Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Apa Itu Transfer Saldo Kartu Kredit?

by JTO on 11 Agustus, 2014

Anda ingin melakukan transfer saldo kartu kredit untuk meningkatkan bunga yang Anda bayarkan untuk kartu kredit secara signifikan. Sebelum melakukan itu, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah poin untuk membuat pilihan yang tepat. Untuk itu berpikirlah sebelum melakukan transfer saldo kartu kredit.

1. Bunga Kompetitif

Biasanya, perusahaan kartu kredit menawarkan suku bunga perkenalan lebih rendah untuk pelanggan baru yang melakukan transfer saldo. Suku bunganya lebih rendah dibanding standar suku bunga rata-rata. Tapi itu hanya bertahan beberapa bulan saja. Misalnya, Anda dikenakan bunga 24%, maka suku bunga yang diperkenalkan adalah 6,24% selama setahun. (Baca juga: Mau Tahu Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Anda?)

Artinya, selama setahun Anda bisa menghemat lebih dari 17%. Ada juga bank yang menawarkan suku bunga perkenalan 0%. Untuk itu lebih baik melakukan riset terlebih dahulu. Perlu juga mengitung waktu yang dibutuhkan untuk membayar pinjaman dengan asumsi suku bunga perkenalan berlaku untuk periode tersebut. Umumnya, bank akan mengenakan suku bunga standar setelah 12 bulan pertama.

2. Pilih Waktu untuk Suku Bunga

Usai perkenalan periode berakhir, Anda akan membayar suku bunga normal yang hampir sama dengan suku bunga pada kartu kredit Anda. Untuk itu, bandingkan suku bunga standar kartu kredit baru Anda dengan kartu kredit yang telah dimiliki. Biasanya suku bunga perkenalan berlaku selama enam bulan. Untuk perpindahan saldo, maka pastikan Anda memilih penerbit kartu kredit yang menawarkan periode perkenalan paling lama. Sebab suku bunga rendah atau nol selama beberapa bulan saja dapat membawa perbedaan besar dalam jumlah tagihan total Anda. Maka, Anda dapat bebas tunggakan kartu kredit.

3. Biaya Transfer Saldo

Transfer saldo kartu kredit tidak dikenakan biaya alias gratis. Jadi, saat Anda melakukan transfer kartu kredit, perusahaan kartu kredit baru umumnya menerpatkan biaya dimuka yakni 2-4% dari jumlah yang akan ditransfer. Hati-hatilah dengan hal ini karena Anda bisa menghemat banyak dari suku bunga perkenalan yang rendah. Namun, di saat yang sama mengalami kerugian dari biaya transfer saldo. (Baca juga: 6 Situasi yang Mendorong Anda Wajib Punya Kartu Kredit)

4. Syarat yang Harus Dipenuhi

Hal ini penting, karena Anda harus pastikan untuk menanyakan kartu kredit Anda saat akan melakukan transfer saldo kartu kredit. Apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan suku bunga perkenalan, dan akhirnya benar-benar mendapatkannya. (*)

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.