Apple Kantongi Paten Sistem Kendali Mobil Pakai Ponsel dan Gestur Tubuh

2 min. membaca Oleh CekAja on

Mobil nirawak atau mobil otonom kini tidak hanya bisa dikendalikan lewat suara. Kini, teknologi terbaru yang dikembangkan perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS), Apple Inc bahkan sudah bisa menggerakkan mobil dengan perintah suara dan membaca gestur tubuh penumpangnya.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu berhasil mengembangkan sistem operasional baru mobil tanpa pengemudi yang penumpangnya bisa memberi perintah langsung kepada mobil melalui aplikasi, yang fungsinya mirip seperti asisten pribadi legendaris Apple, Siri.

Para penumpang bisa mengoperasikan sistem kendali di mobil melalui tiga cara, yakni dengan perintah suara, gestur tubuh, dan layar sentuh. Tinggal pilih salah satu opsi kendali, maka mobil pun bisa bergerak sesuai perintah kamu.

Teknologi ini sudah diajukan hak patennya oleh Apple dengan nama Autonomous Vehicle Destination Signal Guidance pada 2 Agustus 2019, dan baru diterbitkan patennya oleh lembaga terkait pada Kamis (23/2) lalu.

smartphone Apple

Seperti dilansir Cnet.com, CEO Apple Timothy Donald Cook atau biasa disapa Tim Cook mengatakan bahwa Apple bekerja pada sistem mobil tanpa awak, bukan membuat produk mobil seperti yang ramai diberitakan sebelumnya.

Intinya, Autonomous Vehicle Destination Signal Guidance yang dikembangkan Apple memberikan kemudahan kepada penumpang mobil nirawak dalam memberikan petunjuk arah kemana mobil itu bergerak.

(Baca juga: Intip 3 Daftar HP Termahal yang Rilis di Tahun 2020. Apa Sajakah Itu?)

Misalnya, perintah suara penumpang mengatakan “saya ingin kopi”. Maka mobil otomatis akan bergerak membawa penumpang tersebut ke kedai kopi terdekat. Canggih bukan?

Sedangkan untuk kontrol gestur atau gerak tubuh ini menggunakan bantuan peta pada layar ponsel. Misalnya kamu hendak parkir di dekat pintu masuk sebuah bangunan, maka dengan menaruh motion pada ponsel, Autonomous Vehicle Destination Signal Guidance itu akan menindaklanjuti perintah dan memastikan kendaraan kamu parkir di lokasi sesuai aplikasi bukan ke tempat lain.

Pada layar ponsel itu juga penumpang bisa memasukkan arah tujuan berikut lokasi parkir yang diinginkan cukup sekali sentuh. Semua lokasi tertera jelas pada layar aplikasi.

(Baca juga: Perusahaan Gurun Tekel Apple Sebagai Perusahaan Paling Untung Tahun Lalu)

Selan itu, Apple juga menyiapkan joystick digital untuk memindahkan mobil secara manual dan mengarahkannya ke tempat parkir jika diperlukan. 

Kapan ya bakal ada perusahaan otomotif yang menggandeng Apple dan menggunakan teknologi Autonomous Vehicle Destination Signal Guidance itu di kendaraannya?

Sambil menunggu informasi lebih jauh mengenai hal tersebut, ada baiknya kamu menabung dari sekarang sehingga saat Apple mengumumkan kerja sama strategis dengan pabrikan otomotif yang berminat dengan teknologi yang dikembangkannya, duit kamu sudah terkumpul buat menebusnya.

Jangan lupa lindungi diri dan keluarga, serta mobil nirawak baru kamu itu nanti dengan asuransi kendaraan dan asuransi kecelakaan yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja