Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Apa Obat Sakit Gigi yang Ampuh? Cek Rekomendasinya di Sini!

by Ayunindya Annistri on 16 Desember, 2019

Pernah tidak kamu mengalami sakit gigi yang membuatmu malas beraktivitas? Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Bahkan saking sakitnya tidak sedikit dari kita yang ingin segera berobat ke dokter agar langsung mendapatkan obat sakit gigi. Namun, apa jadinya bila rasa sakit itu datang di malam hari atau diluar dari waktu jam kerja dokter?

Sakit gigi memang biasanya dapat terasa sangat nyeri hingga membuat penderitanya tidak bisa mengonsumsi makanan atau bahkan beraktivitas.

Kamu bisa merasakan nyeri ringan hingga parah yang kadang muncul tidak menentu. Hal ini sebetulnya tidak hanya disebabkan oleh gigi berlubang saja.

Melainkan karena kondisi gusi bengkak, tumbuh gigi, tambalan gigi lepas atau rusak, dan masih banyak lagi. Tidak hanya nyeri saja, terkadang gejala sakit gigi datang bersamaan dengan kondisi yang enggak kalah menyakitkan bagi penderitanya.

Sehingga mereka tidak mampu membuka mulut lebar-lebar untuk sekedar mengunyah makanan yang manis karena area gigi yang mengalami pembengkakan berdekatan dengan rahang dan gusi.

(Baca juga: Perbedaan Biaya Membersihkan Karang Gigi di Dokter Gigi dan Puskesmas)
Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami

Sudah terbayang kan bagaimana rasanya sakit gigi? Pantas saja, bila sebagian orang mengucap guyonan ‘lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi’.

Ya, karena memang sakit gigi bisa menimbulkan berbagai gejala penyakit lainnya yang terkadang membuat penderitanya merana.

Tapi, asal tahu saja, untuk mendapatkan obat sakit gigi dari dokter, penderita biasanya dianjurkan untuk berkonsultasi kembali di lain waktu setelah rasa sakitnya berkurang.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab rasa sakit gigi yang begitu menyiksa terkadang membuat dokter tidak bisa melakukan pengobatan apapun guna menyembuhkan penderitanya.

Nah, bila saat ini kamu tengah mengalami rasa sakit gigi, berikut rekomendasi CekAja yang dikutip dari berbagai sumber terkait obat sakit gigi alami yang ampuh. Yuk, coba!

1. Berkumur air garam

Berkumur air garam - Apa Obat Sakit Gigi yang Ampuh Cek Rekomendasinya di Sini

Obat sakit gigi yang paling umum dan ampuh untuk meredakan rasa nyeri adalah air garam. Kamu bisa berkumur dengan air garam, dimana garam berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit gigi muncul.

Tak hanya itu saja, air garam juga dipercaya mampu mengurangi peradangan akibat infeksi yang terjadi di dalam mulut.

Untuk menjadikannya obat sakit gigi, kamu bisa melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air putih hangat.

Kemudian berkumur selama beberapa saat, fokuskan pada bagian yang terasa sakit. Buang air kumuran dan ulangi cara ini hingga rasa sakit perlahan-lahan berkurang.

Perlu diingat pula bahwa sebelum kumur-kumur dengan air garam, terlebih dulu bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang atau dental floss.

2. Kompres dengan batu es

Kompres dengan batu es - Apa Obat Sakit Gigi yang Ampuh Cek Rekomendasinya di Sini

Tidak hanya berkumur dengan air garam saja, kamu pun bisa menggunakan batu es sebagai obat sakit gigi. Caranya cukup gampang, pertama-tama masukkan 10 hingga lebih batu es dalam plastik dan lapisi dengan waslap.

Lalu kompres pada bagian gigi yang terasa sakit selama kurang lebih 15 menit. Selain itu, kamu juga bisa menaruhnya di bagian pipi yang bengkak.

Memijat area punggung tangan tepatnya diantara ibu jari dan telunjuk yang sama dengan bagian gigi yang terasa nyeri juga bisa membantu menghilangkan sakit gigi.

3. Ulek jahe dan cabe rawit

Ulek jahe dan cabe rawit - Apa Obat Sakit Gigi yang Ampuh Cek Rekomendasinya di Sini

Jahe dan cabe rawit merupakan perpaduan yang tepat untuk mengobati sakit gigi. Jahe memiliki antibiotik alami yang ampuh membunuh kuman di dalam mulut, sedangkan cabe rawit dikenal sebagai obat pereda nyeri alami.

Cara memadukan kedua bumbu dapur tersebut menjadi obat sakit gigi cukup gampang.

Pertama-tama, ulek jahe dan cabe rawit hingga halus dan tambahkan sedikit air hingga teksturnya berbentuk seperti pasta.

Kemudian, celupkan bola kapas ke dalam larutan jahe dan cabe rawit, lalu kompres sekitar 10 menit pada bagian gigi yang sakit. Ulangi cara ini hingga air larutan habis dan ingat jangan sampai terkena gusi.

4. Kunyah bawang merah dan putih

Kunyah bawang merah dan putih - Apa Obat Sakit Gigi yang Ampuh Cek Rekomendasinya di Sini

Obat sakit gigi lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah bawang merah dan bawang putih.

Rempah-rempah ini memang sudah dikenal sejak dulu sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beragam penyakit, tak terkecuali sakit gigi.

Kandungan anti-mikrobial pada bawang merah mampu mengurangi rasa sakit, khususnya pada gigi berlubang. Sedangkan bawang putih dikenal sebagai antiseptik alami untuk mematikan bakteri dalam mulut.

Agar khasiatnya bekerja efektif sebagai obat sakit gigi, baik bawang merah ataupun putih bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung kemudian kumur-kumur menggunakan segelas air putih hangat.

Jangan lupa pula mengonsumsi susu murni untuk menghilangkan aroma tak sedap dari bawang yang dimakan.

5. Gunakan minyak cengkeh

Gunakan minyak cengkeh - Apa Obat Sakit Gigi yang Ampuh Cek Rekomendasinya di Sini

Bila mengonsumsi bawang tak kunjung membuat rasa sakit pada gigi membaik, sebaiknya coba gunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi.

Kandungan senyawa eugenol pada obat herbal yang satu ini dianggap mampu mematikan saraf, sehingga kamu akan merasa kebas sementara pada bagian gigi yang bermasalah.

Namun berhati-hatilah dalam penggunaan minyak cengkeh. Pasalnya, bila dikonsumsi secara langsung dan terkena bagian sensitif seperti lidah atau gusi justru menyebabkan rasa sakit semakin parah.

Sebaiknya, gunakan kapas yang sudah berbentuk bola dan teteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas tersebut. Lalu kompres pada bagian gigi yang bermasalah hingga rasa sakit mereda.

Jika sudah, berkumurlah dengan air hangat untuk mengangkat sisa-sisa cengkeh yang biasanya menempel pada bagian tertentu di mulut.

Selain minyak cengkeh, kamu juga bisa menggunakan cengkeh utuh ataupun bubuk sebagai obat sakit gigi.

Cegah Sakit Gigi dengan Cara Ini

Mencegah memang lebih baik. Daripada harus terus-menerus mengonsumsi obat sakit gigi, mendingan dari sekarang terapkan deh kebiasaan menjaga gigi agar tetap sehat.

Karena selain tak lagi merasakan nyeri, gigi yang sehat pun bisa menjadi aset untuk kehidupan mu jangka panjang. Bingung dari mana harus memulainya?

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sakit gigi datang kembali.

  • Rutin sikat gigi

Sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menerapkan kebiasaan sehat untuk tubuh, salah satunya adalah dengan rutin sikat gigi dua kali sehari, di pagi hari setidaknya 30 menit setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Jangan pernah langsung menyikat gigi saat kamu baru saja mengonsumsi makanan atau minuman yang asam. Karena hal ini justru dapat merusak lapisan dentin dan enamel gigi.

(Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Paling Ampuh dan Efektif)
  • Jangan malas periksa gigi ke dokter

Sakit gigi bisa datang kapan saja walau mungkin kamu rutin menyikat gigi. Oleh karena itu, guna mencegah sakit gigi, kamu juga dianjurkan untuk rutin periksa gigi ke dokter setidaknya 6 bulan sekali.

Jadi, daripada harus terus menerus mengonsumsi obat sakit gigi, tidak ada salahnya kan untuk rutin berkonsultasi ke dokter?

  • Flossing gigi

Cara lainnya untuk mencegah sakit gigi muncul kembali adalah flossing gigi. Cara ini dikenal lebih aman dan efektif untuk membersihkan gigi ketimbang menggunakan tusuk gigi.

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang atau dental floss guna mencegah gigi berlubang, bau mulut, dan terbentuknya tartar.

Nah, sudah tahukan apa saja obat sakit gigi alami yang ampuh serta cara mencegah timbulnya kembali sakit gigi?

Ingat, jangan tunggu hingga gigi mengalami berbagai permasalahan serius baru kamu mencari solusinya. Lebih baik deteksi sedini mungkin dan imbangi dengan perawatan yang maksimal.

Selain itu, gunakan pula asuransi kesehatan sebagai perlindungan diri bila sewaktu-waktu mengalami sakit gigi atau bahkan penyakit lainnya yang membutuhkan pengobatan serius

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau