Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Alhamdulillah, 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

by Anes Saputra on 9 April, 2020

Tidak ada satu orang-pun yang bisa mengklaim dirinya kebal terhadap Virus Corona yang sudah menjelajah hampir seluruh negara di dunia. Virus pemilik nama keren Covid-19 ini sudah terbukti mampu bikin ekonomi negara dan warganya merana. Namun siapa sangka, Corona juga menciptakan banyak miliuner baru di dunia.

Forbes mencatat ada 178 orang kaya baru (OKB) dari 20 negara sepanjang tahun ini. Nama-nama tersebut didominasi warga keturunan China sebanyak 80 nama yang secara total memiliki kekayaan US$123 miliar.

Kemudian, Amerika Serikat (AS) berada di urutan kedua sebagai negara pencetak OKB. Setidaknya ada 44 OKB yang dilahirkan Negeri Paman Sam itu.

Diikuti oleh India, yang melahirkan 12 OKB. Total kekayaan mereka diprediksi mencapai US$18,7 miliar. Dari 178 OKB, sebagian besar didominasi pria dan hanya ada 19 orang wanita saja.

Berikut ini adalah 7 OKB teratas berdasarkan nilai kekayaan yang berhasil dikumpulkannya selama pandemi Corona dimulai sejak akhir 2019 lalu.

1. Eric Yuan – kekayaan US$5,5 miliar

Eric Yuan - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Eric Yuan menjadi salah satu orang yang paling beruntung karena pandemi Virus Covid-19. Eric adalah bos Zoom yang sukses karena menyediakan layanan yang diandalkan puluhan juta orang yang terpaksa bersekolah dan bekerja dari rumah.

Yuan menawarkan aplikasi layanan video Zoom secara gratis ke sekolah-sekolah yang terdampak virus Corona di Jepang, Italia, dan AS, termasuk China, pada pertengahan Maret lalu. Sejak saat itu, Zoom mulai dikenal dan diandalkan banyak orang di belahan negara yang terdampak penerapan school and work from home.

Alhasil, nilai perusahaan Zoom naik dua kali lipat. Yuan, yang memiliki 46 persen saham bernilai US$5,5 miliar pun langsung masuk ke daftar OKB di dunia. Yuan dan 177 orang kaya baru lainnya mencatat kekayaan gabungan hingga US$369 miliar.

Lahir di Cina, Yuan pindah ke Silicon Valley pada 1997 setelah delapan kali visanya ditolak pemerintah AS. Sebelum membuat Zoom, Yuan adalah adalah manajer WebEx di Cisco.

2. Larry Xiangdong Chen – kekayaan US$3,4 miliar

Larry Xiangdong Chen - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Larry Xiangdong Chen adalah pendiri dan ketua GSX Techedu, sebuah perusahaan pendidikan yang terdaftar di AS yang go public di Bursa Efek New York pada tahun 2019. Chen masuk ke dalam daftar orang kaya versi Forbes dan berada di urutan 383 dengan total kekayaan US$3,4 miliar pada 2020.

(Baca juga: 10 YouTuber dengan Bayaran Tertinggi 2019 Versi Forbes)

Chen sebelumnya adalah Wakil Presiden di U.S. Listed New Oriental Education & Technology Group dari 2010 hingga 2014. Chen tahun lalu berada di urutan 216.

Pria 48 tahun ini merupakan pemegang gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari Renmin University di Beijing, yang popularitasnya meroket setelah layanan program bimbingan belajar online yang ditawarkannya naik daun di tengah pandemi Corona.

3. Byju Raveendran – kekayaan US$1,8 miliar

Byju Raveendran - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Byju Raveendran mendirikan perusahaan ed-tech online Byju’s pada tahun 2011. Dia memiliki 34 persen saham di Byju’s, yang ia bagikan ke istrinya, Divya Gokulnath dan saudara lelakinya Riju Raveendran.

Putaran pendanaan terakhir perusahaan pada Juli 2019 bernilai US$5,5 miliar. Adapun kekayaan Byju mencapai US$1,8 miliar.

Investor Byju termasuk Mark Zuckerberg, Tencent dan miliarder kesehatan Ranjan Pai. Aplikasi Byju digunakan oleh 30 juta siswa, dari kelas empat hingga dua belas yang sebagian besar di India.

Byju berencana untuk menggunakan dana yang dia kumpulkan untuk berekspansi ke AS, Kanada dan Australia.

4. Dmitry Bukhman dan Igor Bukhman – kekayaan masing-masing US$3,1 miliar

Dmitry Bukhman dan Igor Bukhman - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Dmitry dan Igor Bukhman, kakak-beradik dari Rusia ini membangun game online Playrix. Perusahaan ini diketahui dengan games Homescapes dan Fishdom.

Playrix sekarang menghasilkan lebih dari UUS$1,2 miliar dalam perkiraan pendapatan tahunan.

Dmitry sendiri berada di posisi 648 Forbes dengan total kekayaan US$3,1 miliar seperti halnya sang kakak.

Pada tahun 2018, kakak-beradik ini mengakuisisi saham perusahaan pengembang video dan jejaring sosial Nexters Global.

5. Forrest Li – kekayaan US$2,1 miliar

Forrest Li - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Lelaki berusia 42 tahun ini adalah lulusan Stanford yang fokus merintis perusahaan produsen game online, Sea Limited. Harga saham perusahaan ini melonjak tiga kali lipat dan mengantarkannya menjadi OKB dunia.

Selain game, Li juga memiliki minat dalam perdagangan elektronik dan pembayaran elektronik di seluruh Asia Tenggara.

Li memasuki jajaran orang kaya Singapura, setelah mendaftarkan Sea Limited di Bursa Efek New York pada Oktober 2017. Didukung oleh Tencent, yang memiliki 33 persen saham, investor Sea lainnya termasuk perusahaan ekuitas swasta General Atlantic dan putra Robert Kuok, Kuok Khoon Hua.

Nilai kekayaan Li mencapai US$2,1 miliar dan menjadi orang terkaya 21 di Singapura pada 2019.

6. Jitse Groen – kekayaan US$1,3 miliar

Jitse Groen - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Jitse Groen juga menjadi OKB terkemuka dengan Takeaway.com yang dirintisnya. Website ini menawarkan pengiriman makanan di Eropa dan Israel, dan telah beralih ke metode pengiriman tanpa kontak untuk mencegah penyebaran virus dan membuat pengguna tetap diberi makan.

Groen mendirikan perusahaan itu pada tahun 2000 dan mengumumkannya di Euronext Amsterdam pada tahun 2016. Total kekayaannya sebesar US$1,3 miliar.

(Baca juga: 4 Fakta Menarik Crazy Rich Indonesian Versi Forbes)

Pada awal Januari 2020, Takeaway.com mengalahkan pesaing untuk mendapatkan layanan pengiriman makanan Inggris Just Eat dengan harga US$7,7 miliar. Takeaway.com kini memiliki sekitar 4 juta pelanggan aktif sejak 2018.

7. Kim Jung-Woong – kekayaan US$1,1 miliar

Kim Jung-Woong - 7 Orang ini jadi Tajir Melintir Berkat Corona

Dari Korea Selatan, bisnis kecantikan menjadikan Kim Jung-Woong salah satu orang kaya baru yang masuk daftar Forbes. Kim Jung-woong pendiri dan CEO dari GP Club, yang mendapatkan banyak pendapatan dari produksi maskernya yang terkenal JM Solution.

Kekayaan Jung-Woong diperkirakan mencapai US$1,1 miliar. Pada Oktober 2018, Goldman Sachs menginvestasikan 75 miliar won ($ 67 juta) untuk 5 persen saham di perusahaan milik Jung-Woong.

Membaca peluang

Inspiratif bukan perjalanan bisnis 7 tokoh tersebut sampai akhirnya bisa masuk dalam jajaran OKB baru, bukan hanya di negaranya tetapi bahkan di level dunia.

Pengusaha yang baik, akan selalu melihat sebuah kesulitan sebagai tantangan dan peluang. Kalau saat ini banyak perusahaan dari berbagai sektor industri di Indonesia tersungkur pendapatannya akibat Corona, mungkin karena mereka tidak mampu mendiversifikasi bisnisnya ke produk-produk yang saat ini banyak dicari masyarakat.

Sebagai pengusaha skala kecil dan menengah, kamu pun harus pintar membaca situasi dan menyiapkan rencana B dari bisnis yang kamu jalani untuk dapat bertahan dan bisa keluar sebagai pemenang sebuah ujian.

Jangan khawatirkan soal modal ya, karena lewat CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha berbentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Permata. Prosesnya cepat, syaratnya mudah, dan pasti cairnya. Tunggu apa lagi? Ajukan KTA Bank Permata sekarang juga!

 

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke