Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Anti Bokek Pasca Lebaran

by JTO on 5 Agustus, 2014

Lebaran merupakan waktu yang digunakan oleh banyak orang untuk berbagi rezeki. Walau ada tambahan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang menambah pendapatan, karena tidak mengatur keuangan dengan tepat, beberapa orang malah bokek pasca lebaran.

Pasalnya, gaji yang diterima di bulan saat Lebaran tiba, pun habis terpakai. Bahkan, ada beberapa orang yang memaksakan untuk menguras tabungannya atau menyisakan hutang kartu kredit demi berbelanja.

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari kembali suci (fitri). Hari dimana umat Islam kembali bersih, baik jasmani dan rohani. Namun, bukan artinya tabungan Anda pun harus bersih karena dipakai Lebaran. Sebab, selayaknya momen Lebaran seharusnya mampu memosisikan keuangan  berjalan lancar. Tanpa hambatan atau pun stagnan. Pertanyaannya, apakah semua orang yang merayakan bisa melakukannya?

Bagi kalangan karyawan, Lebaran tahun ini termasuk momen yang pas, dimana mereka mendapatkan THR. Biasanya, tunjangan ini dibagikan di pertengahan bulan, atau minimal satu minggu menjelang Lebaran. Bagaimana jika THR dan gaji tahun disatukan. Bagi yang belum terbiasa dengan pola pengelolaan keuangan itu biasanya usai Lebaran sudah habis. Karena uang plus THR digunakan untuk mudik Lebaran. (Baca juga: Tepat Gak, Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit?)

Nah, tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyikapi hal tersebut? Bagaimana cara kita untuk mengatur keuangan yang tepat, dan kejadian bokek pasca Lebaran tidak terjadi lagi di tahun depan. Simak uraian berikut

Merencanakan Ramadhan dan Lebaran

Berdasarkan kalender masehi, jika tahun depan lebarannya maju 10 hari dari Lebaran tahun ini, maka momentum awal Agustus dan Ramadhan akan jatuh di bulan Juli. Sudah saatnya mulai menghitung semua pengeluaran untuk tahun depan dengan melihat apakah ada kemungkinannya. (Baca juga: Agar Bisnis Cepat Untung Selama Ramadhan)

Manfaatkan Ramadhan dan awal Syawal mendapatkan ekstra pendapatan

Setelah membuat daftar pengeluaran maka langkah berikutnya adalah membuat langkah alternatif pendapatan apa saja yang mungkin bisa dimanfaatkan pada momentum Ramadhan dan Lebaran.

Menabung secara konsisten

Cara ini menjadi langkah terbaik untuk pengelolaan keuangan pada saat Lebaran. Misalnya, bila Anda mendapatkan THR tahun ini atau terkena PHK maka menabung secara konsisten adalah langkah bijak dalam mempersiapkan Ramadhan dan Syawal tahun depan. Artinya Anda tidak lagi tergantung dengan orang lain. (Baca juga: Bisnis Online yang Bisa Hasilkan Banyak Uang Saat Ramadhan)

Lupakan pengaturan keuangan tak terencana

Buatlah pola pengaturan keuangan secara terencana untuk menyiapkan Ramadan dan Lebaran pada tahun berikutnya.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami