Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Apa Saja Istilah-Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Itu?

by Satrya Agung on 11 April, 2016

kredit mobil - CekAja.com

Mau tahu apa saja istilah yang selalu digunakan dalam simulasi kredit mobil? Atau selama ini kamu akrab dengan istilah tersebut tapi tidak tahu arti yang sebenarnya?

Kali kita akan membahas istilah apa saja yang digunakan dalam simulasi tersebut agar tidak terjadi lagi gagal paham. Yuk disimak. Baik untuk mobil baru atau bekas, kamu akan menemukan istilah-istilah berikut ini:

Harga OTR (On The Road)

Jika kamu menemukan istilah ini maka yang dimaksud adalah harga mobil yang hendak kamu beli sudah termasuk pajak mobil tersebut baik untuk STNK maupun BPKB. Dengan mengetahui harga OTR ini kamu tidak perlu lagi bingung memikirkan untuk pengurusan surat-suratnya. Karena semua akan diurus oleh dealer.

Harga Off The Road

Dari istilahnya saja kita bisa menebak bahwa Harga Off The Road adalah kebalikan dari Harga OTR. Yang mana harga mobil yang dibayarkan belum termasuk biaya pembuatan STNK dan BPKB atau dengan kata lain harga Off The Road murni harga untuk kendaraannya saja. Sehingga kamu harus mengurus sendiri pembuatan surat-surat tersebut.

Tenor atau jangka waktu pinjaman

Tenor atau jangka waktu pinjaman yang ditentukan dengan satuan bulan atau tahun. Seperti tenor 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan dan seterusnya. Ada perbedaan tenor yang diberikan untuk pembelian mobil baru dengan mobil bekas. Yang mana tenor mobil bekas lebih pendek ketimbang mobil baru.

DP atau down payment atau uang muka

Dalam simulasi kredit mobil kamu akan diminta memasukkan berapa besar DP yang akan diberikan. DP ini adalah sebagai tanda jadi dalam pembelian. Besarnya DP dalam kredit mobil berkisar 25% hingga 30%. Tentu semakin besar DP maka cicilan perbulan akan semakin kecil, atau, tenornya bisa lebih pendek.

Plafon kredit

Plafon kredit adalah jumlang hutang yang harus dibayarkan debitur. Cara menghitungnya, harga beli kendaraaan dikurangai DP. Bunga utang dihitung dari plafon kredit, bukan dari harga jual.

Polis dan premi asuransi

Maksud dari istilah ini adalah kontrak atau bisa juga perjanjian terkait dengan perlindungan kendaraan. Perjanjian ini antara pembeli dengan perusahaan asuransi. Saat menyetujui asuransi tersebut, kamu diharuskan membayar uang administrasi yang mana hanya sekali saja pada saat registrasi. Selanjutnya kamu hanya membayar preminya saja tiap tahunnya. Ada 2 jenis asuransi kendaraan, yakni Total Loss Only dan All Risk Comprehensive.

All Risk Comprehensive

Ini adalah jenis asuransi yang mana kendaraan kamu akan dilindungi dari segala jenis kerusakan (atau yang tertulis di dalam polis). Besar premi untuk asuransi jenis ini berkisar dari 1.5% hingga 3% dari harga OTR mobil kamu.

Total Loss Only

Jenis asuransi kendaraan ini akan menjamin kerugian yang terjadi akibat kerusakan berat atau kehilangan. Kerusakan berat di sini jika di atas 70%. Preminya lebih murah dari All Risk, atau lebih kurang 1%.

Biaya jaminan fidusia

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, fidusia adalah pendelegasian wewenang pengolahan uang dari pemilik uang kepada pihak yang didelegasi. Biaya jaminan fidusia ini adalah biaya untuk mengurus perjanjian utang piutang yang menyatakan kendaraan baik mobil atau motor yang sedang diajukan kreditnya ini adalah milik debitur secara sah. Walau pada kenyataannya BPKB kendaraan tersebut dijadikan jaminan.

Biaya administrasi

Terakhir istilah dalam simulasi kredit mobil adalah biaya administrasi. Biaya ini dibebankan pada pembeli untuk keperluan pengurusan kredit mobil dan hanya dibayarkan satu kali saja.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami