Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Amankah Pakai Masker Saat Olahraga? Ini Kebenarannya!

by Vera Khairifah on 19 Juni, 2020

Era new normal mengharuskan kita menggunakan masker saat beraktifitas. Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya, amankah pakai masker saat olahraga? Berikut kami berikan penjelasan mengenai kebenaran hal tersebut.

amankah pakai masker saat olahraga

Olahraga Sebagai Penguat Daya Tahan Tubuh

Menjaga  kesehatan adalah yang penting, terlebih saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Tidak hanya dengan menjaga asupan nutrisi makanan, kamu juga disarankan berolahraga secara rutin.

Eits, jangan anggap remeh peran olahraga sebagai penguat daya tahan tubuh terhadap penyakit-penyakit. Sebab, uji klinis membuktikan kebenaran hal ini.

Riset dari seorang Profesor dari Appalachian State University, Amerika Serikat, bernama David Neiman mengatakan, olahraga melancarkan sirkulasi darah serta meningkatkan jumlah sel imunitas di dalam tubuh.

Salah satu faktanya adalah olahraga seru seperti aerobik yang dilakukan lima kali dalam seminggu akan menurunkan peluang terkena demam hingga 40 persen. Masih kurang mudah? Neiman juga menyarankan orang-orang untuk melakukan pekerjaan rumah selama 45 menit setiap hari sebagai pengganti kegiatan olahraga rutin.

Nah, demikian pula di saat masa pandemi ini. Olahraga memiliki peran penting untuk menjaga tubuh tetap sehat, dan tidak mudah terserang penyakit. Seperti yang kita tahu, Covid-19 merupakan virus yang sebenarnya bisa dilawan oleh tubuh yang memiliki imunitas yang kuat. Olahraga bisa menjadi penunjang memperbanyak sel imun.

(Baca Juga: Segini Nih Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah!)
Amankah Pakai Masker Saat Olahraga?

Mendengar saran untuk berolahraga demi menjaga daya tahan tubuh mungkin membuatmu bertanya-tanya, amankah pakai masker saat olahraga? Ya, segala aktifitas di luar rumah kini harus dijalani dengan memakai masker guna mencegah penularan Covid-19.

Saat olahraga pun, pakai masker tetap wajib apabila dilakukan di ruang publik. Misalnya lapangan terbuka, area gelanggang olahraga, taman kota, dan lain sebagainya.

Mengingat pakai masker memberikan rasa tak nyaman saat bernapas, lalu amankah pakai masker saat olahraga? Keluhan rasa tidak nyaman akibat memakai masker memang hal yang wajar. Sebab area hidung dan mulut yang ditutupi masker membuat seseorang terbatas dalam menghirup udara bebas. Sehingga timbul rasa sesak dan pengap.

Pakai masker saat olahraga bisa menjadi tidak nyaman untuk mereka yang berolahraga berat, seperti lari misalnya. Tetapi, rasa tidak nyaman itu tidak akan membuat mengganggu sistem pernapasan apalagi menyebabkan kematian. Jadi, pakai masker saat olahraga masih dalam kategori aman.

Olahraga memang disarankan bagi semua orang di masa pandemi ini. Namun, kamu hanya perlu melakukan olahraga ringan, yang sebaiknya dilakukan di rumah saja. Kamu bisa melakukan stretching tubuh, senam, lari di tempat, naik turun tangga, melakukan pekerjaan rumah, dan lain sebagainya.

Sedangkan olahraga berat yang dilakukan di ruang publik tidak disarankan karena memperbesar peluang penularan Covid-19. Dan memakai masker saat olahraga di ruang publik tentu sangat tidak nyaman.

Berolahraga di rumah juga kini semakin mudah dengan berbagai aplikasi olahraga yang tersedia di smartphone. Durasi olahraga yang disarankan adalah mulai dari 20 menit hingga 45 menit.

(Baca Juga: 9 Virus Berbahaya dari Hewan Selain Corona)           
Jenis Masker yang Sebaiknya Dipakai Saat Olahraga

Jenis Masker yang Sebaiknya Dipakai Saat Olahraga

Jika kamu ingin berolahraga ringan di ruang publik, pastikan kamu benar-benar yakin dengan protokol kesehatan saat kondisi new normal di daerahmu. Lihat pula kedisiplinan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak setidaknya 1,5 meter, memakai masker, rajin cuci tangan, dan tidak sembarangan melakukan kontak fisik.

Ingat, kamu tetap wajib pakai masker setiap beraktifitas di luar rumah, ya. Jenis masker yang disarankan dipakai saat olahraga adalah masker kain yang bisa dipakai berulang lalu dilapisi tisu satu atau dua lembar di dalamnya. Masker sekali pakai juga bisa kamu gunakan.

Tak perlu pakai masker N95 yang sangat ketat. Sebab kamu akan lebih merasa tidak nyaman saat bernapas. Selain itu, masker N95 diprioritaskan untuk dipakai para tenaga medis. Dengan kamu menggunakan masker kain, maka kamu menjaga stok masker N95 untuk tenaga medis yang lebih membutuhkan.

Selain Masker, Asuransi Juga Perlu!

Masa pandemi membuat sebagian orang sadar betapa pentingnya asuransi bagi hidup mereka. Asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa sangat penting untuk melindungi diri sebagai aset terpenting dalam hidup.

Layanan asuransi kini juga semakin luas cakupan perlindungannya. Kamu dan keluarga bisa menikmati berbagai manfaat, dengan membayar premi terjangkau yang harganya semakin kompetitif. Para ahli finansial juga sangat menyarankan penggunaan asuransi, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang tidak bisa dipastikan kapan berakhir.

Di CekAja, kamu bisa mengecek berbagai produk asuransi kesehatan dengan premi terjangkau. Jika sudah memilih sesuai kebutuhanmu, kamu bisa mengajukan lewat sistem online yang sangat mudah. Tim customer service akan menghubungimu untuk melengkapi dokumen yang kemudian dicek kelengkapannya oleh kurir yang datang ke rumahmu.

Yuk, tunggu apalagi. Miliki asuransi kesehatan untuk melindungi dirimu dan keluarga melalui situs CekAja.com yang terpercaya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast