Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Apa Sih Keunggulan Perumahan KPR Syariah?

by Satrya Agung on 7 Juni, 2016

jual rumah_KPR - CekAja.com

Saat ini semakin banyak lembaga keuangan yang menawarkan beberapa pilihan kepada masyarakat terkait kredit pemilikan rumah (KPR).

Maraknya tawaran kpr dari bank konvensional membuat sebagian besar masyarakat langsung tergiur memilihnya. Kita juga perlu mengenal adanya kpr syariah. Perkembangannya memang masih jauh namun produk yang mereka miliki patut dipertimbangkan karena memiliki beberapa keunggulan. Sebelumnya perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan nyata antara kpr bank syariah dan konvensional.

Kpr dari bank konvensional pada umumnya menggunakan bunga yang bersifat fluktuatif atau menyesuaikan dengan kondisi bunga yang berlaku. Berbeda halnya dengan kpr bank syariah yang suku bunganya tetap sejak awal kesepakatan pada akad.

Dari keterangan tersebut sudah terlihat jelas perbedaan dari keduanya. Untuk meningkatkan informasi terkait pembelian perumahan kpr syariah, berikut penjelasan mengenai beberapa keunggulannya.

(Baca juga: 4 Jenis Perumahan KPR Pilihan dari BTN)

Pelunasan lebih awal tidak dikenakan penalti

Dalam sistem kpr bank syariah, tidak ada istilah dikenakan penalti jika ingin melakukan pelunasan lebih awal. Bagi nasabah yang mungkin sedang memiliki rejeki lebih dan ingin segera melunasi hutangnya, bisa langsung dilakukan tanpa perlu khawatir adanya penalti yang umumnya terjadi pada bank konvensional.

Pilihan jenis akad yang berbeda-beda

Jika pada bank konvensional hanya memiliki satu akad kredit dengan perhitungan bunga yang sudah ditentukan diawal tetapi masih bisa berubah sewaktu-waktu, lain halnya dengan bank syariah yang memiliki beberapa akad pilihan yang bisa digunakan. Akad jual-beli atau sewa beli yang tentunya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Keterlambatan tidak dikenakan denda

Keuangan seseorang memang tidak bisa diprediksi. Jika kamu memilih perumahan kpr syariah, kamu tidak perlu khawatir adanya denda saat terlambat membayar angsuran. Sistem syariah tidak memberlakukan adanya denda atau biaya tambahan pun saat nasabah sedang kesulitan keuangan.

Bersikap transparan

Pada saat awal melakukan kredit, pihak bank akan bersikap transparan dengan memberitahukan margin yang nantinya dikenakan ke nasabah. Dengan adanya keterbukaan antara pihak bank dan nasabah tentu akan semakin meningkatkan kepercayaan dan hubungan yang baik dengan satu sama lain. Sikap seperti itu sangat pentin demi kelangsungan kerja sama yang aman dan lancar.

Angsuran tetap

Pada sistem kpr syariah, angsuran yang dibayarkan setiap bulannya oleh nasabah bersifat tetap dan tidak mengikuti suku bunga yang fluktuatif. Hal ini dikarenakan kpr syariah tidak memberlakukan sistem bunga, sehingga naik turunnya suku bunga pun tidak akan mempengaruhi biaya angsuran.

Menawarkan kepastian

Tidak adanya kenaikan biaya angsuran setiap bulannya, membuat keuangan nasabah tidak akan terganggu apabila nilai kpr semakin tinggi. Hal itu menciptakan rasa aman dan pasti dalam mengatur keuangan rumah tangga. Biaya tidak terduga dari kredit yang dimiliki tentu menjadi suatu hal yang sangat dihindari oleh masyarakat.

Melihat semua keunggulan yang diterima jika membeli perumahan kpr syariah setidaknya dapat membuat masyarakat mempertimbangkan untuk menggunakannya. Meskipun tawaran suku bunga menarik selalu disampaikan oleh bank konvensional, namun baiknya kita juga perlu memperhitungkan kondisi keuangan yang dimiliki.

Dengan menggunakan sistem syariah, tidak perlu khawatir adanya peningkatan suku bunga sewaktu-waktu, keuangan akan tetap memiliki kepastian dan tentunya tidak terganggu. Tapi kembali lagi pilihan tersebut ada di tangan masyarakat mau memilih sistem seperti apa. Apapun yang digunakan, harus dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. Semoga penjelasan berikut dapat memberikan informasi tambahan terkait kredit pemilikan rumah.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami