Apa itu Contraflow? Istilah yang Sering Disebut saat Mudik Lebaran

Adanya arus mudik lebaran di Indonesia membuat polisi lalu lintas biasanya melakukan rekayasa arus salah satunya contraflow. Apa itu contraflow sebenarnya?

Apa itu Contraflow?

Contraflow adalah salah satu metode rekayasa lalu lintas yang sering diterapkan untuk memecah atau mencegah kemacetan apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas. Terutama ketika mudik lebaran.

Jadi, apa sebenarnya contraflow dan perbedaannya dengan one way? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Contraflow?

Contraflow atau arus berlawanan adalah sistem rekayasa atau pengaturan lalu lintas dengan cara mengubah sebagian arah arus kendaraan di jalan yang mengalami kemacetan.

Contoh, jalan menuju timur mengalami kepadatan sementara jalur menuju barat masih lengang.

Dengan melakukan contraflow, polisi akan memecah jalan menuju timur dengan membaginya ke sebagian jalur barat tanpa harus menutup sepenuhnya jalur barat.

Dengan kata lain, sebagian pengendara yang akan menuju timur bisa melewati jalur menuju barat tanpa mengganggu pengendara yang melewati jalur menuju barat.

Pada arus balik kali ini yang puncaknya akan terjadi pada tanggal 6 Mei 2022, Pihak Korps Lalu Lintas POLRI berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow yang akan dilakukan di ruas jalan Tol Cikampek.

Mengutip Kompas, Kakorlantas POLRI  Irjen Firman Shantyabudi mengatakan rekayasa contraflow akan diadakan pada KM 74 Tol Cikampek arah menuju Jakarta. Sedangkan mulai dari Gerbang Tol Palimanan akan diberlakukan rekayasa One Way.

(Baca Juga: Jadwal One Way 2022, Hindari Kemacetan Puncak Arus Balik Mudik)

Perbedaan Contraflow dan One Way

JIka contraflow masih bisa menyisihkan jalan yang digunakan untuk memecah kemacetan, maka one way menggunakan arus jalan lain secara penuh. Sehingga arus jalan tersebut benar-benar ditutup.

Dengan kata lain, contraflow masih menggunakan dua jalur sedangkan one way benar-benar menjadikan arus jalan menjadi satu arah. 

Tips Berkendara Aman saat Contraflow

Setelah mengetahui apa itu contraflow, berikut tips berkendara aman ketika kamu harus melewati jalur contraflow.

Pertama, usahakan cari informasi apa itu contraflow dan jalur apa saja yang menggunakan rekayasa contraflow.

Penting untuk mengetahui lokasi rekayasa contraflow agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pengendara yang sering kali berakibat kecelakaan.

Hal ini karena beberapa jalur yang menggunakan contraflow tidak dilengkapi flex cone yang menandakan jalur tersebut menggunakan rekayasa contraflow.

Kedua, pastikan ketika memasuki jalur contraflow berbarengan dengan kendaraan lain. Jika terpaksa sendiri, kamu bisa menyalakan lampu besar mobil.

Hal ini dilakukan untuk memberikan tanda kepada pengendara pada jalur berlawanan bahwa jalur yang digunakan merupakan jalur contraflow.

Ketiga, pastikan kamu bersiap-siap dengan mengambil jalur kanan sebelum memasuki kilometer jalur contraflow agar tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan lain.

Keempat, jangan menggunakan kecepatan tinggi ketika menggunakan jalur contraflow dan pastikan kamu punya energi yang cukup agar tidak mengantuk.

Terakhir, ikuti seluruh petunjuk dari korlantas POLRI agar kamu tidak mengganggu kendaraan lain. Itulah penjelasan apa itu contraflow dan tips menggunakan jalur contraflow dengan aman.

(Baca Juga: Arus Balik Mudik 2022 Padat, Ini Dia Tips Biar Perjalanan Tetap Nyaman)

Temukan Produk Tabungan Terbaik di CekAja.com

Setelah lebaran, biasanya buah hati menyimpan banyak uang yang didapat dari keluarga ketika silaturahim.

Bagi kamu yang memiliki buah hati dan telah menerima banyak uang “THR” keluarga dan berniat untuk membuatkannya tabungan, kamu bisa mengajukan tabungan dengan cepat dan aman di CekAja.com.

CekAja.com hadir sebagai platform marketplace untuk produk-produk keuangan salah satunya tabungan. Dimana selain bisa membandingkan berbagai produk kamu juga bisa melakukan pengajuan secara online.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buat tabungan untuk buah hati di CekAja.com dan ajukan kapan pun dan dimana pun!