Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Anti Bokek Setelah Lebaran

by hanna on 21 Juli, 2015

Saat Lebaran rekening Anda menggendut karena Tunjangan Hari Raya (THR). Sayangnya, beberapa orang malah bokek setelah Lebaran.

Mudik, silaturahmi ke sanak keluarga, liburan, bagi-bagi uang ‘salam tempel’, serta kegiatan lainnya, sudah menjadi tradisi yang kerap dilakukan saat Lebaran. Tidak heran bila pengeluaran uang untuk segala kegiatan tersebut akhirnya menguras kantong.

Kondisi itu diperburuk lagi gaji yang diterima di bulan saat Lebaran tiba juga ikut-ikutan terkuras. Bahkan, beberapa orang ada memaksakan untuk menguras tabungan atau menyisakan utang karena berlebihan dalam memakai kartu kredit demi berbelanja di saat Lebaran.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menyikapi hal tersebut? Apakah ada cara untuk mengatur keuangan yang tepat, hingga kejadian bokek setelah Lebaran tidak terjadi lagi di tahun depan. Simak jawabannya.

Tentukan rencana lebih awal

Setelah dapat uang THR, barulah Anda mengatur alokasi segala pengeluaran untuk kebutuhan Lebaran. Apakah harus selalu begitu? Bagaimana dengan kebutuhan keuangan yang harus dipenuhi jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba? Misalnya pengeluaran untuk membeli tiket transportasi mudik. Agar lebih hemat, bukankah Anda bisa membelinya sebelum Ramadhan tiba, atau bahkan tiga bulan sebelum Lebaran tiba? Di sinilah pentingnya perencanaan keuangan yang wajib dilakukan dan dimiliki sedini mungkin.

Caranya, buatlah catatan. Mulailah hitung semua pengeluaran yang telah dilakukan di tahun ini, dan jadikan acuan untuk perencanaan keuangan Lebaran di tahun depan. Masukkan dalam perencanaan keuangan tahunan.

Maksimal Anda harus memiliki rencana ini tiga bulan sebelum Ramadhan tiba. Dari alokasi penyisihan 20% sampai 30% anggaran bulanan untuk tabungan, alokasikan sekitar 3% sampai 5% untuk kebutuhan Lebaran.

Tentukan yang dapat dihemat

Alat transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk mudik nanti? Lokasi wisata apa yang akan dijadikan sebagai tempat liburan keluarga? Apakah butuh dana untuk renovasi rumah lagi di tahun depan? Dan pertanyaan lainnnya.

Segala kebutuhan itu memang masih asumsi dan prediksi untuk perencanaan keuangan Lebaran di tahun depan, namun dengan membuat segala kemungkinannya, maka Anda bisa lebih berhemat.

Misalnya untuk transportasi yang akan digunakan untuk rencana mudik Lebaran, apakah dengan mobil pribadi, sewa mobil, atau moda transportasi umum. Masing-masing pilihan transportasi itu miliki pengeluaran yang berbeda. Ketika Anda sudah menentukannya, maka langkah hemat pun bisa dilakukan. Bisa saja Anda mesti mengajukan dan memilih kredit kendaraan baru dengan bunga yang murah, atau membeli tiket mudik dengan kartu kredit yang tepat dan berikan diskon.

Baca lebih lanjut …

Pilih investasi yang menguntungkan untuk masa depan Anda di sini.

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.