Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Swasta Selain BPJS Kesehatan

by CekAja on 12 April, 2018

biaya vaksin _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Pemerintah telah menjalankan program jaminan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Di mana setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal enam bulan, wajib menjadi anggota. Meski demikian, asuransi swasta tambahan dinilai tetap penting. Simak penjelasannya!

BPJS Kesehatan sendiri memiliki iuran yang besarnya ditetapkan sesuai kemampuan peserta. Namun, bagi warga kurang mampu, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran.

Mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nafsiah Mboi, menyatakan bahwa BPJS Kesehatan akan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit dengan biaya yang efisien tanpa mengurangi mutu layanan yang diberikan.

Kalau Anda menelaah lebih jauh, banyak sekali penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan yang tidak ditanggung oleh asuransi biasa. Kemoterapi, cuci darah, keberadaan bayi yang masih di dalam kandungan sekalipun, dalam beberapa kasus juga sudah bisa ditanggung oleh BPJS.

(Baca juga: Waspada Penawaran Investasi dari 18 Usaha Tak Berizin, Yuk Cek!)

Kehamilan yang kemudian mengakibatkan Ibu memerlukan tindakan operasi caesar pun bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Juga bila sang bayi yang baru lahir ternyata memerlukan perawatan di ruangan khusus NICU (Neonatal Intensive Care Unit), BPJS Kesehatan akan menanggung biayanya (dengan catatan bayi tersebut sudah didaftarkan oleh orangtuanya dan pernah membayar iurannya, sehingga kondisi kepesertaannya sebagai penerima BPJS adalah aktif).

Melihat begitu banyaknya manfaat yang justru tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi swasta, mengapa Anda masih memerlukan asuransi tambahan dan malah dianggap tetap penting untuk Anda miliki walaupun Anda telah memiliki BPJS?

Ada beberapa manfaat tambahan yang tidak dimiliki oleh BPJS Kesehatan, namun bisa Anda dapatkan apabila Anda memiliki asuransi swasta tambahan. Manfaat-manfaat ekslusif yang hanya dimiliki oleh asuransi swasta antara lain adalah:

Sistem cashless atau nontunai

Hal itu artinya Anda tidak perlu membawa uang tunai ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit apabila Anda memerlukan penanganan segera. Asuransi swasta memungkinkan hal ini. Pengadaan BPJS Kesehatan kadang mengharuskan Anda untuk mengantre dalam waktu yang relatif lama, dan alur prosedur yang tidak mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Walaupun pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan juga gratis, namun kadang apabila Anda memiliki bayi atau orang tua yang sudah lanjut usia, antre yang berlama-lama ini malah lebih bisa menyiksa daripada kalau Anda memiliki asuransi swasta yang bisa memberikan verifikasi dan perawatan langsung dalam hitungan menit.

Ada sistem pemberian nilai tunai sebagai pengganti biaya transportasi

Beberapa asuransi swasta, selain memberikan penggantian biaya pengobatan, juga akan memberikan nilai tunai rupiah berupa uang saku harian untuk nasabahnya yang memilih fasilitas ini. Kadang hal yang paling meletihkan dalam menunggu seseorang yang sakit dan memakan biaya besar justru bukan biaya rumah sakitnya, namun orang yang menunggui.

Fasilitas cash ini bisa Anda gunakan untuk biaya yang keluar selama Anda menunggui seseorang yang sakit, atau sebagai pengganti nilai tunai yang terhenti apabila Anda tidak bekerja.

Asuransi swasta juga bisa digunakan untuk perawatan di luar negeri

Keistimewaan lain dari asuransi swasta ini adalah Anda bisa mempergunakannya apabila Anda mengalami sakit di luar negeri, atau justru malah memilih melakukan perawatan di luar negeri.

(Baca juga: Butuh Pinjaman Online? Ini Dia 6 KTA Pilihan CekAja 2018!)

Ada 2 jenis manfaat yang bisa Anda terima, yaitu pertama juga dengan system cashless seperti layaknya Anda mendapatkan perawatan di luar negeri, kedua dengan system reimbursement. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, sesuai dengan polis yang Anda miliki.

Evakuasi utama dari Red Cross

Apabila kebetulan Anda sedang berada di luar negeri dan terjadi bencana alam, maka selama negara tempat Anda berada memiliki cabang dari asuransi swasta yang Anda miliki atau ada simbol red cross atau Palang Merah Internasional di kartu tanda asuransi yang Anda miliki, maka Anda mendapat keutamaan untuk dievakuasi dari negara tersebut tanpa tambahan biaya atau sebanyaknya 500 ribu dolar AS apabila evakuasi harus dilakukan dengan helikopter sekalipun.

Tidak semua rumah sakit menerima BPJS Kesehatan

Bayangkan apabila ternyata rumah sakit yang telah menjadi langganan Anda selama puluhan tahun, ternyata tidak memiliki kerja sama atau kuota BPJS Kesehatan-nya habis, apa yang Anda bisa lakukan? Hal ini tentunya berhubungan dengan medical record atau rekam medis yang Anda miliki di rumah sakit langganan Anda.

Belum tentu rumah sakit yang dirujuk memiliki rekam medis Anda, atau malah harus melakukan pengecekan ulang agar penyakit yang Anda derita bisa cepat terdeteksi, padahal hal ini bisa dipersingkat apabila rekam medis yang Anda miliki sudah lengkap dan pihak rumah sakit bisa mengetahui lebih cepat.

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan akan perawatan kesehatan menjadi semakin tinggi. Dengan memiliki asuransi, ada faktor rasa aman dan kenyamanan yang timbul karena Anda tidak harus dihadapkan pada kemungkinan untuk membayar biaya tagihan rumah sakit yang jauh lebih besar daripada kemampuan.

CekAja.com adalah #TokoFinansial No.1 di Indonesia yang juga memberikan pilihan layanan asuransi sesuai kebutuhan perlindungan Anda. Jika Anda sudah yakin dengan jenis asuransi pilihan segera lakukan pengajuan asuransi secara online di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami