Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Alasan Flazz BCA Wajib Dibawa Saat Kita Berkendara

by Surtan Siahaan on 2 Oktober, 2017

mobil mpv vs mobil sedan _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Keberadaan Flazz BCA sebagai uang elektronik kian penting bagi masyarakat. Alat transaksi satu ini bahkan menguntungkan bila dibawa saat berkendara

Tak heran bila tren penggunaan Flazz BCA semakin meningkat. Seperti dikutip dari CNN Indonesia (25/1/2017), BCA bahkan menargetkan pertumbuhan pengguna uang elektroniknya meningkat sebanyak 1 juta per tahun. Sementara, jumlah pengguna BCA di awal tahun 2017 sudah mencapai 9,5 juta kartu.

Mau tahu keuntungan apa saja yang bisa kita peroleh jika membawa alat transaksi ini saat berkendara di dalam maupun luar kota? Ulasan di bawah ini akan menjelaskannya.

4 Keuntungan bagi pengguna kendaraan pribadi dan kendaraan umum

#1 Bayar tol tak perlu antre lagi

Kabar baik bagi pengguna kartu ini. Sebab, mulai Oktober 2017, Flazz BCA dapat digunakan untuk membayar tarif tol di Gerbang Tol Otomatis (GTO). Sekadar informasi saja, mulai Oktober 2017, seluruh gerbang tol di Indonesia tak lagi melayani transaksi tunai.

Bila ingin menggunakan jalan bebas hambatan, maka pengguna mobil wajib menggunakan uang elektronik. Ini merupakan upaya pemerintah mengurai kemacetan di gerbang tol sekaligus mendorong terciptanya cashless society.

#2 Tak perlu panik saat uang habis di jalan

Ada kalanya saat kita berkendara, kita lupa menyiapkan uang tunai. Padahal, banyak hal bisa terjadi saat di jalan seperti butuh uang receh untuk parkir, belanja di mini market saat berhenti di rest area hingga kehabisan bensin.

Bila kita membawa uang elektronik, masalah ini tentu tidak akan mengacaukan perjalanan kita karena setiap SPBU kini sudah menerima transaksi menggunakan uang elektronik keluaran BCA satu ini.

#3 Tidak ribet saat harus menggunakan kendaraan umum

Tidak sedikit pengguna kendaraan pribadi yang terkoneksi dengan kendaraan umum seperti bus atau KRL. Orang-orang yang bekerja di Jakarta, misalnya, kerap menggabungkan kendaraan pribadi dan kendaraan umum karena tempat tinggal mereka ada di kota satelit seperti Bogor,Bekasi, Tangerang atau Depok.

Nah, untuk menggunakan transportasi umum, uang tunai juga sudah tidak lagi digunakan. Pengguna KRL dan bus Transjakarta contohnya harus menggunakan uang elektronik jika ingin menggunakan kendaraan umum satu ini.

#4 Tidak perlu takut uang kembalian palsu

Saat kita berpergian ke luar kota dan membeli bahan bakar menggunakan uang tunai, bisa saja kita mendapatkan uang kembalian yang ternyata palsu. Kalau jumlahnya kecil mungkin masih bisa kita terima, namun bila jumlahnya cukup besar tentu membuat kita kesal karena uang tidak dapat ditukarkan ke tempat di mana kita membeli bahan bakar.

Jika menggunakan uang elektronik tentu kejadian seperti ini tidak perlu terjadi. Sebab, pembelian apapun menggunakan e-money jumlahnya akan pas sehingga tidak mengharuskan penjual memberi uang kembalian.

Bagaimana cara isi ulang saldonya?

makan di restoran _ kartu kredit - CekAja.com

Uang elektronik BCA ini bisa menampung maksimal dana senilai Rp 1 juta dan minimal transfer sejumlah Rp 20.000. Untuk melakukan top up juga cukup mudah. Caranya bisa melalui ATM BCA  atau menggunakan mesin EDC BCA.

Isi ulang lewat ATM BCA

Caranya sangat sederhana dan hanya membutuhkan waktu tak sampai 5 menit.

  1. masukkan kartu debit ke ATM BCA
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu flazz kemudian pilih menu top up
  4. Masukkan nilai top up yang diinginkan
  5. Masukkan PIN kemudian tekan enter
  6. Masukkan kartu flazz
  7. Bila transaksi berhasil, saldo flazz akan bertambah dan struk bukti transaksi keluar dari ATM

Isi ulang lewat mesin EDC

  1. Pilih menu flazz, lalu pilih menu top up
  2. Gesek kartu debit pada mesin EDC dan tekan enter
  3. Masukkan jumlah top up yang diinginkan
  4. Masukkan PIN kemudian tekan enter
  5. Masukkan kartu flazz ketika EDC berbunyi nyaring
  6. Bila transaksi berhasil, saldo flazz akan bertambah dan struk bukti transaksi keluar dari ATM

Bagaimana cara cek saldonya?

tips karier - CekAja.com

Melalui EDC BCA: cukup tempel kartu ke mesin pembaca. Secara otomatis, sisa saldo akan ditampikan.

Melalui mesin ATM BCA: Masukkan kart uke ATM, pilih cek saldo dan sisa saldo akan ditampikan.

Melalui BCA mobile: Unduh aplikasi Near Field Communication di smartphone kemudian aktifkan BCA mobile. Pilih menu info saldo flazz, tempelkan kartu di bagian belakang smartphone dan sisa saldo otomatis tampil di layar smartphone.

Ketentuan yang perlu diketahui nasabah

Meski saat ini pengguna kartu flazz sudah sangat besar, masih saja ada nasabah yang belum mengetahui ketentuan penggunaan kartu ini. Berikut ini sejumlah ketentuan penting tersebut.

  • Dalam hal kartu flazz hilang, Bank BCA tidak dapat memblokir dana yang ada di kartu tersebut
  • Kartu flazz memiliki masa berlaku yakni 10 tahun setelah transaksi top up dilakukan. Jika masa berlaku habis, kartu tak dapat digunakan dan dana yang ada di dalamnya hangus.
  • Bila pemilik kartu flazz ingin menghakhir penggunaan, namun di dalam kartu miliknya masih tersedia dana, pemilik bisa mencairkan dana tersebut dengan menyerahkan kartu pada kantor cabang bank.

Pengembalian dana pencairan tersebut dilakukan paling lambat 12 hari setelah nasabah menyerahkan kartu tersebut.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami