Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mengenal Punyarumah, Aplikasi KPR Terbaru MNC Bank

by Surtan Siahaan on 22 November, 2017

mnc bank kpr

MNC Bank baru saja merilis aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk memiliki hunian. Nama aplikasi berbasis ponsel ini adalah Punyarumah.

Dapat dikatakan, Punyarumah merupakan aplikasi pertama yang mempermudah pembelian rumah lantaran menggabungkan berbagai fitur canggih. Setidaknya ada enam kelebihan aplikasi ini. Berikut ulasannya satu per satu:

Fitur cari properti

Kelebihan fitur ini adalah kita bisa mencari properti secara mendetail lewat bantuan teknologi augmented reality atau realitas tertambah dalam Bahasa Indonesia.

Pada dasarnya, augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi.

Artinya, saat melakukan pencarian properti, seolah-olah kita sedang mendatangi properti tersebut langsung. Meskipun dalam kenyataannya kita hanya sedang menatap layar monitor telepon selular.

Hitung angsuran KPR

Bila pengguna sudah menemukan properti incarannya, dia tak hanya akan memperoleh informasi mengenai harga jual melainkan bisa langsung menghitung berapa cicilan yang dibayarnya jika melakukan pembelian melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Caranya dengan mengakses fitur kalkulator KPR yang tersedia pada aplikasi ini. Cukup masukkan uang muka dan pilih tenor cicilan, maka data nominal angsuran tiap bulannya akan langsung tersaji. Tentunya, nilai ini sudah mencakup bunga yang wajib dibayar setiap bulannya.

Aplikasi KPR

Setelah merasa cocok dengan jumlah cicilan dan bunga, pengguna aplikasi ini bisa langsung mengajukan Kredit Pemilikan Rumah secara langsung. Cukup mengunggah dokumen yang dibutuhkan secara online, aplikasi kita akan langsung masuk pada bank pembiaya KPR.

KPR Saya

Ini merupakan fitur canggih yang memberikan update informasi mengenai status aplikasi secara real time. Jadi, pengguna tak perlu lagi menelepon call center atau menghubungi petugas bank yang bersangkutan.

Berita properti

Pada aplikasi ini, pengguna tidak hanya dapat mengakses KPR melainkan memperoleh informasi mengenai properti mulai dari tips & trick, berita terbaru hingga ragam berita properti terbaru.

Buat janji

Merasa belum sreg membeli rumah tanpa bertemu agen properti? Dengan aplikasi ini, pengguna tak perlu lagi repot untuk membuat jadwal temu dengan agen property. Cukup atur melalui aplikasi, agen property pun bisa menyesuaikan waktunya untuk pengguna.

Cara daftar aplikasi Punyarumah

jabatan kerja - CekAja.com

Untuk memiliki aplikasi ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasinya baik melalui App Store maupun Google Play. Setelah aplikasi terpasang, pilih menu daftar.

Setelah itu isi lengkap kolom nama, alamat email, kata sandi, nomor telepon dan tanggal lahir. Atau, untuk mempersingkat waktu, pengguna bisa masuk melalui akun facebook.

Tahap selanjutnya, kita akan mendapatkan kode OTP melalui pesan singkat yang dikirim ke nomor telepon kita.

Selanjutnya, masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik aktifkan akun saya. Akun Punyarumah buatan Bank MNC langsung dapat kita gunakan.

KPR Muda MNC

Bagi rekan CekAja yang kepengin punya rumah tanpa ribet, program pembiayaan hunian dari Bank MNC ini layak untuk dijajal. Namanya KPR Muda MNC. Kelebihan yang ditawarkan program ini adalah tenor pinjaman lebih Panjang dan keringanan cicilan di awal periode atau pemberian limit kredit yang jauh lebih besar dibandingkan angsuran normal.

Empat keuntungan KPR Muda adalah:

1. Bunga 7,99% untuk dua tahun pertama.

2. Tenor kredit hingga 30 tahun.

3. Proses yang mudah dan cepat.

4. Plafon lebih tinggi.

Berikut ini syarat dan ketentuan bagi pengguna yang ingin mengajukan KPR Muda:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Pegawai dengan penghasilan bulnana tetap.

3. Minimal usia saat mengajukan 23 tahun dan maksimal 35 tahun.

4. KPR Muda berlaku hanya untuk pembelian hunian baik rumah maupun apartemen.

5. Minimal penghasilan untuk mengajukan pinjaman adalah Rp 7 juta per bulan. Ketentuan ini juga berlaku bagi penggabungan gaji antara suami dan istri.

6. Jangka waktu kredit berlaku mulai dari 15 tahun hingga 30 tahun.

Biaya biaya tambahan saat ajukan KPR

Saat membeli rumah secara KPR, jangan hanya siapkan uang muka saja. Alasannya, ada komponen biaya lain yang harus kita lunasi. Berikut ini 5 biaya tambahan yang wajib dibayar jiak membeli rumah menggunakan KPR:

Booking fee

Besarnya booking fee bervariasi antara Rp1 juta hingga Rp2 Juta. Biaya ini dimaksudkan sebagai tanda jadi atau uang untuk memesan sebuah properti. Sebelum membayar booking fee, ketahuilah jika uang ini bisa hangus bila kita batal melanjutkan transaksi. Untuk itu, pastikan dulu pada agen properti mengenai rincian booking fee ini.

Biaya AJB dan notaris

Biaya Akta Jual Beli (AJB) dan notaris sebagian dibebankan pada pembeli. Nilainya bergantung pada nilai transaksi. Namun, jelasnya nilai AJB tidak boleh leboih besar dari 1% nilai transaksi. Begitu juga dengan biaya notaris yang menjadi kewajiban pembeli.

Biaya provisi

Biaya ini mirip seperti succes fee jika kredit berhasil dicairkan. Besarnya mencapai 1% dari nilai kredit yang berhasil diperoleh nasabah. Biasanya, biaya ini akan dipotong langsung dari dana yang diterima nasabah.

BPHTB

Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) juga jadi tanggungan pembeli. Nilai dari biaya ini mencapai 5% dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Tentang Penulis