Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat

by Kyla Damasha on 31 Desember, 2019

Rekomendasi aplikasi lari terbaik sepertinya memang perlu diketahui oleh sebagian orang, khususnya yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Seiring dengan semakin bertambahnya aktivitas dan kesibukan membuat banyak orang memiliki waktu yang kurang untuk berolahraga.

Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat

Tetapi, walaupun kamu memiliki segudang rutinitas yang harus dipenuhi, menjaga kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama. Nah, hal inilah yang membuat aplikasi lari terbaik memang layak kamu miliki di smartphone masing-masing.

Kenapa harus lari padahal ada berbagai jenis olahraga lainnya yang bisa dilakukan? Olahraga lari sejatinya merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan tanpa membutuhkan aneka ragam peralatan yang rumit. Bahkan, kamu bisa melakukan olahraga satu ini  disela-sela kesibukan lho.

Hanya saja sebagai olahraga yang sederhana, banyak orang yang justru merasa malas untuk melakukannya karena berbagai alasan. Mulai dari kurang bersemangat, tidak ada motivasi, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, jika kamu tetap ingin menjaga kesehatan tubuh disela-sela rutinitas padat, yuk coba beberapa aplikasi lari terbaik yang akan kita bahas kali ini guna memberikanmu lebih banyak semangat dan motivasi.

Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone
1. Weight Loss Running

Weight Loss Running - Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat

Jika kamu ingin mencari aplikasi lari yang bisa sekaligus membantu dalam program menurunkan berat badan, maka aplikasi Weight Loss Running patut dijadikan pilihan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan diberikan sederet rutinitas di dalam program menurunkan berat badan yang didasari oleh tingkat kesulitan.

Semakin sulit tantangannya, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan semakin cepat mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa rutinitas yang dimaksud tidak hanya sebatas lari saja lho, melainkan juga jogging, berjalan santai, hingga lari cepat dalam waktu dan tempo yang telah ditentukan.

Tidak hanya itu saja, melalui salah satu aplikasi lari terbaik ini, kamu juga bisa mengatur pola makan yang tentunya dapat mendukung kelancaran dalam menurunkan berat badan. Sangat cocok bagi kamu yang memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi.

(Baca Juga: Aplikasi Layanan Pay Later Bikin Hidup Lebih Praktis? Cek Dulu Faktanya di Sini!)
2. Nike Run Club

Nike Run Club - Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat

Meskipun ada embel-embel ‘Nike’ di depannya, aplikasi lari terbaik ini tidak mengharuskanmu untuk menggunakan atribut Nike kok. Menjadi salah satu aplikasi lari yang memiliki rating cukup tinggi dengan pengguna terbanyak di Play Store, Nike Run Club menyediakan fitur tracking melalui GPS yang dapat merekam jejak lari yang telah kamu lakukan sehingga kamu sendiri bisa mengetahui tentang sudah jauh kamu berlari.

Selain itu, kamu juga bisa menyimpan data dan melakukan perbandingan tentang progress yang sudah kamu lakukan sejak pertama menggunakan aplikasi.

Untuk membuatmu lebih bersemangat dan termotivasi, aplikasi ini juga memberikanmu tantangan secara rutin agar kamu bisa mencapai target dan prestasi yang telah ditentukan. Seru banget kan!

3. Pumatrac

Pumatrac - Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat

Aplikasi lari terbaik selanjutnya yang wajib kamu coba yaitu Pumatrac. Memiliki desain yang minimalis nan elegan, aplikasi satu ini tidak hanya bisa merekam jarak dan waktu yang kamu gunakan untuk berlari, melainkan juga dapat merekam cuaca, waktu, bahkan hingga bulan sehingga akan memberikanmu saran terbaik dalam waktu yang tepat untuk berolahraga.

Sebagai contoh, berdasarkan data yang direkam, aplikasi Pumatrac memberikanmu saran untuk mulai berlari pada hari Sabtu pukul 10 pagi sembari mendengarkan musik.

Tidak hanya berlari saja lho, aplikasi ini juga memberikamu motivasi untuk melakukan olahraga lainnya, seperti tinju, balet, hingga Yoga.

Meskipun dikembangkan oleh perusahaan penghasil produk olahraga yang cukup ternama, yaitu Puma, kamu tidak perlu menggunakan atribut Puma ketika ingin menggunakan aplikasi ini.

Hanya saja, aplikasi lari terbaik satu ini justru akan memberikanmu informasi, akses, hingga penawaran menarik yang berhubungan dengan brand Puma yang di kota tempat tinggal kamu.

4. Runkeeper

Runkeeper - Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat

Jika kamu mencari aplikasi lari yang memiliki cara pengoperasian yang sederhana dan mudah dimengerti, maka Runkeeper layak dijadikan sebagai alternatif aplikasi lari terbaik. Aplikasi satu ini dapat mencatat berbagai aktivitas lari kamu, mulai dari berlari biasa, berjalan, berhenti, hingga berlari cepat.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lari lainnya yang telah kita bahas sebelumnya, Runkeeper juga bisa membantumu dalam membuat target agar kamu semakin bersemangat dan termotivasi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak hanya untuk olahraga lari saja, melalui aplikasi Runkeeper kamu juga bisa memantau berbagai jenis olahraga lainnya, seperti bersepeda, berenang, hiking, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang Tercepat dan Terbaik Tanpa Modal 2019)
Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh
·         Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya bukan hanya lari saja, berbagai jenis olahraga lainnya juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Dengan melakukan lari secara rutin, kamu tidak hanya bisa mengurangi kalori dalam tubuh, melainkan juga menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar serta memperbaiki metabolisme tubuh. Tentu saja hal ini akan membantumu dalam mendapatkan berat badan ideal.

·         Mengecilkan Betis

Betis kecil memang sering kali dijadikan impian banyak wanita karena akan terlihat lebih bagus ketika tengah mengenakan rok selutut ataupun dress. Nah, bagi kamu yang mendambakan betis yang kecil dan ramping, melakukan olahraga lari bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat.

Hanya saja, untuk mengecilkan betis tidak bisa dilakukan sembarangan lho. Pasalnya, lari jarak jauh atau marathon lah yang dikenal ampuh dalam mengecilkan betis. Maka dari itu, jika kamu menginginkan betis yang kecil dan ramping, maka kamu bisa mulai berlari jarak jauh dengan santai dan jangan terburu-buru.

·         Mengurangi Depresi

Ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon khusus yang disebut sebagai endorfin atau hormon kebahagiaan. Nah, pada saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, maka kamu akan mengalami sedikit perasaan euforia sehingga perasaan depresi pun akan berangsur-angsur menghilang.

·         Memperbaiki Kualitas Tidur

Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, maka olahraga lari bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Cobalah untuk mulai rutin berolahraga lari setiap pagi karena hal tersebut dipercaya dapat menghilangkan masalah insomnia yang mana juga bisa membantu dalam meningkatkan tidur dan membuat pola hidup menjadi lebih baik pula.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda