Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

by Kyla Damasha on 20 Februari, 2020

Saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi edit foto instagram semakin populer dari waktu ke waktu. Bagaimana tidak? Media sosial instagram itu sendiri sudah mulai menjadi salah satu media sosial yang memiliki begitu banyak pengguna, bahkan bisa dikatakan hampir menyaingi facebook yang notabene sebagai pelopor dari penggunaan media sosial di kalangan masyarakat.

aplikasi edit foto instagram

Fungsi utama instagram yang membebaskan setiap penggunanya untuk memposting foto maupun video membuat jenis instagram satu ini layak untuk dijadikan sebagai wadah dokumentasi digital. Tak hanya itu, seiring dengan berjalannya waktu instagram bahkan sudah mulai beralih fungsi sebagai sumber penghasilan hingga sarana dalam menunjukan eksistensi diri.

Nah, dikarenakan banyaknya hal-hal yang bisa dilakukan melalui instagram, maka tak jarang banyak orang mencari dan mengunduh aplikasi edit foto instagram agar bisa mempercantik tampilan feed akun instagramnya. Ditambah lagi bahwa kemungkinan bahwa seseorang bisa dikenal publik karena jenis media sosial satu ini membuat kualitas tampilan foto menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi setiap pengguna.

Hanya saja, aplikasi edit foto instagram yang tersedia begitu banyak mungkin membuat orang menjadi bingung untuk memilih kira-kira aplikasi seperti apa yang bagus dan sering digunakan oleh para selebgram atau sebutan untuk orang-orang yang terkenal karena instagram.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa aplikasi foto edit instagram yang bisa mempercantik tampilan feed-mu. Apa sajakah itu?

(Baca Juga: 8 Aplikasi Ramalan Cuaca Terbaik Android dan iOS)
Aplikasi Edit Foto Instagram
1. Snapseed

Snapseed - Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto instagram yang diproduksi oleh Nik Software namun saat ini sudah dimiliki oleh Google. Terdapat begitu banyak fitur-fitur edit foto yang bisa membuat tampilan fotomu menjadi lebih menarik, seperti kuas yang dapat mengatur eksposur, saturasi, temperatur warna, alat yang dapat membantu dalam menghilangkan noda atau objek yang tidak diinginkan, serta begitu banyak filter-filter yang bisa menjadi pelengkap keindahan foto.

Tidak hanya itu, Snapseed juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengedit foto secara spesifik, seperti jika ingin mempertajam detail pada foto gedung atau objek tertentu. Kamu juga bisa mengatur ukuran foto dan menambahkan bingkai atau frame melalui aplikasi edit foto instagram satu ini.

2. VSCO

VSCO - Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

Untuk para selebgram atau publik figure, aplikasi edit foto instagram satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi. Sebenarnya VSCO itu sendiri bukan hanya sekadar aplikasi edit foto saja, melainkan juga dapat digunakan sebagai media jejaring sosial.

Aplikasi satu ini memungkinkanmu untuk mengambil foto tanpa harus keluar dari aplikasi yang membuat penggunaannya itu sendiri menjadi lebih sederhana dan mudah. Hanya saja, dikarenakan tampilannya yang cenderung minimalis, fitur edit fotonya pun tergolong terbatas. Selain itu, ada beberapa fitur dan filter foto yang baru bisa digunakan apabila kamu membayar atau menjadi membership.

Namun meski begitu, beberapa fitur gratis yang dimilikinya pun tak kalah bisa membuat tampilan foto menjadi lebih cantik dan keren, sehingga wajib untuk kamu coba.

3. Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom - Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

Berbicara tentang aplikasi edit foto instagram maka tidak boleh kelewatan dengan Adobe Photoshop Lightroom. Adobe Photoshop Lightroom itu sendiri merupakan versi ringan dari Adobe Photoshop yang sering kamu jumpai melalui Pc.

Banyak yang beranggapan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto instagram terbaik karena mampu mentransformasi foto standar telepon genggam menjadi sebuah karya fotografi yang memukau.

Banyak sekali fitur-fitur pelengkap yang membuat aplikasi ini memiliki kemampuan dalam merubah setiap detil pada foto, sebagai contohnya yaitu built in camera yang memberikan kontrol penuh pada pengguna seperti shutter speed, white balance, dan ISO.

Selain itu, terdapat pula fitur berbayar Creative Cloud Photography Plan yang merupakan layanan bulanan jika kamu ingin mensinkronkan hasil-hasil foto yang telah diedit ke berbagai device tanpa perlu memindahkan foto secara manual.

4. Afterlight

Afterlight - Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

Selanjutnya ada Afterlight yang juga masuk ke dalam rekomendasi aplikasi edit foto instagram terbaik yang patut kamu coba. Selain fitur edit foto pada umumnya seperti pengaturan saturasi, kontras, dan RBG, Afterlight juga memiliki segudang filter foto yang membuat karyamu menjadi lebih memukau.

Patut diakui bahwa filter foto Afterlight memang cenderung lebih memiliki nilai estetika dibandingkan aplikasi edit foto instagram lainnya. Selain itu, setiap pengguna juga bisa menambahkan bingkai atau frame sebagai pelengkap foto. Kamu bahkan juga bisa mengeksplor foto ke resolusi yang lebih tinggi lho.

5. Facetune

Facetune - Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

Selanjutnya ada aplikasi Facetune. Sesuai dengan namanya, aplikasi edit foto instagram satu ini untuk kamu yang senang berfoto selfie. Kamu bisa menemukan berbagai fitur yang membuat foto selfie-mu menjadi lebih menarik dan terlihat cantik, seperti memperhalus kulit, memperbesar mata, merubah bentuk wajah, hingga memutihkan gigi.

(Baca Juga: Langkah-langkah Memperoleh Hasil Foto Memukau dengan Smartphone)

Selain itu, banyak pula orang yang menggunakan aplikasi ini karena dianggap mampu menyamarkan noda dan jerawat pada wajah yang terkadang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Tidak hanya itu, aplikasi Facetune bahkan juga dilengkapi dengan fitur penambahan make up pada wajah meskipun aslinya kamu sedang tidak menggunakan make up sama sekali, seperti eye shadow, lipstick, blush on, dan masih banyak lagi.

6. Prisma

Prisma - Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik untuk Mempercantik Feed

Aplikasi edit foto instagram terakhir yang masuk ke dalam rekomendasi adalah Prisma yang terbilang cukup baru namun tak kalah populernya dibandingkan aplikasi lainya yang sudah kita sebutkan.

Dengan penggunaannya yang sederhana dan mudah, Prisma juga memiliki filter foto yang bagus, salah satunya yaitu filter ‘Modern Art Filters’ yang membuat sebuah foto menjadi terlihat seperti lukisan ternama Van Gogh atau Picasso.

Nah, Prisma ini ternyata tidak hanya sebagai aplikasi edit foto saja, melainkan juga bisa kamu jadikan sebagai media sosial lho. Melalui aplikasi ini kamu juga dapat membuat profil pribadi dan terhubung dengan teman-teman yang juga turut menggunakan aplikasi yang sama.

Tips Sederhana Membuat Feed Instagram Menjadi Lebih Keren dan Rapi
·     Perbaiki Foto Profil dan Bio

Bagi kamu pengguna sejati jenis media sosial satu ini, patut diakui bahwa nama akun, foto profil, dan bio merupakan salah satu paling mendasar untuk membuat akun instagram menjadi terlihat lebih rapi dan profesional. Cobalah untuk membuat username dengan menggunakan nama asli kamu yang sebenarnya dan tidak sulit untuk dihafalkan.

Selain itu, buatlah bio yang juga mencerminkan diri kamu dan akan kamu tunjukan ke follower-mu pada nantinya. Tidak usah berbelit, singkat, padat, dan tentunya mewakili diri kamu. Sebagai contoh seperti ‘Full Time Traveler’, ‘A Photographer’, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang bisa kamu gunakan.

·     Membuat Jadwal Update Foto

Jangan random posting foto instagram. Buatlah jadwal yang teratur dan update foto secara rutin. Seperti sehari tiga kali pagi-siang-sore atau siang-sore-malam. Luangkanlah waktu untuk posting foto secara rutin agar tidak berantakan.

Jangan sampai kamu dalam sehari men-posting 10 foto sekaligus tetapi vakum selama 10 hari. Stok foto tidak perlu kamu habiskan sekaligus dalam sehari. Kamu bisa simpan foto-foto tersebut untuk jadwal posting selanjutnya.

·     Kurangi Foto Selfie

Feed instagram yang dipenuhi dengan foto selfie dan latar belakang yang kurang menarik terkadang membuat orang yang melihatnya menjadi jenuh. Kamu bisa memperbanyak foto-foto dengan panorama atau gambar-gambar yang indah.

(Baca Juga: 8 Tips Fotografi untuk Pemula Layaknya Profesional)

Kecuali apabila kamu ingin mengambil tema khusus untuk akun instagram-mu, seperti Make Up Artist atau model, mungkin foto selfie tidak akan terlalu bermasalah.

·     Menentukan Tema

Agar feed foto menjadi lebih rapi, tentukanlah tema yang ingin kamu usung, seperti traveler, fotografer, make up artist, dan lain-lain. Setelah itu, cobalah untuk konsisten dengan tema yang sudah kamu pilih tersebut.

Sebenarnya hal satu ini jarang dipikirkan oleh pengguna instagram karena banyak diantara mereka yang cenderung menggunakan instagram untuk update foto keseharian saja. Tetapi, perlu diketahui bahwa mengusung suatu tema tertentu membuat feed menjadi lebih rapi dan menarik lho.

Buatlah konten yang sekiranya mampu menarik perhatian banyak orang dan menambah follower-mu.

Foto dengan Warna Senada

Terkait dengan poin sebelumnya mengenai tema, mengambil gambar dengan warna senada juga bisa kamu coba. Pilihlah satu warna yang kamu sukai dan aplikasikan warna tersebut ke foto-foto yang akan kamu posting di instagram.

Sebagai contoh kamu memilih warna pink, maka sebisa mungkin kamu mengambil objek-objek yang memiliki unsur warna pink. Ketika kamu memilih satu warna, maka usahakanlah untuk konsisten dengan warna tersebut.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda