10 Aplikasi untuk Latihan Saham, Stockbit Salah Satunya

Memiliki risiko yang cukup tinggi, kamu bisa mencoba aplikasi untuk latihan saham berikut ini terlebih dahulu, untuk mengetahui cara melakukan transaksi saham yang benar.

10 Aplikasi untuk Latihan Saham, Stockbit Salah Satunya

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati. Dibalik kelebihannya yang berpotensi mendapatkan keuntungan berlimpah di masa depan, saham memiliki potensi risiko yang cukup besar.

Risiko inilah yang membuat kamu perlu mempelajari saaham terlebih dahulu, sebelum akhirnya terjun ke dunia saham.

Agar lebih mudah dalam mengetahui alur saham, selain belajar dari buku, kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk latihan saham.

Jadi, baik dari materi hingga cara penggunaan, bisa kamu pelajari secara mendalam. Aplikasi untuk latihan saham ada banyak jenisnya. Kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi berikut ini untuk berlatih.

Jenis Aplikasi untuk Latihan Saham untuk Pemula

1. Stockbit

Aplikasi untuk latihan saham yang bisa kamu coba pertama adalah Stockbit. Aplikasi yang bisa di download secara gratis di Android ini, cukup terkenal dan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga.

Stockbit bisa terkenal bukan tanpa alasan. Pasalnya, aplikasi ini memberikan layanan untuk kamu bisa melakukan latihan jual beli saham secara real time.

Pada tahap awal, kamu akan diberikan dana hingga Rp100 juta, dimana dana tersebut bisa digunakan untuk membeli saham apapun, termasuk saham blue chip.

Hampir semua perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdapat dalam aplikasi Stockbit.

Mulai dari saham unggulan, seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT BNI Tbk (BBNI), dan masih banyak lagi.

Stockbit juga memberikan data saham secara real yang bisa kamu lihat dan amati. Berbagai fasilitas ini, tentu akan membuat kamu semakin mengerti cara investasi saham atau menjadi seorang trading.

Stockbit tidak hanya bisa digunakan untuk latihan saja. Ketika sudah mahir dalam latihan, kamu juga bisa langsung melakukan investasi atau trading saham secara nyata di Stockbit.

(Baca Juga: 10 Daftar Saham Paling Menjanjikan di 2021)

2. Invst

Invst bisa menjadi aplikasi untuk latihan saham berikutnya yang bisa kamu coba. Aplikasi yang berasal dari luar negeri ini, cocok untuk kamu yang ingin trading di pasar saham luar negeri.

Di Invst, terdapat berbagai saham terkenal dunia yang bisa kamu coba. Mulai dari bursa AS Wall Street, Shanghai, Nikkei, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini akan memberikan kamu dana awalan sebesar 1 juta dollar AS. Dari dana tersebut, kamu bisa mencoba membeli berbagai saham dari lebih 1000 saham yang telah disediakan.

3. Simulator Saham

Memiliki rating yang cukup bagus, aplikasi Simulator Saham bisa kamu gunakan untuk melakukan latihan saham

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan dan dipahami. Jadi, untuk kamu yang masih pemula, aplikasi ini cocok untuk digunakan sebagai alat latihan.

Di aplikasi Simulator Saham, kamu tidak perlu takut akan kehabisan kuota. Sebab, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara offline, sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

4. StockMarketSim

StockMarketSim menjadi aplikasi selanjutnya yang tidak kalah bagus, untuk kamu jadikan sebagai aplikasi untuk latihan saham.

Di sini, kamu bisa melakukan simulasi trading dengan dana virtual yang tidak sedikit. Mulai dari ratusan juta, hingga miliaran bisa kamu coba.

Tidak hanya saham dari Indonesia, aplikasi ini juga menyediakan dari luar negeri dari berbagai negara, yang bisa kamu investasikan.

Data pergerakan saham juga bisa kamu lihat melalui aplikasi StockMarketSim. Degan begitu, kamu bisa membeli saham secara real time.

Dari berbagai fasilitas dan kemudahan yang diberikan, aplikasi ini mungkin memiliki sedikit kekurangan. Pasalnya, terdapat banyak iklan saat aplikasi digunakan.

5. IDX Virtual Trading

Aplikasi yang diberikan oleh IDX atau Bursa Efek Indonesia (BEI) ini cocok untuk kamu yang ingin latihan menggunakan saham.

Aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang bisa memudahkan kamu saat terjun dalam investasi saham nantinya. Mulai dari order book, buy, sell, order list, hingga trade list.

Untuk memulai aplikasi ini, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan menerima uang virtual sebesar Rp5 miliar, untuk melakukan investasi.

Perlu diketahui aplikasi IDX Virtual Trading ini hanya bisa kamu gunakan gratis selama 30 hari saja. Jadi, memanfaatkan waktu tersebut untuk latihan saham ya!

6. TradeHero

Agar lebih mudah dalam belajar trading saham, kamu bisa belajar sambil bermain game di TradeHero.

Aplikasi TradeHero menjadi salah satu aplikasi yang cukup mudah untuk dipahami. Di sini, kamu juga akan diberikan dana virtual sebesar 100 ribu dollar AS.

Dana tersebut, bisa kamu gunakan untuk transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), maupun di saham-saham luar negeri.

7. Wall Street Survivor

Aplikasi untuk latihan saham yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah Wall Street Survivor. Dapat di Install secara gratis, nyatanya aplikasi ini dapat memberikan kamu hadiah secara nyata!

Hadiah yang diberikan berupa uang tunai, buku digital, dan masih banyak lagi. Hadiah tersebut bisa didapatkan melalui kontes bulanan yang rutin diadakan oleh Wall Street Survivor.

8. StockTrak

StockTrak menjadi salah satu aplikasi belajar saham gratis selanjutnya yang bisa digunakan. Umumnya, aplikasi ini banyak digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa.

Di aplikasi StockTrak, kamu bisa melakukan analisis portofolio saham, melihat grafik hasil jual-beli saham, dan menerima berbagai informasi terbaru terkait saham.

9. Stock Trainer: Virtual Trading

Para pengguna Android, kamu bisa menginstal aplikasi Stock Trainer: Virtual Trading berikut ini secara gratis.

Aplikasi untuk latihan saham tersebut menampilkan tampilan real market, sehingga membantu kamu untuk belajar saham dengan kondisi yang sebenarnya.

Beragam perusahaan yang tercatat di BEI, tersedia dalam aplikasi tersebut. Kamu juga akan mendapatkan dana awal secara virtual sebesar Rp9 juta, untuk digunakan dalam membeli saham.

10. Trading Game

Trading Game, menjadi aplikasi untuk latihan saham terakhir yang akan dibahas. Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar terkait trading forex atau valuta asing (Valas).

Sebagai modal awal, Trading Game akan memberikan dana virtual sebesar 500 dollar AS. Untuk menambahkan dana tersebut, kamu bisa bermain game dan menjawab kuis-kuis yang disediakan oleh Trading Game.

Perlu diketahui, dalam melakukan transaksi di Trading Game, kamu perlu memiliki dana sedikitnya 1.000 dollar AS. Sehingga, kamu perlu rajin menjawab kuis-kuis ya!

(Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Saham Nyangkut)

Nah, itu dia beberapa aplikasi untuk latihan saham yang bisa kamu gunakan. Setelah berlatih, tentu kamu dapat lebih jeli lagi dalam investasi saham atau trading saham.

Meski sudah belajar, kamu mungkin akan mengalami naik turunnya harga saham. Hal tersebut tidak bisa dihindari, sebab nilai saham yang memang fluktuatif.

Meminimalisir terjadinya kerugian akibat fluktuasi harga saham, kamu bisa menjaga keuangan mu agar tetap stabil dengan menyiapkan dana tabungan.

Tabungan ini bisa disiapkan untuk berbagai hal. Mulai dari untuk menyimpan dana darurat, dana pensiun, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan tabungan, caranya cukup mudah. Kamu bisa mengajukan kepemilikan melalui CekAja.com.

Proses mendapatkannya pun cukup cepat dan mudah. Bahkan, kamu tidak perlu keluar rumah untuk mengajukan tabungan.

Sebab, di CekAja.com kamu bisa mengajukan secara online, tanpa perlu keluar rumah. Selain itu, bisa juga diajukan kapan saja dan dimana saja.

Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), membuat kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengajukan melalui CekAja.com.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pembukaan tabungan melalui CekAja.com sekarang juga!