8 Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis, dari Flip hingga OY! Indonesia Hapuskan Biaya Admin

Ada kabar baik buat kamu yang suka mengeluh, akibat dikenakan biaya administrasi yang cukup besar untuk transfer antar bank. Sebab, kini tersedia beberapa aplikasi transfer antar bank gratis yang bisa digunakan.

Aplikasi transfer antar bank gratis ini, tentunya bisa digunakan di ponsel berbasis Android maupun iOS. Sehingga, kamu bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store, dan juga App Store.

Dengan adanya aplikasi transfer antar bank gratis, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing mencari teman, kerabat, maupun rekan kerja yang memiliki kartu ATM, atau mobile banking dari bank yang dituju.

Contohnya, kamu adalah nasabah Bank BCA, dan ingin transfer uang ke rekening Bank BNI. Jika tidak memiliki aplikasi transfer antar bank gratis, kamu pasti akan mencari teman yang menggunakan rekening Bank BNI, dan melakukan transfer di sana.

Sementara jika sudah memiliki aplikasi transfer antar bank gratis, kamu tidak perlu lagi melakukan hal tersebut, karena bisa langsung transfer uang ke rekening yang dituju, tanpa dikenakan biaya administrasi apapun.

Maka dari itu, keberadaan aplikasi transfer antar bank gratis, saat ini sangat dibutuhkan. Jika ingin tahu apa saja aplikasi transfer tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis

Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan, kalau saat ini ada banyak aplikasi transfer antar bank gratis yang bisa digunakan.

Kamu mungkin sudah tidak asing, bahkan menjadi pengguna aplikasi Flip, DANA, LinkAja dan juga GoPay.

Ya, itu semua adalah aplikasi yang sengaja dirancang untuk memudahkan proses transaksi, termasuk transfer antar bank gratis.

Tetapi selain itu, masih ada aplikasi transfer antar bank gratis lainnya yang bisa dicoba, di antaranya yaitu:

1. Flip

Flip merupakan aplikasi transfer antar bank gratis, yang sudah sangat populer. Buat kamu pengguna TikTok, mungkin sering melihat iklan Flip ini muncul di FYP (For You Page).

Sebagai aplikasi yang sudah berdiri sejak 2016, Flip secara resmi sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia, sehingga terjamin keamanannya.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan transfer dana ke semua bank, melalui akun reguler hingga Rp5 juta per harinya, tanpa dikenakan biaya administrasi apapun.

Tetapi jika ingin transfer dana lebih dari Rp5 juta ke atas, maka kamu perlu menggunakan fitur FLIP+.

Sebab, fitur tersebut memungkinkanmu transfer uang hingga Rp20 juta. Dengan catatan, transaksi pengiriman uang yang dilakukan, akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500,-.

(Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Mudah)

2. DANA

Berikutnya ada DANA, yang juga menjadi aplikasi transfer antar bank gratis, yang bisa digunakan.

Hal tersebut karena, DANA memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transfer dengan nominal berapa saja, tanpa dikenakan biaya admin.

Menariknya, di aplikasi ini kamu tidak hanya bisa melakukan transfer uang saja, namun juga bisa melakukan beberapa jenis pembayaran, seperti misalnya pembayaran listrik, BPJS, pulsa, internet dan lain sebagainya.

Apalagi, aplikasi ini juga sangat cocok untuk kamu para pecinta diskon. Sebab, ada banyak promo menarik yang bisa dinikmati di aplikasi ini. Penasaran apa saja? Yuk, segera unduh DANA di gadget kesayanganmu.

3. GoPay

Selain Flip dan DANA, kamu juga bisa menggunakan GoPay sebagai pilihan alternatif, dari sejumlah aplikasi transfer antar bank gratis yang ada.

Pasalnya, GoPay tidak akan memberikan biaya administrasi apapun, untuk semua jenis transaksi yang dilakukan, termasuk transaksi antar bank ke seluruh Indonesia.

Tetapi untuk bisa melakukan hal ini, kamu harus memastikan saldo GoPay mencukupi. Jika tidak, maka kamu harus top up saldo GoPay terlebih dahulu.

Perlu diketahui, kalau minimal uang yang bisa ditransfer di GoPay, yaitu sebesar Rp10 ribu.

4. LinkAja

Siapa di antara kamu yang belum tahu LinkAja? Salah satu aplikasi transfer antar bank gratis ini, merupakan hasil dari joint venture enam BUMN besar, di antaranya yaitu Telkom, Pertamina, BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri.

LinkAja memang baru didirikan pada 30 Juni 2019, namun aplikasi ini ternyata sangat menarik perhatian, sehingga sudah banyak digunakan.

Hanya saja untuk bisa transfer antar bank gratis, kamu perlu upgrade akun LinkAja yang dimiliki menjadi Full Service.

Selain itu, minimal uang yang harus ditransfer melalui LinkAja, untuk bisa mendapatkan gratis biaya admin, yaitu Rp10 ribu.

5. PayFazz

Di urutan kelima ada PayFazz. Aplikasi transfer antar bank gratis ini sudah banyak dikenal di masyarakat, karena terdapat 88 bank yang ada di Indonesia, yang bisa dipilih setiap ingin melakukan transfer uang.

PayFazz juga sama seperti Flip, karena memiliki dua layanan akun yang bisa digunakan, yaitu reguler dan prioritas.

Untuk reguler, pengguna tidak akan dikenakan biaya apapun, sehingga uang yang dikirim dengan yang diterima memiliki nominal yang sama. Kemudian, waktu penerimaannya pun tidak terlalu lama, yaitu sekitar 3 – 4 jam.

Sementara untuk akun prioritas, pengguna akan dikenakan biaya admin sebesar Rp3 ribu, namun mendapatkan waktu pengiriman yang lebih cepat, yaitu sekitar 3 – 10 menit.

Selain untuk transfer uang, PayFazz juga kerap digunakan untuk membayar beberapa jenis tagihan, seperti tagihan internet, pulsa, PLN, BPJS, dan lain sebagainya.

6. Netzme

Sebagai aplikasi transfer antar bank gratis, Netzme mampu mentransfer uang dalam waktu singkat.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki fitur chatting, yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Netzme lainnya, baik itu teman maupun keluarga.

Jika dilihat dari fungsi dan cara kerjanya, Netzme tidak jauh berbeda dengan aplikasi transfer antar bank gratis lainnya.

Sebab, untuk bisa melakukan pengiriman uang, kamu harus mengisi saldo Netzme terlebih dahulu melalui ATM.

7. Neu

Menjadi aplikasi keluaran PT Neu Inklusi Keuangan, Neu memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi antar bank gratis, atau tidak dikenakan biaya admin.

Namun sayangnya, transaksi gratis itu baru berlaku untuk empat rekening sumber, yaitu BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri.

Neu memang membebaskan biaya admin untuk transfer ke empat rekening bank, namun membebankan tiga digit rupiah sebagai kode unik transaksi.

Itulah yang menjadi kekurangan aplikasi ini, karena tetap membebankan pengguna untuk membayar kode unik transaksi yang diberikan.

8. OY! Indonesia

Aplikasi transfer antar bank gratis yang terakhir, yaitu OY! Indonesia. Aplikasi ini bisa dibilang serba bisa, karena memiliki beberapa fitur canggih yang dapat digunakan, seperti top up dompet digital, transfer antar bank dan catatan aktivitas keuangan.

Nah untuk fitur transfer antar bank sendiri, baru bisa kamu gunakan setelah menautkan rekening bank, atau kartu debit ke aplikasi ini.

Jika proses tersebut berhasil, maka kamu bisa langsung menikmati fitur transfer antar bank, yang terdiri dari tiga pilihan cara, yaitu Debit Card, Virtual Account dan Manual Transfer.

Apabila kamu ingin mengirim uang tanpa terkena biaya admin, maka kamu bisa pilih metode Manual Transfer.

Nantinya, kamu akan mengirimkan uang dengan tambahan kode unik, yang berfungsi sebagai identitas transaksi.

Kode unik yang diberikan tersebut, tentunya sangat bervariasi, karena dimulai dari Rp1 sampai Rp999.

(Baca Juga: Cara Mengirim dan Menerima Uang dengan Western Union)

Itulah delapan aplikasi transaksi antar bank gratis yang bisa kamu gunakan. Semua aplikasi itu, bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

Namun untuk bisa melakukan transfer uang melalui aplikasi ini, kamu wajib memiliki saldo terlebih dahulu. Saldo ini bisa kamu dapat dari top up rekening tabungan.

Lalu, bagaimana jika ternyata di antara kamu ada yang tidak memiliki rekening tabungan? Apakah harus membuat rekening tabungan dulu, agar bisa top up saldo?

Ya, kamu harus membuat rekening tabungan dulu, untuk bisa top up saldo. Caranya sangat mudah, karena di era yang sudah serba digital ini, kamu tidak perlu lagi antre di kantor cabang bank yang dituju, untuk membuat rekening tabungan.

Sebab, kamu bisa melakukannya secara online melalui situs perbandingan seperti CekAja.com.

Di sana, semua proses pengajuan pembuatan rekening tabungan dilakukan dengan cepat, mudah dan aman, karena CekAja.com sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!