15 Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis, Mudah dan Detail!

Aplikasi pengatur keuangan gratis, tentu dibutuhkan untuk kamu yang punya keluhan keuangan bulanan, yang berantakan. Bukan hal aneh, jika seringkali gaji atau penghasilan yang baru didapat cepat menipis namun tidak punya catatan keuangannya.

Nah, kamu harus mulai lebih cerdas dalam mengatur keuangan agar tidak menyesal di kemudian hari dengan kondisi keuangan yang bocor dan tidak jelas arusnya.

Jika dulu, kamu mencatat pengeluaran secara detail dengan buku kas dan repot untuk membuat sistematisnya.

Saat ini, kamu tinggal memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengatur keuangan dan menganalisa kesehatan keuangan secara detail.

Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis

Berikut CekAja.com merangkum beberapa aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa membantu kamu:

1. Monefy

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini dikembangkan oleh Aimbity AS. Memiliki tampilan yang sangat sederhana, eye catching dan efektif.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah di sisi visual karena menggunakan infografis yang sederhana, sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Monefy dilengkapi widget sehingga kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan langsung dari home screen.

Monefy juga secara otomatis menghitung persentase pengeluaran kamu di tiap kategori selama periode tertentu.

Jadi, kamu bisa melihat berapa besar pengeluaran kamu di masing-masing kategori selama sehari, seminggu, sebulan, bahkan setahun. Dengan begitu, kamu lebih mudah melihat di mana pengeluaran terbesar kamu.

Kamu juga bisa mensinkronisasi data pengeluaran kamu dan pasangan ke Google Drive atau Dropbox, sehingga anggaran rumah tangga jadi lebih terpantau.

Wah, jadi makin hati-hati mengeluarkan uang nih.

(Baca Juga: Aplikasi Android Terbaik untuk Mengelola Keuangan)

2. Money Lover: Expense Tacker

Kamu butuh asisten pengatur keuangan pribadi? kamu bisa gunakan aplikasi pengatur keuangan gratis dari Money Lover dengan fitur yang cukup lengkap.

Adapun beberapa fitur dalam aplikasi ini, seperti budget, saving, dan event bertugas untuk mengatur pengeluaran kamu dalam sebulan untuk berbagai kebutuhan pokok hingga tambahan seperti hiburan.

Salah satu keunggulannya, kamu bisa menentukan budget untuk tiap kategori. Sehingga, kamu juga bisa melihat sisa anggaran untuk tiap kategori.

Dengan demikian, kamu tidak perlu mengira-ngira lagi berapa budget yang bisa digunakan atau tersisa di kategori tersebut.

Ada pula fitur pengingat tanggal pembayaran tagihan loh. Fitur ini tentu cocok untuk mereka yang sering terkena denda karena lupa membayar tagihan.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan dalam 30 bahasa asing dan 100 macam mata uang.

3. Wallet – Money, Budget, Finance & Expense Tracker

Aplikasi pengatur keuangan gratis berikutnya memiliki keunggulan fitur yang bisa menghubungkan transaksi dengan akun online bank yang kamu gunakan.

Dengan fitur ini, Wallet bisa merekam transaksi yang kamu lakukan secara otomatis, sehingga kamu tak perlu mencatatnya secara manual.

Wallet juga mendukung banyak mata uang dan bisa mengekspor data transaksi dan rekening dari jenis file CSV atau Excel dengan fitur cloud sync.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur perencanaan pembayaran di masa depan, lengkap dengan pengingat.

Tentu, menjadikan segala urusan lebih mudah bukan?

4. Money Manager Expense & Budget

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini keluaran Realbyte Inc, memiliki rating paling tinggi di Playstore dan sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Aplikasi ini punya fitur lengkap, mulai dari pengatur budget, pencatat jumlah aset, sampai menyediakan statistik untuk tiap pos pengeluaranmu.

Kamu juga bisa masukkan semua akun finansialmu, mulai dari rekening bank, kartu kredit, sampai akun bisnis. Dengan begitu setiap pengeluaran bisa kamu lacak secara detail.

Kamu tidak akan bingung bagaimana menggunakannya karena navigasinya sangat jelas dan sangat mudah dimengerti.

Tak hanya fiturnya yang lengkap, tampilannya pun sangat sederhana dan responsif.

Tak perlu takut juga kehilangan data, karena semua catatan keuangan itu bisa kamu back up di Google Drive. Lengkap!

5. Finansialku

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini, merupakan karya Anak Negeri dan diklaim sebagai personal finance assistant penggunanya.

Finansialku memiliki fitur unggulan sebagai perencana keuangan untuk berbagai jenis keperluan, contohnya dana pendidikan, dana membeli rumah, dana menikah, dana pensiun, dan dana membeli mobil.

Kamu cukup mengisi data seperti harga dan periode pembelian produk, maka Finansialku akan menghitung biaya yang kamu butuhkan dan mencatat perkembangan tabungan kamu.

Selain mengatur arus kas pribadi, kamu juga bisa menghitung keuntungan dari investasi yang dimiliki menggunakan aplikasi ini.

Fitur andalan lainnya adalah layanan konsultasi online dengan perencana keuangan bersertifikasi CFP (Certified Financial Planner).

Jadi, kamu bisa bertanya langsung jika mengalami kesulitan pengelolaan keuangan. Namun, fitur konsultasi ini baru bisa digunakan jika upgrade ke akun premium ya.

6. Mint

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini, sudah cukup populer karena dapat memperbaharui kategori, dan catatan pengeluaran secara real time.

Melalui Mint, kamu bisa membagi transaksi, melacak tagihan, hingga membuat pengingat pada tagihan sebelum waktunya jatuh tempo.

Fitur ‘all in one’ yang ditawarkan dalam aplikasi ini juga memudahkan kamu untuk belajar investasi, di antaranya:

  • Rekening bank
  • Portofolio investasi
  • Tagihan bulanan
  • Pinjaman kredit
  • Giro

Software aplikasi satu ini juga bisa melakukan credit scoring secara efektif. Mint akan sangat membantu untuk menyusun budget agar tidak melebihi pemasukan.

7. Wallet

Aplikasi pengatur keuangan gratis satu ini menawarkan fitur penggunanya bisa mensinkronisasi akun rekening bank, kartu kredit, hingga loyalty card di department store atau klub yang diikuti.

Sehingga, para penggunanya tidak perlu lagi mencatat transaksi yang mereka lakukan satu per satu karena akan terekam secara otomatis.

Dengan sistem ini, Wallet mengklaim para penggunanya bisa menyusun perencanaan finansial tidak saja untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang.

Kamu juga bisa mengunduh data transaksi dari file CSV atau Excel jika ingin melakukan analisis atau perencanaan keuangan lebih dalam.

8. MoneyWiz

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini menawarkan fitur pengelolaan yang lebih detail, sehingga cocok untuk kamu yang membutuhkan pengaturan keuangan lebih canggih.

Tidak hanya bisa mensinkronisasi dengan akun bank lainnya, tetapi juga bisa menyusun laporan keuangan terperinci untuk analisis finansial yang lebih dalam.

Laporan keuangan yang kamu buat juga bisa mencantumkan perbandingan anggaran serta rincian transaksi terpisah untuk setiap penerima uang yang menjadi mitra transaksi.

Wallet dikembangkan oleh SilverWiz Ltd, mereka menyatakan aplikasi ini menggunakan algoritma kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)

Sehingga bisa membantu mengkategorisasikan tiap transaksi yang dilakukan secara otomatis.

Selain itu, MoneyWiz memiliki fitur untuk memperkirakan kondisi keuangan serta menyediakan opsi pengaturan investasi, tidak hanya di saham tetapi juga yang berupa forex dan cryptocurrency.

9. Financisto

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini bisa membuat penggunanya memisahkan pengeluaran berdasarkan kapan transaksi dilakukan, siapa penerima, dimana transaksi dilakukan, untuk proyek yang mana, dan dilakukan oleh akun yang mana.

Jadi, untuk kamu yang butuh catatan keuangan lebih detail, Financisto bisa menjadi pilihan.

Selain itu, penggunanya bisa mentransfer dana ke rekening lain dengan menggunakan mata uang yang berbeda.

Fitur ini tentu akan berguna untuk kamu pebisnis yang memiliki hubungan usaha dengan pihak lain di luar negeri atau mengirim uang ke kerabat di negara yang berbeda.

10. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi pengatur keuangan gratis yang tentunya dikembangkan oleh pengembang Indonesia ini menawarkan fitur dalam mencatat transaksi keuangan harian dengan mudah.

Seperti, mencatat pengeluaran belanja harian, mencatat pendapatan dan pengeluaran, dan menghitung selisih transaksi.

Fitur yang dirancang sederhana ini cocok digunakan untuk kamu yang baru mulai belajar mengelola keuangan dan tidak membutuhkan opsi terlalu detail.

Sebab, aplikasi ini tidak menyediakan fitur perencanaan keuangan yang seringkali digunakan oleh wanita dalam mengatur keuangan rumah tangga.

11. Teman Bisnis

Nah, aplikasi pengatur keuangan gratis kali ini cocok banget buat para pemilik bisnis, terutama Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM.

Teman Bisnis menawarkan fitur pencatatan transaksi, evaluasi transaksi (laba/rugi), utang piutang, hingga menyusun laporan keuangan per periodiknya secara otomatis.

Pengguna hanya tinggal menggunakan format yang sudah sesuai Standar Akuntansi Keuangan untuk UKM Indonesia (SAK EMKM) yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu lagi repot membuat form analisis atau laporan keuangan sendiri.

Teman Bisnis dikembangkan oleh Badr Interactive, mereka mengklaim aplikasi ini bisa digunakan untuk usaha ritel, jasa, produksi, reseller, dropshipper, kelontong, atau tukang ojek sekalipun.

Aplikasi ini juga bebas dari iklan dan satu akun dapat digunakan di perangkat yang berbeda-beda, sehingga pengawasan arus keuangan usaha kamu menjadi lebih baik.

12. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi pengatur keuangan gratis ini memiliki tampilan yang sederhana dan rinci, dengan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaran kamu.

Dengan begitu, kamu bisa melihat pemasukan dan pengeluaran keuangan dengan rinci dan efisien.

AndroMoney juga akan membantu kamu dalam menentukan anggaran untuk kebutuhan apapun.

Kapasitas penyimpanannya juga mengandalkan Dropbox dan Google Docs, sehingga bisa diakses untuk analisis lebih lanjut dari mana saja.

13. Penny

Aplikasi pengatur keuangan gratis yang hanya bisa diakses oleh pengguna iOs yang bisa menjadi konsultan situasi keuanganmu juga.

Beberapa fitur yang ditawarkan Penny adalah sebagai berikut:

  • Informasi berapa banyak uang yang telah dihabiskan
  • Informasi tagihan apa saja yang harus dibayar; dan
  • Informasi mengenai tagihan apa saja yang naik tarifnya.

Selain itu, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis, namun kamu juga bisa membeli yang versi berbayar jika kamu menginginkan fitur tambahan lain.

14. Level Money

Aplikasi pengatur keuangan gratis yang hanya bisa diakses oleh pengguna iOs juga, yang terhubung dengan rekening bank.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini membantu kamu mengatur uang yang masuk dan keluar dari pada kartu kredit maupun rekening bank.

Dengan fitur seperti ini, kamu tidak perlu takut untuk kecolongan karena aplikasi ini akan terus update dan memberi tahu berapa jumlah uang yang telah dihabiskan.

Level Money menjamin keamanan dan kemudahan dalam penggunanya loh.

15. Uangku

Aplikasi pengatur keuangan gratis terakhir sebenarnya cocok untuk kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur uang.

Fitur terperinci serta dikemas dengan menarik dan sederhana membuat para pemula tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Di Uangku, kamu bisa mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan.

Lalu, aplikasi ini akan secara otomatis memberikan uraian berapa batas uang yang bisa kamu keluarkan setiap harinya untuk mencapai target tersebut.

Nah, itu dia ulasan mengenai aplikasi pengatur keuangan gratis yang bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan.

Berbagai aplikasi tersebut bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan kamu, yang penting bisa membantu kamu mengatur keuangan jadi lebih baik.

Tentu, memanfaatkan aplikasi cerdas dari teknologi saat ini membutuhkan handphone atau gadget yang mumpuni.

Dengan smartphone kamu hanya perlu masuk ke Google Play Store atau Apple App Store di handphone dan unduh aplikasi yang menurut kamu paling sesuai kebutuhan.

Mudah bukan? namun, jika kamu terkendala dengan handphone yang belum mendukung, dan optimal dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi cerdas saat ini.

(Baca Juga: Kartu Kredit Terbaik untuk Mahasiswa)

CekAja.com bisa membantu kamu dalam meng-upgrade handphone dengan produk kartu kredit, yang kami sediakan.

Untuk pengajuan kartu kredit di masa pandemi saat ini, kamu gak perlu ribet mendatangi secara offline.

Lewat CekAja.com, pengajuanmu bisa diproses secara online, proses cepat, dan syarat pengajuan praktis loh.

Kamu bisa membandingkan dahulu berbagai produk kartu kredit dari bank ternama Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu di CekAja.com

Layanan CekAja.com tentunya sudah terbukti aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Solusi ini menarik bukan? yuk segera kunjungi laman CekAja.com dan pilih produk kartu kredit terbaik versi kamu.