Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Aplikasi Android yang Bisa Bikin Kaya

by Arfan Wiraguna on 11 Juli, 2015

Kemajuan teknologi telah mengubah tren dan gaya hidup masyarakat saat ini. Salah satunya, tren dan gaya hidup masyarakat didalam melakukan kegiatan jual beli. Dengan adanya kemudahan bertransaksi secara online, kegiatan jual beli dan atur duit dapat dilakukan secara instan, sekaligus fleksibel.

Namun, revolusi digital ini ini bukan tanpa efek samping. Kemudahan dalam transaksi belanja online ini bisa bikin kantong jebol jika tidak diikuti dengan perencanaan keuangan yang seimbang antara pemasukan dan pengeluaran. 

Untuk mengantisipasinya, kita bisa mulai berinvestasi dan mengelola keuangan dengan cermat. Anda tak perlu ambil kalkulator dan kaleng celengan, karena sekarang sudah ada aplikasi Android yang dapat membantu kita untuk berinvestasi dan mengelola keuangan dengan cara yang lebih mudah dan praktis, langsung melalui smartphone atau tablet.

Aplikasi Pengelola Keuangan

Seperti asisten pribadi, aplikasi pengelola keuangan dapat membantu Anda mengelola berbagai catatan keuangan. Beberapa aplikasi yang tersedia saat ini memiliki jenis yang berbeda. Ada yang mudah digunakan, ada juga yang sulit. Namun, beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa dipilih seperti Mint, ExpenseManager, PencatatKeuangan, atau Uang Ku..

(Baca juga: Aplikasi Android Terbaik untuk Mengelola Keuangan)

Aplikasi-aplikasi tersebut ini dapat memberitahu kondisi keuangan kita pada saat ini, apakah dalam kondisi baik atau buruk. Dengan begitu, kita bisa lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Misalnya saja PencatatKeuangan, aplikasi lokal ini berfungsi sebagai tempat pencatatan keuangan secara manual. Namun dengan fitur-fitur tambahan yang berlimpah. Sebagai contoh, halaman awal aplikasi ini menampilkan rangkuman pemasukan dan pengeluaran kita. Tapi, terdapat pula menu untuk mengakses fitur yang lainnya, seperti Pencatatan Transfer, Riwayat Transaksi, Pencatatan utang dan Pencatatan Piutang.

Atau bisa mencoba Uang Ku, yaitu aplikasi yang mengategorikan pengeluaran kita kedalam beberapa kategori yang sudah tersedia sebelumnya. Sebagai contoh, pada kategori voucher, di dalamnya disediakan pilihan dari berbagai operator seluler di Indonesia. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot lagi membuat sendiri keterangannya di bagian pengeluaran. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pie chart yang ditampilkan langsung pada layar utama aplikasi yang dapat memberitahukan kondisi keuangan kita. Jika area berwarna hijau sudah tertutupi oleh warna merah, artinya Anda sudah harus berhenti berbelanja. (Baca : Dapat Uang dari Aplikasi Android )

Aplikasi Perbandingan dan Informasi Keuangan

Dalam pengelolaan keuangan, Anda butuh strategi, tips, dan informasi terbaru berbagai produk keuangan yang tersedia di pasar. Satu aplikasi yang bisa membantu Anda dalam hal ini adalah aplikasi Android CekAja. Aplikasi ini bisa membantu kita menghemat waktu dan uang. Sebagai portal nomor wahid untuk layanan informasi dan perbandingan yang netral dan transparan berbagai produk finansial di Indonesia, aplikasi CekAja dapat membantu kita membuat segala keputusan finansial dilakukan dengan cerdas. 

Melalui aplikasi ini, kita bisa mendapatkan berbagai artikel dan jenis kalkulator yang dapat membantu kita mengalkulasi pemasukan dan pengeluaran karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk melakukan perbandingan dan pembelian berbagai produk finansial yang dapat meningkatkan penghasilan dan menghemat pengeluaran. 

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi dan tips dari pakar finansial, baik itu tentang produk finansial terbaru, melakukan simulasi kredit, dan edukasi perbankan dan asuransi melalui aplikasi ini. Bahkan, kita dapat mengajukan langsung berbagai produk finansial seperti KPR, Kartu Kredit, KTA, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kendaraan. Ada juga nomor call center CekAja untuk Anda melakukan konsultasi finansial gratis! 

(Baca juga: 5 Langkah Sederhana Menghemat Uang)

Aplikasi Pengelola Investasi

Tidak sedikit orang yang ingin belajar perdagangan pasar saham dan forex. Tidak sedikit juga yang saat mencobanya tidak mau kehilangan banyak uang dalam proses pembelajaran. Karena itu, saat ini banyak aplikasi-aplikas belajar saham yang tersedia dan bisa diunduh dan diakses melalui ponsel pintar Anda. Beberapa aplikasi yang bisa diunduh dalam proses pembelajaran saham ini seperti Stock Trainer, Stock Market Simulator, dan lainnya.

(Baca juga: Apa Itu Reksadana Saham, Reksadana Campuran, dan Saham?)

Bila Anda sudah familiar dengan investasi saham atau sudah terjun berinvestasi, Anda butuh aplikasi  aplikasi mobile yang menyediakan layanan informasi real-time pergerakan harga saham. Beberapa nama bisa dipilih, seperti IDXMobile atau IDX Watch. IDXMobile by Solarnet adalah aplikasi yang menyediakan layanan informasi real-time pergerakan harga saham (running trade, order book, stock watch/quotes) dan pergerakan index (composite index dan sectoral index) yang terkoneksi langsung dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Aplikasi ini dibuat oleh PT Solusindo Antar Network (SOLARNET).

Sedangkan, IDX Watch adalah aplikasi yang baru saja diluncurkan oleh NgaturDuit.com. Aplikasi ini menyediakan data dan informasi saham beserta analisisnya–baik secara fundamental maupun teknikal–untuk membantu kita sebagai investor didalam menentukan harga wajar suatu saham. Dengan begitu, kita bisa melihat kapan memomentum yang bagus untuk bertransaksi. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki forum diskusi dan fitur simulasi saham. 

Dengan memiliki berbagai aplikasi di atas pada ponsel, maka kita bisa mengambil keputusan yang terkait dengan kondisi finansial saat ini secara lebih mudah, namun tetap berdasarkan pertimbangan yang cermat dan matang. Walhasil, kita dapat berinvestasi dan mengelola keuangan secara tepat, efektif dan efisien.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami