Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Apa Sih Kelebihan dan Manfaat Kredit Tanpa Agunan?

by Miftahul Khoer on 1 Maret, 2019

Produk pinjaman saat ini semakin mudah diakses oleh masyarakat yang membutuhkan. Banyak pilihan produk pinjaman yang dicari terutama Kredit Tanpa Agunan (KTA) karena tidak membebankan jaminan kepada debitur alias si peminjam.

karier untuk ibu rumah tangga _ kartu kredit - CekAja.com

KTA menjadi salah satu produk paling diburu karena dianggap mempermudah akses pinjaman kepada masyarakat secara luas. Lalu apa saja manfaat dan kelebihan produk KTA yang bisa dinikmati masyarakat tersebut?

Kelebihan KTA

  • Gak ribet

Jika dibandingkan dengan produk kredit lain, KTA menawarkan persyaratan yang tak terlalu ribet. Kamu tak perlu menjaminkan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah kepada kreditur seperti bank atau lembaga pembiayaan. Karena yang namanya pinjaman tanpa jaminan, tentu saja kamu sebagai kreditur hanya menyerahkan persyaratan pokoknya saja. Persyaratan itu biasanya adalah KTP, NPWP, slip gaji, rekening buku tabungan hingga kartu kredit.

  • Pencairan relatif cepat

Tak perlu menunggu waktu lama hingga berminggu-minggu untuk pencairan KTA yang kamu ajukan. Kamu hanya butuh maksimal dalam hitungan hari untuk mendapatkan pencairan KTA. Hanya saja yang harus dipastikan adalah kelengkapan persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan agar proses pengajuan hingga pencairan bisa dilakukan secepatnya.

  • Tenor lumayan panjang

Menggunakan akses pinjaman KTA tak perlu khawatir dikejar-kejar tenor singkat. Saat ini beberapa lembaga pembiayaan telah menetapkan tenor atau waktu pengembalian pinjaman kamu mulai dari satu hingga lima tahun. Jadi kamu tinggal pilih dan sesuaikan tenor yang cocok sesuai kemampuan kamu.

Namun perlu diketahui juga, semakin tenor panjang, semakin ringan biaya angsuran. Meskipun bunga yang dibebankan juga semakin besar. Sebaliknya, semakin tenor pendek bunganya pun relatif kecil dan mempercepat pelunasan tentunya.

Perlu diketahui, plafon pinjaman untuk KTA juga lumayan besar hingga mencapai ratusan juta. Artinya, kalau kamu sedang membutuhkan dana secara cepat tanpa agunan, kamu bisa gunakan produk KTA. Namun ingat ya, ajukan kredit sesuai kemampuan saja agar tidak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

(Baca juga: Butuh Pinjaman Usaha? Cek Kelayakan Kredit Anda!)

Manfaat KTA

Setiap kredit yang diajukan memang seharusnya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan produktif agar pinjaman yang kamu ajukan tak sia-sia. Penggunaan KTA bisa diperuntukan untuk beberapa hal sebagai berikut.

  • Modal usaha

Sangat tepat kalau kamu mengajukan KTA untuk membangun sebuah usaha. Dana tersebut bisa digunakan untuk melipatgandakan uang agar memperoleh keuntungan lewat usaha yang kamu jalankan. Sebagian labanya juga bisa kamu gunakan untuk membayar angsuran.

Hanya saja yang menjadi catatan, kamu perlu menerapkan kedisiplinan kamu saat membayar cicilan pinjaman tersebut agar pihak kreditur terus menjadikan kamu sebagai mitra. Jika kreditur sudah percaya kepadamu, maka untuk ke depannya kreditur tetap akan memberikan akses yang mudah untuk memberikan kredit lain kepadamu.

  • Dana pendidikan

Biaya pendidikan yang tinggi mungkin menjadi alasan kamu mengajukan KTA kepada kreditur. Ya, tak ada salahnya kalau kamu mengajukan KTA untuk keperluan yang satu ini. Karena kita tahu pendidikan adalah salah satu hal yang terpenting dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Dana darurat

Penggunaan dana KTA juga bermanfaat untuk hal-hal darurat. Misalnya, untuk perbaikan atau renovasi rumah, biaya pernikahan atau khitanan anak, atau untuk hal-hal yang tidak terduga seperti bencana, kecelakaan atau yang darurat lainnya. Meskipun, untuk hal ini kita seharusnya perlu memiliki produk asuransi untuk jaga-jaga agar tidak mengganggu keuangan kita. Dan, alangkah lebih baik jika kita mampu mengumpulkan dana darurat sendiri sehingga tak harus mengandalkan KTA. 

(Baca juga: Butuh Pinjaman Cepat Tanpa Jaminan? Cek di Sini!)

Produk KTA pilihan

Dari sekian banyak produk KTA yang ditawarkan oleh banyak lembaga keuangan, inilah dua pilihan produk KTA yang bisa kamu pertimbangkan.

  • KTA Bank Permata

Dari beberapa produk kredit yang dikeluarkan Bank Permata, ada satu produk yang cocok untuk kamu yang ingin mengajukan KTA, namanya adalah Permata KTA. Beberapa keuntungan mengajukan produk ini antara lain:

– Bunga rendah dan kompetitif
– Proses mudah dan cepat
– Cicilan tetap
– Pencairan dana PermataKTA akan ditransfer langsung ke rekening Anda di berbagai bank di seluruh Indonesia
– Pengajuan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
– Tidak memerlukan kartu kredit

Proses Pengajuan

– Calon nasabah memilih produk PermataKTA di situs CekAja.com
– Selanjutnya calon nasabah akan diarahkan ke Online Form di situs PermataBank.com
– Calon nasabah mengisi lengkap Online Form yang tersedia hingga selesai.
– Selanjutnya calon nasabah akan dihubungi oleh petugas PermataBank untuk proses lebih lanjut.

Kriteria Umum

– Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali
– Usia 21 – 60 tahun penghasilan minimum Rp3 juta
– Untuk karyawan, lama bekerja minimal 1 tahun
– Untuk pengusaha/profesional, lama usaha minimal 3 tahun
– Kelengkapan dokumen saat pengajuan setelah dihubungi oleh petugas PermataBank:

– Aplikasi lengkap
– Fotokopi KTP
– Fotokopi NPWP
– Kartu kredit (jika memiliki)

(Baca juga: Ini Hal yang Bisa Buat Skor Kredit Anda Bagus untuk Pinjam Dana)
  • KTA CTBC Dana Cinta

Produk KTA dari Bank CTBC Indonesia ini membantu kamu mendapatkan dana untuk berbagai keperluan. Tingkat suku bunga yang dipatok cukup rendah mulai dari 1,69 persen hingga 1,99 persen dengan tenor 12 hingga 60 bulan. Di sini kamu bisa ajukan pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp200 juta. Adapun persyaratannya sebagai berikut.

– Usia debitur 21-55 tahun
– Minimal pendapatan pertahun Rp60.000
– Minimal pendapatan per bulan Rp3 juta

Dokumen yang diperlukan untuk debitur karyawan, profesional, dan wiraswasta antara lain:

– KTP
– Slip gaji terakhir (karyawan)
– SPT/rekening tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir dan cover buku tabungan (profesional dan wiraswasta)
– SIUP/TDP/surat ijin praktek (profesional, wiraswasta)
– Company Establisment Deed/for PT only (wiraswasta)
– NPWP pribadi (pinjaman di atas Rp50 juta)
– Kartu kredit (karyawan, profesional)

Contoh Simulasi KTA 

Kalau kamu mengajukan KTA melalui CekAja dengan besaran mencapai Rp50 juta dengan tenor 24 bulan, maka kamu akan mendapat pilihan dua kreditur yakni KTA Bank Permata dan KTA CTBC Dana Cinta.

Untuk KTA Bank Permata dengan pinjaman Rp50 juta, maka kredit akan diproses dalam waktu 1-5 hari kerja. Adapun angsurannya mencapai Rp2,9 juta per bulan dengan tingkat suku bunga per tahun mencapai 1,69 persen.

Sedangkan kalau kamu memilih KTA CTBC Dana Cinta, maka angsuran per bulannya mencapai Rp2,9 juta hingga Rp3 juta dengan suku bunga 1,69 hingga 1,89 persen per tahun. Proses pencairan mulai dari 1 hingga 5 hari. Nah, kamu pilih produk KTA mana?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.