Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Apa Sih Kredit Tunai Itu?

by Satrya Agung on 16 Maret, 2016

fakta uang_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Kali ini kita tidak hanya membahas kredit tunai saja, tapi berbagai macam kredit yang ada dalam istilah perbankan. Namun sebelum lebih jauh baiknya kita pahami dulu tentang apa itu kredit.

Secara bahasa Kredit adalah sebuah penjualan barang yang mana pembayarannya tidak dengan tunai atau pembayaran yang ditangguhkan atau dengan pemahaman sederhana pembayaran dilakukan dengan menyicil.

Selain itu kredit juga bisa diartikan sebagai pinjaman uang yang mana pengembaliannya dilakukan dengan menyicil. Sebenarnya masih ada pengertian lainnya dan untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kehadiran sistem kredit sangat membantu dalam meringankan beban finansial. Transaksi jenis ini bisa dilakukan baik antara individu dengan individu, maupun individu dengan lembaga keuangan, seperti bank dan lembaga keuangan lainnya. Salah satu contoh transaksi kredit adalah saat kamu membeli sebuah barang dan harganya diluar jangkauan finansial kamu, maka alternatif pembeliannya dengan cara kredit.

Pihak leasing (salah satu contoh lembaga keuangan) akan membayar tunai barang yang mau kamu beli tersebut, selanjutnya kamu akan menyicil pembayarannya pada pihak leasing tersebut. Sebelum kredit kamu selesai maka surat kepemilikan barang tersebut akan dipegang pihak leasing sebagai jaminannya dan akan diserahkan jika kamu sudah lunas membayar. Pihak leasing akan mendapatkan bunga sebagai profit mereka.

Lalu bagaimana dengan istilah kredit tunai?

Istilah di atas terdapat pada jenis kredit yang ditinjau dari cara penguangannya. Kredit tunai adalah setelah terjadi kesepakatan dalam perjanjian pinjaman uang maka uang akan diterima oleh debitur (yang berhutang) bisa berupa cash atau dibayarkan langsung atau bisa dengan cara transfer. Contohnya adalah kalau kamu mengajukan pinjaman KTA, setelah aplikasi kamu disetujui maka pihak bank akan mentransferkan uangnya ke rekeningmu. Anda butuh pinjaman dana tunai? Sebelumnya wajib tahu apa itu dana tunai cepat. Ini merupakan dana tunai kartu kredit bni, di mana kredit tunai, pinjaman dana tunai jaminan ijazah, adalah hal yang biasa dilakukan.

Jenis kedua adalah kredit bukan tunai, dimana uang tidak akan diberikan secara langsung setelah terdapat kesepakatan, tetapi dibutuhkan tenaga dan waktu tertentu yang disepakati dalam perjanjian. Salah satu contoh yang termasuk jenis kredit ini adalah Bank Garansi.

Bank Garansi sendiri adalah kesediaan tertulis dari pihak bank untuk membayar pada seseorang atau pihak lain yang ditunjuk atas beban kredit pemohon jaminan bank. Pihak bank baru akan memberikan kredit jika semua pihak telah memenuhi semua persyaratan. Transaksi ini membutuhkan setidaknya 3 pihak, yakni pihak yang meminta jaminan bank, pihak yang menerima atau menikmati jaminan, dan pihak bank sebagai penjamin.

CekAja Sebagai Solusi Kredit Tunai

Dalam prakteknya yang sering kita temui adalah jenis kredit yang pertama, atau yang tunai. Seperti pinjaman tanpa agunan atau KTA, atau pinjaman dengan jaminan, dan beberapa pinjaman lain. Atau contoh yang paling gampang adalah kalau kamu pinjam uang teman kamu maka pinjaman tersebut bisa dibilang kredit tunai. Karena kamu mendapatkan langsung uang yang dipinjam oleh teman kamu itu. Dan jika kamu butuh pinjaman baik yang dengan jaminan atau tanpa jaminan kamu bisa mengunjungi website CekAja.com untuk pembandingan dan pengajuannya. Gampang dan cepat lho prosesnya. Selain pinjaman kamu juga bisa mengajukan permohonan untuk pembuatan kartu kredit. Tidak hanya sampai di situ, CekAja.com juga melayani untuk produk asuransi, dan investasi. Terkadang, pinjaman dana tunai tanpa jaminan, adalah pinjaman tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Masalahnya, pinjaman tunai tanpa jaminan langsung cair, apakah masuk kategori pinjaman uang tunai pribadi?

Bagaimana? Apa kamu sudah paham sekarang beda kredit tunai dengan yang non tunai?! Semoga artikel ini bermanfaat ya. Untuk artikel lainnya bisa kamu cari di sini. Jangan lupa komen ya.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami