Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Anti Mainstream, Menikah dengan Mas Kawin Saham dan Reksa Dana

by Miftahul Khoer on 18 Juli, 2019

Ada banyak cara untuk membahagiakan istri tercinta saat melangsungkan prosesi pernikahan sebagai momen sakral dalam sekali seumur hidup. Jika biasanya sang suami memberikan mas kawin berupa emas, seperangkat alat salat, uang dan lainnya, maka kini muncul tren baru berupa mahar dengan kepemilikan saham dan reksa dana.

mas kawin saham dan reksa dana
Tren mahar berupa instrumen investasi saat pernikahan sebetulnya mulai marak sejak beberapa tahun lalu. Ini menandakan literasi atau pemahaman tentang investasi di tengah masyarakat terus meningkat. Nah, berikut kami telah merangkum beberapa pernikahan unik yang menggunakan kepemilikan saham dan reksa dana sebagai mas kawin. Yuk cek!

Mahar 10 lot PT Mayora Indah Tbk (MYOR)

Pasangan Rizki Annisa dan Muhammad Fadhli Lubis yang menikah di Kota Padang Sidempuan pada Sabtu, 13 Juli 2019 lalu sempat viral di media sosial. Pasalnya, mahar yang diberikan Fahdli kepada Annisa berupa kepemilikan 10 lot saham atau 1.000 unit saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR).

Data perdagangan per Kamis (18/7/2019), harga saham MYOR berada pada level Rp2.120/saham. Dengan demikian jika diuangkan, saham yang dimiliki Annisa yang diberikan suaminya tersebut mencapai sekitar Rp2,1 juta. Pada perdagangan terakhir sebelum pernikahan digelar, harga saham MYOR mencapai Rp2.300/saham. Dengan demikian ada penurunan harga saham. Ya, yang namanya saham memang naik turun. Jika dicermati secara jangka panjang, dengan tren yang terus meningkat, saham MYOR bisa saja kembali menguat.

(Baca juga: Cek! 5 Kebutuhan Utama Pasangan yang Baru Menikah)
Mahar 2 lot PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Masih di bulan Juli 2019, pernikahan unik kedua mempelai bernama Dwian Wahyu Prabawa (26) dan Sherly Wijaya Kumayas (25) berlangsung di Boyolali pada Minggu (7/7/2019). Mahar yang diberikan Wahyu Prabawa kepada sang istri yakni dua lot saham PT Bank Mandiri TBK (BMRI) yang pada akhir perdagangan sebelum menikah harganya mencapai Rp8.025/saham. Saat ini, per Kamis (18/7/2019), harga saham BMRI mencapai Rp7.875/saham.  Itu artinya kepemilikan saham yang diberikan sang mempelai suami mencapai Rp1,57 juta.

Ya, jika dicermati, ada penurunan harga saham pada hari ini jika dibandingkan dengan harga pada saat resepsi pernikahan keduanya. Namun, kepada media, Wahyu Prabawa sempat mengatakan bahwa mahar yang diberikan kepada istrinya tersebut untuk investasi jangka panjang bukan hanya mencari sensasi belaka.

Mahar 500 lot saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

Pernikahan unik dengan mahar berupa kepemilikan saham juga pernah dilakukan oleh Idunk Ade Pradana ketika menikahi sang pujaan hatinya bernama Annisa Diah Siswantari di Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Yogyakarta pada Minggu (15/10/2017). Tak tanggung-tanggung Idunk memberikan 500 lot atau 50.000 lembar saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO).

Pada saat itu harga perlembar sahamnya mencapai Rp555/per saham. Saat ini per Kamis (19/7/2019) harga saham SIDO mencapai Rp999. Jika diuangkan, kepemilikan saham saat menikah mencapai Rp27,7 juta. Sementara untuk saat ini investasinya di SIDO sudah mencapai Rp49,9 juta. Artinya kepemilikan saham dari pasangan tersebut telah meraup untung sekitar Rp22 juta dalam dua tahun.

Mahar 50 lot saham PT MNC Studios International Tbk (MSIN)

Tak hanya di kota-kota besar, literasi tentang investasi saham rupanya sudah mulai merambah ke berbagai daerah termasuk di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pada Jumat (10/8/2018), di Kantor Urusan Agama Tenggarong, Arif Hidayat memberikan mahar pernikahan kepada istri tercintanya Dise Rahmawati berupa kepemilikan 5.000 lembar atau 50 lot saham PT MNC Studios International Tbk (MSIN).

Saat itu harga per lembar saham MSIN berada di level Rp452/saham. Artinya saat dibeli harga saham untuk dua lot saat itu mencapai Rp2,26 juta. Jika dicermati pergerakan harganya, per Kamis (18/7/2019) harga saham MSIN mencapai 398/saham atau turun menjadi Rp1,99 juta ketimbang harga saat pemberian mahar.

(Baca juga: Butuh Pinjaman Cepat untuk Menikah? Cek Di Sini!)
Mahar 9 produk reksa dana dari 9 manajer investasi

Selain saham, ada juga pasangan muda yang menjadikan reksa dana sebagai mahar yakni 9 produk reksadana dari 9 manajer investasi serta satu set kalung berlian. Mahar unik ini dilakukan oleh Teja Amanda kepada sang istri tercintanya Chintania yang resepsinya dilakukan di Aula Universitas Negeri Padang pada 9 Maret 2019 lalu.

Reksa dana sendiri merupakan sarana/wadah investasi bagi sekumpulan investor yang dikelola oleh manajer investasi. Pasangan Teja dan Chintania keduanya merupakan pegawai yang berkaitan dengan pasar modal. Seperti dikutip dari Bareksa.com, Teja mengatakan tujuan memberikan mahar berupa reksa dana tak lain untuk memberikan semangat program Yuk Nabung Saham yang dikampanyekan pasar modal kepada orang banyak. Adapun rencana memberikan mahar berupa reksadana tersebut telah dicetuskan jauh-jauh hari. 

Nah, itulah beberapa kisah unik tentang pernikahan dengan mahar berupa kepemilikan saham dan reksadana yang bisa dijadikan inspirasi. Apakah kamu saat ini sudah memulai terjun berinvestasi? Atau jangan-jangan tertarik menikah dengan memberikan mahar kepada si doi berupa saham dan reksadana? Hmm… Boleh dicoba!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami