Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Aplikasi TikTok Makin Hits! Gini Cara Bikin Videonya

by Sindhi Aderianti on 15 Januari, 2020

Dulu pernah dianggap alay saat viralnya Bowo Alpenlibe, TikTok justru diramal bakal semakin meroket tahun ini. Terbukti pada bulan Desember 2018, aplikasi Tik Tok berada di urutan kesepuluh dalam hal Top Free Apps di Google Play StoreGimana sih cara bikin video TikTok?

Aplikasi TikTok Makin Hits! Gini Cara Bikin Videonya

Sebelum asyik main TikTok, simak dulu fakta menarik aplikasi ini. Berdasarkan data SensorTower,  TikTok sudah diunduh sebanyak 663 juta kali mengalahkan Instagram dengan selisih 200 lebih pengunduh. Di AS sendiri, pengguna baru TikTok pun meningkat sebesar hampir 10 persen di awal tahun lalu. Jika dijumlahkan secara keseluruhan user aplikasi buatan ByteDance itu sudah mencapai 1 miliar orang.

Selain itu, banyak artis papan atas yang juga menggunakan aplikasi asal Cina tersebut. Hal ini membuat image alay pada TikTok perlahan memudar. Misalnya Luna Maya, Maia Estianty, Boy William, Marion Jola, bahkan dari mancanegara ada penyanyi kelas dunia Justin Bieber hingga aktor kawakan Will Smith!

TikTok adalah sebuah aplikasi membuat video pendek dengan special effects tertentu. Selain itu, banyak lagu dari berbagai genre juga yang bisa digunakan sebagai latar kontenmu. Tak jarang karena TikTok, beberapa judul lagu seperti Say So (Doja Cat), Lalala (Ilkan Gunuc dan Danila Carvalho), serta HL Wave (Gordon Ramsay) menjadi hits.

Cara Bikin Video TikTok

Pingin seru-seruan dan eksis juga di TikTok? Coba yuk, pelajari cara bikin video TikTok berikut ini!

  • Download aplikasi TikTok secara gratis melalui App Store atau Google Play.
  • Jika sudah, kamu akan diminta memilih jenis video yang disuka agar sistem bisa memunculkan rekomendasi paling sesuai.
  • Tekan ikon orang yang berada di pojok kanan untuk mendaftar lewat Instagram, Gmail, atau Facebook.
  • Setelah terdaftar, kamu akan mendapati video-video terpopuler yang sudah dibuat pengguna aplikasi TikTok lainnya.
  • Bila ingin langsung membuat videomu sendiri, klik ikon plus (+) yang berada di tengah bawah.
  • Kemudian, pilih backsound dengan menekan option ‘Sounds’. Berbagai lagu dari sejumlah kategori pun akan muncul. Kamu juga bisa mencari lagu yang diinginkan sendiri di sana.
  • Setelah memilih lagu, selanjutnya ketuk ikon checklist pada sebelah kanan lagu dan akan dibawa ke layar kamera TikTok untuk proses merekam.
  • Pilih fitur-fitur untuk mengkreasikan video kamu seperti filter efek dan mode mempercepat video atau melambatkan video saat proses rekaman.
  • Jika setting dirasa sudah pas, maka kamu tinggal klik dan tekan lama ikon lingkaran merah untuk langsung memulai rekaman. Setelah selesai, kamu bisa langsung upload ke akun media sosialmu.
(Baca juga: Aplikasi Lari Terbaik untuk Smartphone, Olahraga Jadi Lebih Semangat)
Main TikTok Bisa Jadi Duit

Melihat demand masyarakat seluruh dunia yang semakin besar terhadap TikTok, perusahaan langsung melakukan eksperimen agar pengguna bisa lebih produktif dengan memonetisasi akunnya di dalam platform.

Cara yang kini tengah diuji coba ialah fitur social commerce. Jadi nantinya kamu bisa mencantumkan link kerja sama di kolom bio akun ataupun mem-posting-nya lewat video TikTok, sehingga pengguna lain triggered untuk masuk ke laman produk atau layanan tersebut.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna TikTok akan lebih terbuka kesempatannya untuk menjadi influencer. Jika memiliki bisnis sendiri, pengguna juga bisa menjadikan aplikasi ini sebagai platform baru marketing yang lebih kekinian.

Soal penayangan iklan seperti YouTube, Global Communication Director ByteDance Technology, Belle Baldoza, mengaku belum memikirkan hal ini. Fokusnya masih pada menjadikan TikTok sebagai produk digital yang tak hanya disukai, tapi juga bisa digunakan dalam jangka panjang oleh masyarakat.

(Baca juga: Aplikasi Layanan Pay Later Bikin Hidup Lebih Praktis? Cek Dulu Faktanya di Sini!)
Agar Viral di TikTok, Tapi Nggak Alay

Walaupun belum menjanjikan fitur monetisasi lewat adsense, TikTok tetap bisa memberimu keuntungan tersendiri. Syaratnya, buat video sekreatif mungkin!

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber termasuk influencer TikTok sendiri, begini caranya agar viral tapi nggak alay:

1. Ikut challenge

Pertama, berani mengikuti tren challenge yang sedang hits di TikTok. Misalnya tantangan meniru emoji jari dengan iringan lagu Lalala (Ilkan Gunuc dan Danila Carvalho). Ditambah hashtag, video kamu akan lebih mudah diakses orang-orang.

2. Pakai lagu yang lagi tren

Selanjutnya dari segi backsound. Jangan lupa gunakan lagu yang sedang tren. Komponen ini tak kalah pentingnya untuk menarik perhatian warga TikTok. Single terbaru Justin Bieber berjudul Yummy, bisa  menjadi referensimu untuk membuat video pertama yang menarik dilihat.

3. Sering online

Menurut pihak TikTok, sering online pun menjadi salah satu faktor yang bisa cepat menaikkan pamor tiap pengguna. Logikanya kalau terus aktif membuat konten, maka algoritma TikTok secara otomatis menjadikan video-videomu sebagai rekomendasi untuk pengguna lain.

Butuh gadget mumpuni untuk menunjang aktivitasmu sebagai influencer? Jangan lupa gunakan kartu kredit terbaik untuk memudahkan transaksi belanjamu. Nikmati pula aneka promonya! Cek di CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.