9 Aplikasi Screen Recorder Terbaik untuk HP, Rekam Momen Penting jadi Mudah!

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Tak memerlukan dua handphone untuk merekam layar handphone lain, kini ada aplikasi screen recorder terbaik untuk HP, yang bisa merekam semua kegiatan di layar HP-mu sendiri loh!

Biasanya, aplikasi screen recorder terbaik ini, digunakan untuk merekam momen penting di layar HP seperti percakapan penting saat video call, ketika bermain game, video yang sulit di download, hingga membuat tutorial.

Apa Itu Aplikasi Screen Recorder?

Buat yang masih belum tahu, screen recorder atau perekam layar adalah sebuah aplikasi canggih, yang bisa merekam gambar atau video, dengan kualitas HD dan juga kualitas suara yang bagus.

Aplikasi ini, juga sangat menunjang kemudahan, dalam menangkap momen-momen penting, yang lebih baik selain screen capture.

Aplikasi screen recorder terbaik ini, juga biasa digunakan untuk HP atau smartphone android. Hal tersebut dikarenakan, rata-rata HP android tidak memiliki fitur screen recorder bawaan, seperti halnya iOS pada iPhone.

Namun, fitur screen recorder bawaan iPhone, tidak bisa menangkap suara eksternal, dan hanya menangkap suara internal yang berasal dari HP.

(Baca Juga: Kamera Smartphone Terbaik 2020)

Jadi, jika mau tetap mendapatkan hasil video yang HD serta suara yang bagus, baik suara dari internal maupun eksternal, kamu tetap bisa menginstal aplikasi screen recorder terbaik berikut ini.

10 Aplikasi Screen Recorder Terbaik untuk HP

1. DU Recorder – Screen Recorder

Aplikasi screen recorder terbaik yang pertama adalah DU Recorder. Adapun, aplikasi perekam layar HP yang satu ini, merupakan yang paling populer dan sudah banyak digunakan, ketimbang aplikasi lainnya.

Selain populer, aplikasi DU screen recorder, juga sangat mudah diaplikasikan, karena kamu hanya butuh sekali sentuhan tanpa perlu melakukan berbagai pengaturan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, DU screen recorder juga memiliki fitur-fitur pendukung yang menarik. Sebut saja seperti editing dan live streaming.

selain itu ada juga fitur pause/resume, facecam (menggunakan kamera depan), external sound recorder, tap tracking, shake to stop, built-in GIF maker, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk kamu yang membutuhkan aplikasi ini, DU screen recorder bisa berjalan pada sistem operasi HP minimal Android 5.0 Lollipop ke atas.

Untuk ukuran aplikasinya sendiri, bisa dibilang cukup ringan yakni hanya sebesar 11MB.

2. Mobizen – Record, Capture, dan Edit

Aplikasi screen recorder terbaik yang selanjutnya adala Mobizen, yang tak kalah populer dari DU Screen Recorder.

Bahkan, perekam layar Mobizen ini pernah menjadi salah satu aplikasi screen recorder, yang mendapatkan penghargaan App Terbaik 2016 dari Google.

Jadi, soal kualitas, Mobizen tidak perlu diragukan lagi kecanggihannya. Selain itu, aplikasi ini memberikan kualitas terbaik dalam merekam video full HD 1080p, bitrate 12Mbps dan 60 fps.

Tidak seperti DU Screen Recorder, aplikasi ini bisa berjalan dengan sistem operasi minimal Android 4.4 KitKat ke atas.

Namun, untuk ukuran aplikasi, Mobizen cukup berat yakni 20.9MB. Sehingga, cukup membebani RAM pada HP kamu.

Kelemahan lainnya dari aplikasi ini adalah, terdapat watermark, jika kamu tidak mengaktifkan mode tertentu.

3. Super Screen Recorder

Mau menggunakan aplikasi perekam layar HP yang menyediakan banyak fitur menarik , yang bisa menjangkau semua kebutuhan kamu? Super Screen Recorder bisa jadi pilihan.

Tanpa ada batasan waktu, aplikasi screen recorder ini, sangat cocok bagi kamu penggemar animasi GIF.

Selain itu, aplikasi ini juga terdapat opsi penambahan watermark, agar video kamu tidak diambil orang lain.

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini, paling tidak kamu menggunakan HP dengan sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop ke atas, dengan ukuran aplikasi 22MB.

4. Screen Recorder

Bisa di instal secara gratis, aplikasi screen recorder terbaik bernama screen recorder, ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh NLL.

Aplikasi ini, bisa kamu install melalui Google Play Store dan mampu berjalan dengan lancar pada sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop ke atas.

Nah, buat kamu yang sistem operasinya masi Android 4.4 KitKat ke bawah, maka harus melakukan akses root terlebih dahulu.

Untuk ukurannya, aplikasi ini sangat ringan, yakni hanya sebesar 4.5MB. Jadi, tidak akan memberatkan RAM, dan gak bikin HP lemot.

5. Game Screen Recorder

Suka main game online, dan merekam aksi pertarungan kamu? Aplikasi screen recorder terbaik dari Game Screen Recorder, bisa jadi solusi tepat.

Pasalnya, aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi kamu, yang membutuhkan rekaman layar untuk bermain game, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, COD, Among Us dan lain-lain.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mempunyai banyak sekali fitur menarik. Sebut saja seperti, bisa mendeteksi game apa saja, yang terinstal pada Smartphone Anda.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah, kamu tidak perlu akses root, untuk menggunakannya.

Untuk sistem operasi, kamu bisa install aplikasi ini, bisa digunakan pada minimal sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke atas. Kabar baiknya, ukuran aplikasi ini sangat ringan yaitu hanya sebesar 4.9MB.

6. AZ Screen Recorder – Video Recorder, Livestream

Aplikasi screen recorder terbaik selanjutnya, yang sangat direkomendasikan, bagi kamu penggemar video walkthrough game.

Pasalnya, aplikasi ini mempunyai tampilan sederhana, yang bisa kamu gunakan dengan berbagai kustomisasi.

Selain itu, dengan aplikasi ini, kamu Anda tidak perlu akses root dalam penggunaannya. Untuk sistem operasi, aplikasi ini dapat berjalan pada android versi 5.0 Lollipop, ke atas.

Namun, untuk ukuran aplikasi ini, cukup besar, yakni 17.4MB dan bisa membebani RAM pada Smartphone Anda.

Tapi, buat kamu yang tidak suka screen recorder-mu terdapat watermark, aplikasi ini sangat tepat.

7. Google Play Games

Untuk kamu pengguna perangkat android, kamu bisa menggunakan Google Play Games, yang merupakan aplikasi screen recorder terbaik bawaan dari sistem operasi Android.

Dengan aplikasi bawaan ini, kamu bisa mengakomodasi segala kebutuhan kamu dalam membuat video bermain game.

Pasalnya, aplikasi ini dapat merekam layar HP Android Anda dengan mudah. Namun, kekurangannya, aplikasi ini hanya menyediakan perekaman pada resolusi 480p dan 720p saja.

Namun, jangan risau, buat sistem operasi HP mmu yang masih jadul, karena aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi minimal Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas, dengan ukuran aplikasi yang hanya sebesar 13.7MB.

8. Background Video Recorder

Selanjutnya ada Background sebagai aplikasi screen recorder terbaik, yang bisa jadi pilihan. Cara kerja aplikasi ini, bisa membantu kamu dalam merekam video dan mengambil gambar di latar belakang, dengan opsi, yang bisa mengaktifkan atau mematikan suara kamera.

Selain itu, terdapat juga fitur yang berguna untuk melanjutkan perekaman, ketika layar mati atau jadwal untuk merekam.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, karena hanya dengan satu klik pintasan, kamu bebas merekam momen penting, sesuai keinginan.

Untuk sistem operasinya, aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke atas, dengan ukuran yang sangat ringan yaitu hanya 5.4MB.

9. REC-Screen Recorder

Aplikasi screen recorder terbaik yang terakhir adalah REC-Screen Recorder. Tak kalah direkomendasikan, aplikasi perekam layar HP yang satu ini, mampu merekam video dengan kualitas yang baik.

Memiliki batasan perekaman, durasi perekaman yang diizinkan dalam aplikasi ini, cukup lama, yakni hingga 1 jam.

Selain itu, aplikasi ini juga didukung fitur, yang mempermudah kamu dalam merekam layar.

Pasalnya, kamu hanya tinggal goyangkan atau matikan layar, untuk menghentikan proses. Jadi tak perlu tekan tombol apapun.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan HP-mu memiliki sistem operasi minimal Android 4.4 Kitkat ke atas, dengan ukuran yang sangat ringan yaitu hanya 2.8MB.

(Baca Juga: Daftar HP Murah yang Rilis 2020)

Nah, itu dia beberapa aplikasi screen recorder terbaik untuk HP, yang paling direkomendasikan.

Adapun aplikasi screen recorder tersebut, juga bisa digunakan pada tablet, selain di HP secara gratis.

Namun, sebelum install pastikan kamu memperhatikan tipe sistem operasi, untuk android atau iOS, beserta kapasitas memorinya.

Gunakanlah aplikasi screen recorder tersebut, dengan bijak, dan bermanfaat untuk dirimu dan juga orang lain, tanpa merugikan pihak manapun.

Intinya, jangan disalahgunakan, untuk mereka momen yang tidak seharusnya.

Perhatikan Sistem Operasi HP

Tapi, bagaimana jika HP masih belum mendukung semua aplikasi screen recorder di atas?

Adapun, memang tidak semua HP android maupun iOS sudah didukung, untuk menggunakan aplikasi ini.

Karena, beberapa aplikasi sengaja mencantumkan sistem operasi, yang mendukung aplikasi tersebut.

Seperti android 5.0 Lolipop, dimana sistem operasi di bawahnya yakni Jellybean dan KitKat, rata-rata sudah tidak didukung.

Selain mengupgrade-nya, menjadi sistem operasi yang baru, kamu bisa membeli HP yang sudah didukung sistem operasi terbaru.

Membeli HP baru dengan sistem operasi terbaru, dirasa lebih aman ketimbang upgrade sistem operasi.

Karena, tidak semua HP kuat, ketika mengupgrade ke sistem operasi yang lebih baru.

Yuk, Beli HP Android Murah Terbaru Pakai kartu Kredit!

Enggak usah galau, kamu bisa kok beli HP android baru dengan harga murah! Terlebih jika membeli menggunakan kartu kredit!

Saat ini, sudah banyak brand HP android yang menawarkan sistem operasi terbaru dengan fitur-fitur canggih lainnya, dengan harga terjangkau.

Jika harga terjangkau, belum bisa membantumu untuk mendapatkan HP baru, kamu bisa tetap nikmati fasilitas cicilan 0 persen, jika membeli menggunakan kartu kredit loh!

Jadi, tak ada hal yang tidak mungkin bukan? Demi momen penting, apalagi untuk urusan pekerjaan, HP menjadi alat yang sangat membantu.

Ajukan Kartu Kredit Terbaik, Hanya di CekAja.com!

Jika kamu belum punya kartu kredit, untuk bisa menikmati fasilitas cicilan nol persen, hingga promo menarik lainnya, bisa langsung ajukan melalui CekAja.com dengan mudah, praktis dan cepat, secara online.

Di CekAja.com, tersedia banyak produk kartu kredit dari berbagai bank ternama di Indonesia, yang bisa kamu pilih.

Pastikan, pilih kartu kredit, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu, agar mudah disetujui!

Jadi, kapan lagi bisa mengajukan kartu kredit semudah ini? Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, dan beli HP terbaru untuk install aplikasi screen recorder terbaik!