Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Apa Itu Lucid Dream? Kenali Pengertian hingga Teknik Melakukannya di Sini

by Ayunindya Annistri on 18 Februari, 2020

Apa itu lucid dream? Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalaminya sendiri, namun masih belum memahami akan mimpi tersebut. Ya, lucid dream atau mimpi sadar sebetulnya sangat umum terjadi dan bahkan ada teknik khusus untuk bisa melakukannya. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Lucid Dream

Apa Itu Lucid Dream?

Sering kali orang bertanya-tanya apa itu lucid dream? Dan bagaimana cara kerjanya? Jika kamu pun termasuk orang yang pernah mengalami fenomena tersebut, itu berarti kamu sedang berada dalam fase tidur REM atau rapid eye movement.

Rapid eye movement ini merupakan fase terakhir ketika manusia tertidur pulas. Dalam fase ini, kamu bakal merasakan gerak bola mata hingga pernapasan berpacu lebih cepat dari sebelumnya. Dari fase REM ini pula lah, kamu mungkin bisa mengalami lucid dream, yang mana mimpi tersebut bisa kamu kendalikan namun masih dalam keadaan tertidur.

Memahami apa itu lucid dream sebetulnya mudah lho. Sebagai contoh, saat kamu terbang bebas diudara setelah menaiki sebuah pesawat. Lalu, seketika kamu menyadari bila hal tersebut hanyalah mimpi belaka. Sebab, kejadian terbang bebas cuma cerita fiktif yang sangat mustahil terjadi dalam dunia nyata.

Namun, perlu digaris bawahi bila lucid dream ini enggak hanya bisa dialami oleh tiap orang saja.

Tetapi banyak juga dimanfaatkan oleh ahli terapis dan psikolog untuk mengobati kliennya yang mengalami trauma psikis.

Bahkan, beberapa sumber mengatakan bila fenomena mimpi sadar bisa sangat berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang hingga mengobati pasien lumpuh agar dalam mimpinya ia dapat bergerak bebas.

(Baca Juga: Hati-Hati, Kebiasaan Tidur Siang Bisa Memicu Stroke!)
Fakta Menarik Seputar Lucid Dream

Setelah memahami apa itu lucid dream, CekAja bakal memberikan beberapa fakta unik seputar mimpi sadar tersebut. Karena fenomena lucid dream ini benar-benar tampak seperti cerita sci-fi yang jarang sekali terjadi di dunia nyata.

Sehingga menarik rasa penasaran masyarakat untuk mengetahui lebih dalam lagi apa itu lucid dream. Dan berikut beberapa fakta uniknya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ditemukan oleh psikiater asal Belanda pada 1913

Adalah Frederik van Eeden, seorang psikiater sekaligus ilmuwan asal Belanda yang berhasil menemukan teori tentang lucid dream. Ia mengumpulkan seluruh bukti mengenai adanya mimpi sadar dalam jurnal yang dibuat dengan judul A Study of Dream pada 1913.

Tetapi jauh sebelum Frederick membuat jurnal tersebut, fenomena lucid dream telah ada sejak zaman India kuno, tepatnya dalam kitab suci agama Hindu yakni Weda. Namun dulu, lucid dream hanya dikenal sebagai kegiatan mengatur dan mengontrol mimpi khusus meditasi pada tradisi Bonpo.

2. Dari lucid dream, kamu bisa melanjutkan mimpi DEILD

Menghentikan lucid dream sebetulnya sangat gampang. Kamu hanya perlu memejamkan mata saat tengah mengalami lucid dream yang buruk. Ketika mata terpejam, tubuh akan secara otomatis terbangun dengan paksa.

Sebaliknya, bila kamu tidak sengaja terbangun tiba-tiba dari mimpi indah, maka mimpi tersebut bisa kembali dilanjutkan dengan teknik Dream-Exit Induced Lucid Dream (DEILD).

Teknik ini bisa digunakan berulang kali setiap malam asalkan kamu dapat mengontrol tubuhmu dengan stabil agar fase rapid eye movement tidak terganggu.

3. Lucid dream hanyalah mimpi dan tidak akan berpengaruh dalam dunia nyata

Apa itu lucid dream? Dan bagaimana perbedaannya dengan mimpi yang lain? Jika ini adalah pertanyaan yang terus ada di benakmu, maka jawabannya tentu saja lucid dream itu tidak jauh berbeda dengan mimpi biasa yang kerap dialami. Meski sebetulnya lucid dream terlihat lebih nyata, di mana kita mampu mengendalikan mimpi tersebut.

Walau begitu, lucid dream hanyalah sebuah mimpi normal yang enggak seharusnya ditakutkan oleh banyak orang. Sebab, beberapa diantara mereka yang sudah mengalaminya merasa takut terjebak dalam mimpi tersebut, karena visualnya yang terlihat sangat nyata.

4. Hindari mengkonsumsi alkohol jika ingin mencoba lucid dream

Para ahli sepakat bila ingin mencoba lucid dream, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol sebelum tidur. Sebab minuman jenis ini justru membuat kondisi rapid eye movement (REM) manusia menurun. Sehingga potensi untuk melakukan lucid dream sangat kecil.

Sebaliknya, untuk memicu datangnya lucid dream dan melakukan Dream-Exit Induced Lucid Dream (DEILD), kamu bisa mengkonsumsi suplemen dan makanan seperti daging ayam, ikan tuna, brokoli, serta roti gandum yang kaya akan kandungan vitamin B6.

5. Meditasi dan lucid dream, dua hal yang enggak bisa dipisahkan

Menurut beberapa sumber yang beredar, terdapat hubungan ilmiah antara meditasi dan lucid dream. Ini dikarenakan fungsi dari meditasi sendiri yang dapat membuat seseorang mencapai kepuasan relaksasinya.

Sehingga turut mempengaruhi mimpi yang dilakukan. Dan bila memungkinkan dapat membuat kamu lebih mampu mempertahankan ketahanan diri selama menjelajahi alam mimpi.

(Baca Juga: Hati – Hati, Tidur Pakai Lampu Bisa Bikin Kamu Tambah Gemuk Lo!)
Teknik Melakukan Lucid Dream

Meski bisa dilakukan tanpa sengaja, namun banyak juga yang ingin terus-menerus melakukan lucid dream. Mengingat faktanya seorang lucid dream dapat mengendalikan keseluruhan mimpi yang dilakukan seolah memang sedang berada di kehidupan nyata.

Untuk bisa masuk ke lucid dream secara berulang, dibutuhkan teknik khusus yang bisa dimulai dari kemampuan diri untuk lebih peka akan lingkungan sekitar. Ini berarti kamu harus lebih waspada selama beraktivitas dengan memulainya dari melatih indra tubuh.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba Mnemonic Induction of Lucid Dreams atau disingkat MILD sebagai cara untuk memasuki alam lucid dream. Teknik ini dilakukan tepat sebelum tidur dengan mengucapkan kalimat “Aku akan bermimpi saat ini dan memang sadar sedang bermimpi” secara berulang hingga kamu tertidur pulas.

Selain itu, menurut Medical News Today, teknik melakukan lucid dream juga bisa dilakukan dengan cara “waking back to bed”, di mana kamu harus menyetel alarm setelah 5 atau 6 jam tertidur. Namun teknik yang satu ini tidak terlalu direkomendasikan karena ditakutkan bakal membuat jam tidurmu berubah.

Nah, itulah informasi menarik seputar apa itu lucid dream hingga teknik melakukannya. Ingat, meskipun kamu dapat mengulangi lucid dream kapanpun yang dibutuhkan. Namun fenomena mimpi sadar ini juga memiliki dampak negatif untuk kehidupan lho.

Salah satunya mungkin kamu bakal kesulitan untuk membedakan mana yang nyata dan bukan, atau bahkan merasa enggan untuk berusaha di dunia nyata sebab dunia mimpi jauh lebih menyenangkan.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup, strategi kelola keuangan hingga cara memilih produk finansial yang tepat hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau