Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Alasan Kenapa Kamu Harus Perpanjang Asuransi Kendaraan Meski Kredit Sudah Lunas

by Surtan Siahaan on 21 November, 2015

Setelah menunggu selama tiga tahun akhirnya kredit mobil berhasil dilunasi. Secara bersamaan, asuransi yang dibeli saat membeli mobil biasanya juga jatuh tempo.

Biasanya, orang akan mengajukan pertanyaan serupa yakni apakah kita harus memperpanjang asuransi kendaraan tersebut? Berikut ini sejumlah alasan masuk akal kenapa kita harus memperpanjang asuransi mobil dan motor meski kredit sudah lunas:

Mobilitas dengan kendaraan tinggi

Jam terbang kamu berkendara sangat tinggi. Mobil adalah tempat di mana kamu lebih sering melewatkan waktu selama seharian. Hal ini biasanya dialami warga kota besar dengan lalu lintas yang macet seperti Jakarta. Nah, karena lebih sering berkendara, kemungkinan yang bisa menimpa kendaraan kamu akan semakin besar.

Jangan pikir panjang, segera perbarui asuransi kendaraan untuk membagi risiko besar yang kamu hadapi.

(Baca juga: Salah Paham Mengenai Asuransi Kendaraan yang Sering Terjadi)

Gunakan mobil tersebut lebih lama

Kamu sudah sangat puas dengan mobil yang berhasil kamu lunasi .Alhasil, kendaraan kesayanganmu ini tidak akan kamu ganti dalam waktu yang sangat lama. Bahkan, jika kamu punya rencana untuk menambah mobil, kendaraan yang satu ini tidak akan dijual.

Nah, untuk memastikan kondisinya tetap terjaga, sebaiknya kamu memperpanjang perlindungan terhadap mobilmu.

Mumpung dana tersedia

Kasus ini sering sekali terjadi: saat uang tersedia, terkadang kita akan menunda hal penting yang harus kita beli, termasuk asuransi kendaraan. Jika saat ini uang kamu tersedia dan tidak mengganggu kesehatan keuanganmu, sebaiknya segera perpanjang asuransi kendaraan.

Bisa saja, di kemudian hari sesuatu terjadi dan uang kamu tidak lagi tersedia. Lebih baik mengurangi risiko tersebut sejak dini.

(Baca juga: Cara Pilih Bengkel Asuransi Kendaraan Agar Klaim Tidak Repot)

Puas dengan pelayanan asuransi

Produk asuransi yang kamu miliki sekarang sudah sangat bagus. Indikatornya ada tiga. Pertama pengalaman saat melakukan klaim mudah. Respon perusahaan suransi juga tergolong cepat pada saat klaim. Kedua, layanan pelanggan baik. Artinya, customer service mudah dihubungi dan profesional.

Ketiga, bengkel memuaskan. Kalau semua ini sudah kamu dapatkan pada asuransi yang sekarang itu artinya kamu harus memperpanjang durasinya.

Sudah dapat harga terbaik

Patikan kamu memperoleh harga terbaik. Prinsip ini berlaku untuk semua hal, tidak hanya urusan membeli polis asuransi kendaraan. Tapi harga bukan alasan paling utama, ya, kamu tetap harus mempertimbangkan kualitas pelayanan.

Jika harga yang diberikan bersaing dengan asuransi lain, namun pelayanannya yang kamu rasakan sudah baik dan menjanjikan peningkatan, sebaiknya kamu jangan mencoba-coba hal baru yang tidak pasti.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami