Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Alat Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Podcast? Ini Dia Rahasia untuk Menjadi Podcaster Profesional

by Kyla Damasha on 27 December, 2019

Mungkin sebagian dari kamu ada yang mengira bahwa podcast sama dengan radio. Meskipun terdapat beberapa persamaan yang nyata, sebenarnya podcast dan radio merupakan dua hal yang berbeda. Pada dasarnya podcast merupakan episode program yang tersedia di internet yang bisa disiarkan dalam bentuk audio layaknya radio maupun video layaknya platform youtube.

Biasanya setiap podcaster akan memiliki topik yang menjadi fokus pembahasan mereka yang hasil rekaman tersebut dapat ditonton maupun didengarkan di beberapa portal online, seperti iTunes, Spotify dan lain-lainnya. Tetapi, sebenarnya kamu pernah tidak sih membayangkan, kira-kira alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast?

Bagi kamu yang tertarik untuk menekuni bidang podcast, ada baiknya jika kamu mengetahui mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast. Karena pada nantinya, alat-alat tersebut tidak hanya akan membantumu dalam membuat podcast, tetapi juga sekaligus membantumu untuk menjadi seorang podcaster profesional.

Meskipun platform digital satu ini masih terbilang baru di Indonesia, namun nyatanya di luar negeri seperti Inggris dan Amerika Serikat podcast sudah menjadi media berdiskusi yang menarik lho. Jadi, tidak menutup kemungkinan podcast ke depannya bisa menjadi salah satu profesi yang menjanjikan.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Alat Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Podcast?
1. Mikrofon

Membahas mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast tentu tidak boleh ketinggalan dengan yang namanya mikrofon. Bagaimana tidak? Untuk membuat suaramu dapat terdengar dengan jelas, kamu pastinya akan membutuhkan bantuan dari mikrofon. Biasanya, pendengar yang jeli akan bisa membedakan antara mikrofon berkualitas rendah dan mirkofon dengan kualitas tinggi.

Selain itu, sebelum memutuskan untuk membeli mikrofon kamu juga perlu untuk memilih jenis mikrofon apa yang akan kamu gunakan, apakah itu mikrofon USB ataupun mikrofon analog (XLR). Mikrofon USB dapat mengkonversi suara analog menjadi digital sehingga kamu dapat menyambungkan mikrofon tersebut ke komputer manapun dan mulai merekam tanpa mendapatkan banyak kendala.

Sedangkan untuk mikrofon analog menggunakan konektor XLR yang mana kamu akan memerlukan perangkat lainnya untuk mengkonversi audio ke komputer. Dikarenakan tidak membutuhkan perangkat tambahan, mikrofon USB tentu memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan mikrofon analog, namun hal tersebut justru juga akan memberikan potensi untuk menghasilkan kualitas audio yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan mikrofon analog.

2. Perekam XLR Portable

Perekam XLR Portable juga memasuki jajaran tentang alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast, khususnya jika kamu memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog. Perekam XLR portable dibutuhkan untuk menangkap audio analog kamu dan mengkonversinya menjadi digital.

Selain itu XLR protable juga dapat menangkap beberapa suara saluran mikrofon dan memungkinkan untuk melakukan penyesuaian volume suara serta mematikannya dengan cepat. File audio secara otomatis dapat diatur dan disimpan di dalam kartu memori yang dapat dimasukan ke pembaca kartu atau slot di komputer.

3. Audio Interface

Jika kamu ingin merekam secara langsung ke komputer dengan menggunakan mikrofon analog, maka kamu memerlukan audio interface sebagai salah satu alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast ini. Perangkat ini memungkinkan kamu untuk memasukan satu atau lebih mikrofon analog dan mengkonversi audio analog menjadi digital.

Sebagian besar audio interface dapat terhubung ke komputer melalui USB atau Firewire. Audio interface ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang bervariatif, tergantung pada apa yang kamu butuhkan.

4. Komputer

Selain mikrofon, komputer juga merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam membuat podcast. Hal tersebut dikarenakan komputer itu sendiri kamu perlukan untuk merekam, mengedit, hingga mengunggah podcast yang sudah kamu buat. Untuk mengedit audio, kamu tidak memerlukan banyak daya komputasi.

Namun, cara kamu merekam podcast justru berpengaruh terhadap perangkat komputer yang kamu butuhkan, baik itu merekam dengan menggunakan komputer langsung ataupun menggunakan perangkat khusus. Jika kamu memilih untuk menggunakan perangkat khusus, maka sebaiknya kamu memiliki port yang tepat.

Sebagai contoh, jika kamu memilih untuk menggunakan mikrofon analog dengan perekam XLR portabel atau perangkat audio interface, maka kamu akan memerlukan jack audio-in 3,5 mm, port USB, atau dalam beberapa kasus, kamu akan membutuhkan port Firewire juga. Maka dari itu, sebelum kamu menghabiskan uang untuk membeli berbagai peralatan, ada baiknya jika kamu pastikan bahwa kamu memiliki komputer yang dapat mendukungnya.

5. Digital Audio Workstation (DAW)

Untuk menghasilkan rekaman dan editan yang baik, kamu akan memerlukan Digital Audio Workstation atau yang disingkat sebagai DAW. Termasuk sebagai alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast, banyak sekali opsi atau pilihan DAW yang bisa kamu gunakan. Tetapi, lisensi untuk DAW itu sendiri biasanya menghabiskan biaya yang cukup besar, yakni sekitar $300 hingga $900 untuk lisensi DAW tingkat profesional seperti Reason atau Pro Tools.

Namun ada juga Adobe Audition yang hanya membutuhkan $20 untuk biaya langganan bulanannya. Tetapi, sebagai podcaster pemula, kamu tidak perlu membuang banyak uang untuk peralatan yang mungkin dirasa belum terlalu penting. Saat ini sudah banyak software gratis seperti Audacity yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

6. Pop Filter

Alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast terakhir adalah pop filter. Semakin jelas suara audio kamu, maka akan semakin baik pula podcast yang kamu hasilkan. Meskipun alat satu ini tidak terlalu dibutuhkan, tetapi ternyata pop filter memang bisa membantumu dalam menghasilkan suara yang bagus. Harganya cukup murah, tetapi kamu tidak perlu membelinya. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan barang-barang yang tersedia di rumah.

(Baca juga: Kamera Analog Terbaik di Indonesia!)

Alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast yang baru saja kita bahas memang tidak semuanya kamu perlukan. Namun, perlu diketahui bahwa peralatan tersebut akan lebih bertahan lama dan bisa kamu gunakan di waktu yang cukup panjang. Nah, selain peralatan yang mumpuni, ternyata ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti lho jika ingin menjadi seorang podcaster profesional.

Langkah-Langkah Memulai Podcast Sendiri
a. Tentukan Topik yang Akan Dibahas

Langkah pertama untuk memulai podcast adalah dengan memiliki tema pembahasan. Siapkanlah secarik kertas dan tulislah garis besar mengenai hal-hal apa saja yang akan kamu bahas. Selain agar kamu tidak lupa, menulis topik juga akan membantumu agar tidak melenceng dari pembahasan ketika pembuatan podcast tengah berlangsung.

  • Ada banyak sekali podcast yang bisa kamu jadikan contoh. Mulailah untuk mendengarkan atau menonton beberapa podcast yang sudah ada agar kamu bisa mendapatkan inspirasi. Melalui podcast.com, kamu bisa menyaksikan podcast berdasarkan kategorinya masing-masing, seperti komedi, berita, kesehatan, olahraga, dan masih banyak lagi.
  • Cobalah untuk mendengarkan beraneka ragam podcast populer agar kamu bisa mendapatkan garis besar dari konten yang ingin dibuat. Kamu bisa memulainya untuk membuat draft guna meminimalisir rasa canggung. Jika ingin melakukan wawancara kamu juga bisa menulis skripnya terlebih dahulu.
b. Pilih Produk yang Akan Digunakan Untuk Podcast

Banyak podcaster yang memiliki mikrofon, mixer, dan bahkan komputer baru untuk dapat menghasilkan podcast dengan kualitas baik. Biasanya, paket podcast untuk pemula bisa kamu beli mulai dari $100.

  • Usahakan untuk tidak terlalu bergantung pada mikrofon standar yang ada di PC. Cobalah untuk terdengar seprofesional mungkin. Kamu akan membutuhkan set kepala lengkap dengan mikrofon peredam gangguan agar suara dapat didengar jelas oleh pendengar dan tidak terganggu oleh suara AC di sudut ruangan. Untuk alat perekam kamu bisa menggunakan jenis mikrofon unidireksional dinamis yang dapat dipakai.
  • Apakah podcast yang kamu buat akan bersifat portabel atau justru direkam di rumah? Untuk membuat podcast kamu bisa menggunakan ponsel pintar ataupun tablet, baik itu android maupun IOS. Namun, perangkat dasar yang kamu perlukan dalam membuat podcast setidaknya harus memiliki mikrofon dan aplikasi perekam suara podcast.
c. Memilih Perangkat Lunak

Langkah selanjutnya ialah dengan memilih perangkat lunak. Kamu bisa menggunakan aplikasi GarageBand jika ingin menggunakan Mac, perangkat lunak gratis seperti Audacity, maupun perangkat lunak berbayar seperti Adobe Audition. Ada juga beberapa perangkat lunak berjenjang seperti Sony Acid yang bisa turut dijadikan pilihan.

  • Aplikasi iPodcast Producer sangat cocok jika digunakan untuk pemula. Hal tersebut karena aplikasi satu ini dapat membantu dalam keseluruhan proses pembuatan podcast, mulai dari merekam hingga menggunggahnya ke aplikasi. Namun, aplikasi satu ini berbayar.
  • Audacity merupakan perangkat lunak gratis yang bisa digunakan untuk pengguna Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi satu ini memiliki sejumlah fitur dan plugin yang sangat berguna dalam pembuatan podcast.
  • Jika ingin membuat podcast dengan menggunakan Adobe Audition, kamu bisa berlangganan bulanan melalui Adobe Cloud yang menawarkan seluruh aplikasi Adobe dengan biaya yang lebih murah.
d. Mulai Merekam

Langkah terakhir untuk memulai podcast yaitu dengan melakukan rekaman. Cobalah untuk mengikuti draft yang sudah dibuat dan lakukanlah dengan hati-hati. Jangan berbicara terlalu cepat dan selalu menggunakan tempo yang tepat. Selain itu, ketika membuat draft, cobalah untuk membuat urutan mulai dari hal pertama yang ingin kamu bahas hingga penutup, agar kamu pun tidak akan bingung ketika melakukan rekaman.

  • Membuat Intro yang Catchy, agar kamu bisa meninggalkan kesan yang baik pada pendengar. Biasanya, bagian intro juga sering kali dijadikan sebagai ciri khas dari sang podcaster serta menciptakan keunikan tersendiri. Selalu pastikan bahwa suaramu enak didengar dengan menambahkan sedikit iringan musik dan kalimat pembuka yang membuatmu berbeda dari podcaster lainnya.
  • Rekam podcast sambil melakukan sesuatu agar penonton maupun pendengar tidak jenuh. Merekam podcast tidak harus selalu duduk tegak di tempat yang hening. Kamu bisa merekamnya sembari melakukan sesuatu, seperti bermain, makan, minum kopi, hingga mempersiapkan makan. Rekaman sambil beraktivitas tidak hanya akan membuat tubuh menjadi rileks dan meredakan rasa canggung, tetapi juga akan membuat topik pembicaraanmu lebih mengalir.
  • Undang pendengar sebagai bintang tamu juga bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan. Biarkan pendengarmu memilih topik yang mereka inginkan tanpa harus membuat kerangka atau draft yang harus disampaikan. Dengan begini, konten podcast kamu akan lebih orisinil tanpa dibuat-buat.
  • Membuat serial khusus agar topik pembahasan menjadi lebih menarik. Kamu bisa membagi episode podcast menjadi beberapa bagian. Langkah satu ini tidak hanya akan membuat topik pembahasan menjadi lebih dalam dan detil tentang berbagai hal yang kamu minati, melainkan juga akan memicu rasa penasaran para pendengar sehingga mereka akan setia menunggu seri-seri podcast mu selanjutnya.

(Baca juga: Film Horor Paling Sukses di Indonesia!)

Ingin menjadi Podcaster handal namun terkendala masalah biaya? Ajukan pinjaman dana tunai terbaik dan paling aman hanya melalui situs CekAja! Bunga rendah dan cicilan ringan untuk mendukung beragam cita-cita kamu.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda