Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Angela Tanoesoedibjo, Wamenparekraf yang Masih Muda dan Cantik

by Tisyrin N. T on 28 Oktober, 2019

Jika mendengar nama belakang perempuan yang satu ini pasti rasanya familiar bukan? Ya, tebakanmu gak salah, perempuan ini memang merupakan anak dari konglomerat Hary Tanoesoedibjo. Angela Tanoesoedibjo adalah anak sulung pasangan Hary dan Liliana Tanoesoedibjo.

Angela Tanoesoedibjo

Jumat pagi (25 Oktober 2019), Angela terlihat mendatangi Istana Negara dengan mengenakan kemeja berwarna putih. Hal tersebut menjawab rasa penasaran publik karena selama ini terdapat isu dirinya akan menduduki jabatan di kabinet.

Benar saja, Angela mendapatkan mandat untuk menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Keduanya sama-sama terbilang masih muda sebagai orang yang duduk di kabinet. Angela baru berusia 32 tahun dan Wishnutama 43 tahun.

Kemudian pada pada Jumat siang, sebanyak 12 orang wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju dilantik di Istana Negara. Angela adalah orang termuda yang ada di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Inilah fakta-fakta menarik tentangnya yang dirangkum dari berbagai sumber:

  • Menempuh pendidikan di Australia

Gak cuma berasal dari keluarga tajir, Angela juga punya background pendidikan yang mumpuni. Perempuan ini menempuh pendidikan tinggi di Australia. Ia meraih gelar Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada tahun 2008.

Selain itu, ia juga mendapatkan gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada tahun 2010. Mantap ya?

(Baca juga: Mengenal Dua Wajah Srikandi Baru di Kabinet Indonesia Maju)
  • Membantu grup usaha sang ayah

Sebelum merampungkan pendidikannya, perempuan ini mendirikan majalah hiburan HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine serta menjabat sebagai Editor in Chief. Angela juga sejauh ini sudah mencicipi berbagai tanggung jawab di grup usaha milik sang ayah, MNC Group.

Ia pernah menjalani tugas sebagai Corporate Finance & Business Development Associate PT Media Nusantara Citra Tbk pada 2010-2013. Selanjutnya, kariernya kian menanjak. Ia mencicipi kursi Managing Director Global TV pada tahun 2014. Salah satu gebrakannya adalah mengubah branding Global TV menjadi GTV pada tahun 2018.

Beberapa jabatan lain yang pernah diembannya termasuk Direktur PT MNI Entertainment (November 2011-Juni 2017) dan Wakil Direktur MNC Channels (2013-2014). Pada Maret 2018, Angela mendapatkan tugas sebagai Managing Director RCTI. Saat itu performa RCTI tengah menurun. Angela punya PR untuk mengembalikan lagi performa RCTI.

Terakhir, perempuan kelahiran Ottawa, Kanada, pada 23 April 1987 ini tercatat sebagai Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk. Ia ditunjuk sebagai Direktur sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada tanggal 30 September 2016 dan dinyatakan dalam Akta Penyataan Keputusan Rapat No. 70 tanggal 30 September 2016.

  • Pengurus partai

Ayah Angela, Hary Tanoesoedibjo, adalah pendiri dan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Angela juga masuk dalam struktur pengurus Partai Perindo, posisinya terakhir sebagai wakil sekretaris jenderal. Pengurus Partai Perindo mengusulkan nama Angela untuk masuk kabinet karena Presiden Jokowi mencari sosok yang muda dan pintar.

  • Pernah jadi caleg

Pengalaman Angela di dunia politik memang baru seumur jagung. Jejak politiknya terekam dalam gelaran Pemilu Legislatif 2019. Ia maju sebagai calon legislatif (caleg) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) I Surabaya-Sidoarjo. Namun, saat itu ia hanya berhasil meraih 30.707 suara sehingga kalah.

(Baca juga: Kepoin Profil Istri-istri Menteri Baru; Muda, Cantik, Kaya!)
  • Ibu dari dua orang anak

Wamenparekraf yang cantik ini telah menikah dengan seorang pria bernama Michael Dharmajaya. Dari pernikahannya tersebut, mereka telah dikaruniai dua orang anak yang bernama Theodore Maximilian Dharmajaya dan Madeline Dharmajaya.

Sebagai anak sulung, Angela punya empat saudara kandung yang terdiri dari 3 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Saudara kandungnya adalah Valencia Tanoesoedibjo, Jessica Tanoesoedibjo, Clarissa Tanoesoedibjo, dan Warren Tanoesoedibjo.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Angela Tanoesoedibjo. Bagaimana kiprahnya dalam memajukan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia? Kita lihat saja gebrakannya!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.