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Mengenal Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan

Berdasarkan Undang-Undang yang sudah dibuat, Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS memiliki fungsi untuk menjamin simpanan nasabah dan mampu menjaga stabilitas sistem perbankan berdasarkan kewenangan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Sebagai contoh, simpanan nasabah ini bisa berbentuk, tabungan, depostio, giro dan lain-lainnya. Tidak hanya itu, layanan bnak syariah yang juga mulai menggeliat di awal tahun 2000 juga menjadi bagian dari tugas LPS sebagai lembaga Independen yang menjaga stabilitas ekonomi serta perbankan di Indonesia.

Sementara jika dilihat dari sisi teknis serta detilnya LPS memiliki beberapa tugas berikut ini:

  1. Merumuskan serta menetapkan kebijakan pelaksanaan penjaminan simpanan.
  2. Membuat rumusan serta menetapkan kebijakan untuk menjaga stabilitas sistem perbankan.
  3. Menganalisis, membuat rumusan serta menetapkan dan membuat kebijakan penyelesaian bank yang mengalami kegagalan secara sistemik.

Tugas-tugas ini tentunya akan nampak familiar kita berhadapan dengan berita kasus Bank Century beberapa waktu yang lalu. Nah! Disnilah peran penting LPS yang memberikan kestabilan serta kemanan  pada sebuah bank untuk menjamin perbankan Indonesia sedang berada dalam kondisi yang seimbang.

Bagi bank yang memberikan layanan agar simpanan nasabah mendapatkan jaminan dari LPS, maka pihak bank bekerjasama dengan menyerahkan dokumen yang terdiri dari:

  1. Salinan anggaran dasar dan akta pendirian bank.
  2. Dokumen perizinan bank.
  3. Surat keterangan mengenai tingkat kestabilan dan sehat sebuah bank yang menjaminkan simpanan nasabah.
  4. Surat pernyataan pemegang saham, serta surat asli dari kantor pusat jika merupakan bak asing.
  5. Memberikan laporan yang berkelanjutan, membayar kontribusi serta premi dari penjaminan.
  6. Berbagi data, informasi serta dokumen yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan penjaminan.
  7. Memberikan bukti kepesertaan atau salinannya di dalam kantor bank agar mendapatkan kepercayaan masyarakat
  8. Menempatkan bukti kepesertaan sebagai bagian dari LPS dengan membuat pengumuman di seluruh kantor bank.

Dengan jelasnya fungsi lembaga penjamin simpanan atau LPS tentunya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat agar semakin sering menabung di bank. Masyarakat kini tidak perlu lagi ragu dengan berbagai macam produk bank, baik di bank konvensional atau bank syariah serta bank asing yang terdaftar di LPS. Selainjutnya, contoh lembaga penjamin simpanan, bisa diketahui setelah memahami fungsi lembaga penjamin simpanan. Jika mau gampang, makalah lembaga penjamin simpanan memuat soal sejarah lembaga penjamin simpanan.

Hingga saat ini hampir seluruh bank Indonesia, baik bank pemerintah seperti Mandiri, BNI, BRI, hingga beberapa bank Swasta seperti BCA, CIMB Niaga, dan beberapa bank lainnya sudah bergabung dengan lembaga penjamin simpanan untuk membantu menjaga stabilitas perbankan di Indonesia. Hal yang sama juga berlaku bank asing yang saat ini berada di Indonesia.

Bank seperti Citibank, Standard Chartered Bank, Deutsche Bank pun sudah menjadi bagian dari LPS. Oleh Karena itu jangan ragu untuk menabung di bank menjadi bagian dari program penjamin simpanan yang dikerjakan oleh LPS agar semua catatan asset atau simpanan kamu menjadi lebih aman!

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami