Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

by Miftahul Khoer on 10 Januari, 2020

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan kantong plastik sekali pakai. Mal, pasar, sampai minimarket harus menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Peraturan tersebut tertuang dalam Pergub Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Jakarta bukan kota pertama yang menerapkan peraturan ini. Bali misalnya, sudah lebih dahulu mengatur kebijakan ini. Meski begitu tidak usah khawatir kalau tidak bisa menggunakan kantong plastik sekali pakai, sekarang ini banyak juga loh tas belanja yang lebih ramah lingkungan. 

Tas Kanvas - Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik
source: alibaba.com

Tas kanvas termasuk alternatif tas yang sangat mudah dicari dan sudah lebih dahulu dikenal masyarakat. Selain itu, tas ini bisa membuat saat belanja menjadi lebih bergaya karena memiliki banyak desain dan warna.

Tidak hanya itu, dengan bahan kanvas juga membuatnya mudah dicuci, sehingga saat belanja ikan, daging, atau ayam, tidak perlu takut bau sehingga bisa dipakai ratusan kali.

(Baca juga: Biang Kerok Banjir, Ini 5 Negara Penghasil Sampah Plastik Terbanyak di Dunia)

Tas kanvas juga mudah terurai secara alami, saat membeli tas kanvas atau tas katun, pilihlah yang menggunakan kapas organik untuk memastikan produk menjadi lebih tahan lama digunakan. Saat ini juga banyak yang menjual tas kanvas yang bisa dibuat sesuai dengan desain dan gambar-gambar yang diinginkan.

  • Tas Kertas
Tas Kertas - Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik
source: gitaprint.com

Di beberapa negara, kantong kertas menjadi alternatif di swalayan yang tidak menyediakan kantong plastik. Walaupun umumnya hanya dapat bertahan selama beberapa kali penggunaan belanja, paperbag dapat didaur ulang atau dibuat menjadi kompos.

Untuk meminimalkan limbah lingkungan dari kantong kertas, pertimbangkan paperbag dibuat dari bahan yang dapat didaur ulang serta menggunakan pewarna yang ramah lingkungan.

Atau pilihlah kantong kertas yang sedikit lebih kuat, sehingga masa pakai bisa lebih panjang.

  • Tas Karung Goni
Tas Karung Goni - Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik
source: eljohnnews.com

Tas karung goni atau jute bag menjadi pilihan terbaik untuk pengganti kantong plastik. Tas ini terbuat dari serat nabati yang tahan lama serta alami. Rami juga merupakan sumber daya terbarukan dan tanaman yang dapat menyerap karbon.

Ketika sudah mulai usang atau rusak, letakkan tas goni ke tumpukan kompos sehingga akan terurai hingga rusak. Atau maksimalkan penggunaan dengan mendaur ulang tas goni menggunakan tekstil.

  • Tas Sabut Kelapa
Tas Sabut Kelapa - Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik
source: pituruhnews.com

Pohon kelapa terkenal sebagai pohon yang multi fungsi, dari pohonnya manfaat yang didapatkan sungguh banyak. Meski belum banyak digunakan, tas ini juga ramah lingkungan karena sangat mudah terurai.

Soal masa pakai, tas ini juga cukup lama bisa digunakan. Sayangnya, karena belum banyak dan dibuat secara handmade, tas dari sabut kelapa ini masih cukup mahal untuk dibeli.

  • Tas Gantungan Kunci
Tas Gantungan Kunci - Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik
source: moedah.com

Semenjak kesadaran menjaga alam dan banyaknya limbah plastik, ajakan menggunakan tas belanja sendiri membuat banyak kreativitas dari banyak orang. Termasuk membuat tas belanja menjadi sangat kecil seukuran gantungan kunci.

Tas ini biasanya berbahan parasut, sehingga mudah dilipat bahkan hingga sangat kecil. Selain itu sangat mudah dibersihkan, bahkan kadang ada yang bisa tahan air, sehingga sangat nyaman untuk dibawa kemana saja. Bukan hanya kece dibawa ke pasar tradisional, tas ini juga cocok dibawa ke mal.

Tas Daur Ulang dari Barang Tidak Terpakai di Rumah

Saat ini banyak sekali ajakan untuk melakukan gaya hidup Do It Yourself (DIY), termasuk juga membuat tas belanja dari berbagai benda tidak terpakai di rumah, seperti celana dan kaus.

Karena kaus yang sudah tidak digunakan dapat dikreasikan sebagai tas belanja yang kece dan juga stylish.

(Baca juga: Antisipasi Banjir, Siapin Hal-hal Penting Ini Termasuk Tas Siaga Bencana)

Jins tidak terpakai juga sangat mungkin untuk dijadikan tas, sehingga kamu bisa memiliki banyak cadangan tas belanja di rumah. Kamu bisa mencari tahu bagaimana cara membuatnya di Youtube.

  • Ransel
Ransel - Alternatif Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik
source: cgtrader.com

Kalau kamu berencana belanja banyak dan bukan belanjaan yang basah, sangat memungkinkan memakai tas ransel. Selain pasti kamu miliki di rumah, kamu akan lebih mudah membawanya, apalagi kalau belanjaan kamu cukup berat.

Jadi tas alternatif apa yang sudah kamu punya? Tas alternatif sekarang bisa dengan mudah kok kamu beli di marketplace yang ada di Indonesia.

Manfaatkan kartu kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memudahkan kamu memilikinya. Pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.