Aplikasi Penghemat Kuota Terbukti Paling Ampuh

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Penggunaan dari aplikasi penghemat kuota sepertinya saat ini sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman yang sudah dipenuhi oleh digitalisasi, membuat kehadiran dari internet dan gadget menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

Bagaimana tidak? Internet memang memberikan segudang manfaat dan kemudahan bagi siapapun untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi, berbelanja, hingga dijadikan sebagai penunjuk jalan seluruhnya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan akses internet semata.

Hanya saja, di Indonesia yang notabene belum memiliki akses internet yang bebas membuat banyak orang masih bergantung pada kuota internet yang disediakan oleh provider. Bahkan tak jarang orang-orang tersebut rela mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah hanya untuk mendapatkan akses internet sepuasnya. Nah, dari pada boros bukankah akan lebih baik juga kamu menggunakan aplikasi penghemat kuota agar kuota tidak cepat habis?

Di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa aplikasi penghemat kuota yang bisa kamu gunakan agar kuota tidak cepat habis. Apa sajakah itu?

Aplikasi Penghemat Kuota yang Terbukti Paling Ampuh

1. My Data Manager

My Data Manager merupakan salah satu aplikasi penghemat kuota yang telah digunakan oleh lebih dari 11,5 juta pengguna. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk melacak seberapa banyak data yang telah kamu gunakan, sehingga kamu sendiri juga bisa turut mengetahui dan mengontrol penggunaan kuota agar bisa lebih hemat. Tidak hanya itu saja, melalui My Data Manager kamu juga bisa mencegah terjadinya kuota yang habis secara tiba-tiba.

Ketika menggunakan aplikasi penghemat kuota satu ini, nantinya kamu akan mendapatkan informasi mengenai aplikasi-aplikasi mana saja yang cenderung menguras kuota dan yang sebaiknya dihentikan penggunaannya agar penggunaan kuota menjadi jauh lebih hemat.

Tidak hanya kuota, ternyata My Data Manager juga akan memantau pemakaian data ketika kamu terkoneksi oleh wifi lho.

2. Opera Max

Aplikasi penghemat kuota selanjutnya adalah Opera Max yang bisa dijadikan sebagai asisten pintar dalam memberikan saran terbaik secara personal mengenai penghematan data yang kamu lakukan. Tidak hanya itu saja, aplikasi penghemat kuota satu ini juga bisa membantumu dalam memberikan perlindungan keamanan, mengelola aplikasi, hingga mengompres seluruh data yang masuk, baik itu melalui browser, aplikasi, atau game.

Dengan fasilitas kompres data yang cukup baik, komunikasi data pun menjadi semakin ringan sehingga lebih menghemat penggunaan kuota sekaligus mempercepat koneksi internet. Opera Max akan melacak penggunaan data aplikasi pengguna dan memberikan saran terbaik mengenai cara terbaik untuk mengurangi data terbuang, menghemat uang, sekaligus melindungi privadi.

Selain itu, aplikasi penghemat kuota ini juga bisa digunakan untuk memblokir komunikasi data di suatu aplikasi tertentu, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan iklan-iklan yang sering kali terdapat di Android, khususnya di dalam game-game gratis.

3. CM Data Manager

Selanjutnya ada CM Data Manager yang juga menjadi salah satu aplikasi penghemat kuota yang terbukti ampuh. Aplikasi satu ini membantumu dalam memeriksa penggunaan data serta kecepatan jaringan secara instan sepanjang waktu sekaligus memantau seluruh penggunaan data seluler, baik itu di latar belakang maupun di latar depan.

Selain itu aplikasi ini juga bisa melindungi tagihan ponsel dengan memblokasi aplikasi-aplikasi yang menguras penggunaan kuota internet. Termasuk aplikasi yang ringan, yakni kurang dari 5MB saja, kamu bahkan juga sudah bisa mengetahui info data secara langsung dalam bentuk yang sederhana sehingga mudah dimengerti.

Tidak hanya itu saja, aplikasi penghemat kuota ini juga akan memberikan peringatan apabila terdapat aplikasi yang cenderung membuat penggunaan kuota internetmu boros atau jika kamu sudah hampir mencapai batas penggunaan kuota yang seharusnya.

4. DataEye

DataEye merupakan salah satu aplikasi penghemat kuota yang juga merangkap sebagai penghemat baterai ponsel. Selain itu, aplikasi satu ini juga memberikanmu fasilitas untuk mengelola lalu lintas data seluler secara mandiri. DataEye juga memberikanmu saran dalam penyimpanan data dan pengaturan kuota sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bahkan, kamu juga dapat mengendalikan data berdasarkan aplikasi per aplikasi lho.

Serupa dengan aplikasi penghemat kuota lainnya, DataEye juga dilengkapi dengan track atau informasi yang memperlihatkanmu mengenai seberapa banyak data yang telah kamu gunakan sekaligus memblokir hal-hal yang tidak diinginkan, seperti iklan.

(Baca Juga: 6 Cara Menghemat BBM Agar Tak Boros Bahan Bakar dan Uang)

5. Data Usage Monitor

Aplikasi penghemat kuota satu ini hanya bisa diakses oleh pengguna smartphone Android saja. Data Usage Monitor bisa memonitorisasi penggunaan kuota internet di setiap aplikasi yang kamu miliki di Hp. Tidak hanya itu saja, Data Usage Monitor juga akan membantumu dalam mengatur penggunaan kuota internet berlebih serta memberikan informasi mengenai aplikasi-aplikasi mana saja yang membutuhkan banyak kuota internet dan yang tidak memerlukan akses internet sama sekali.

6. Internet Speed Meter Lite

Nah, aplikasi penghemat kuota kali ini serupa dengan Data Usage Monitor, yakni membantu dalam mengontrol penggunaan kuota internet agar tidak melebihi limit atau batas. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan laporan bulanan yang berisikan seberapa besar paket data yang kamu gunakan setiap bulannya, sehingga kamu secara pribadi juga bisa melihat seberapa banyak pengeluaran yang telah kamu keluarkan hanya untuk membeli paket data.

Fasilitas satu ini dinilai sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran berlebih dan membuat biaya yang kamu keluarkan untuk membeli paket data pun semakin lebih hemat.

7. Chrome Browser

Jika sebelumnya kita membahas mengenai aplikasi penghemat kuota yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol penggunaan kuota, maka kali ini kita akan membahas mengenai beberapa aplikasi yang tidak menguras banyak kuota ketika digunakan, salah satunya yaitu Chrome Browser.

Chrome Browser ternyata tidak hanya dikenal memiliki penelusuran situs yang begitu cepat, namun aplikasi satu ini juga ampuh dalam menghemat penggunaan kuota hingga mencapai 50%. Kok bisa ya? Pasalnya, Chrome Browser memiliki sebuah fitur bernama Data Saver yang bisa menyimpan penggunaan cookies atau seluruh data-data yang terdapat di dalamnya ketika tengah berselancar di internet.

8. Video Downloader for Instagram

Siapa disini yang gemar bermain Instagram? Jika kamu ingin melihat video-video yang terdapat di Instagram secara berulang, maka kamu bisa mengunduhnya melalui Video Downloader for Instagram ini, sehingga kamu tidak perlu memutar video melalui aplikasi Instagram yang bisa menguras kuota internet.

9. Opera Mini

Selain Opera Max, ternyata ada satu lagi aplikasi buatan Opera yang dipercaya oleh lebih dari puluhan juta pengguna android sebagai salah satu aplikasi penghemat kuota paling baik. Opera Mini tidak hanya memiliki kemampuan berselancar yang cepat, aplikasi satu ini juga berfungsi dalam menghemat pemakaian data internet bagi siapapun yang menggunakannya. Bahkan kamu juga bisa melihat penghematan data secara spesifik melalui fitur pintar yang tersedia lho.

Selain itu, salah satu fitur yang paling menarik dari Opera Mini yaitu adanya halaman offline yang mana kamu bisa mengakses situs secara bebas tanpa perlu menggunakan akses internet.

10. Facebook Lite

Nah, aplikasi penghemat kuota terakhir yang akan kita bahas yaitu facebook lite. Kamu pasti sudah tahu dong dengan aplikasi media sosial facebook yang menduduki peringkat pertama sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia ini. Jika kamu masih ingin menggunakan aplikasi facebook melalui smartphone, kamu bisa mengunduh facebook lite agar bisa lebih hemat dalam penggunaan kuota internet.

Sekadar informasi, facebook lite memang sengaja dirancang dengan desain yang sederhana dibandingkan aplikasi aslinya agar bisa lebih mudah digunakan oleh masyarakat. Meskipun cenderung lebih sederhana, facebook lite ternyata sangat efisien dalam melakukan penghematan data seluler.

Wah, ternyata banyak sekali aplikasi penghemat kuota yang bisa kamu gunakan ya. Jika kamu senang berselancar di dunia maya tetapi takut boros dalam hal pengeluaran, tak perlu khawatir. Kamu masih bisa lho berhemat dengan memaksimalkan penggunaan kartu kredit untuk memenuhi seluruh kebutuhan.

Dengan kartu kredit, kamu bisa menggunakan berbagai promo dan diskon menarik yang membuat pengeluaran bulananmu tidak membengkak. Yuk segera ajukan kartu kredit terbaik melalui CekAja!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha