6 Artis Indonesia yang Bangkrut, Kenapa Bisa Jatuh Miskin?

Meskipun sempat tenar di masanya, ternyata banyak artis Indonesia yang bangkrut setelah kariernya meredup hingga tabungannya menipis. Siapakah mereka? Dan bagaimana mereka bisa bangkrut?

6 Artis Indonesia yang Bangkrut, Kenapa Bisa Jatuh Miskin?

Menjadi artis tidak serta merta terhindar dari yang namanya masalah dan musibah, juga tidak terhindar dari pasang surut kehidupan dan juga berada di titik terendah bahkan jatuh miskin.

Meskipun artis dikenal sebagai salah satu figur publik yang memiliki gaya hidup yang mewah dengan pergaulan yang sangat glamor, namun sayangnya tidak jarang banyak dari artis yang jatuh bangkrut .

Bahkan, beberapa artis Indonesia yang bangkrut ini sampai didatangi oleh petugas dinas sosial maupun yayasan lainnya untuk diberikan pertolongan dalam berbagai bentuk seperti uang dan barang.

6 Artis Indonesia yang Bangkrut

Beberapa nama artis Indonesia yang bangkrut merupakan legenda dunia hiburan di Indonesia namun kini terjerat kesulitan finansial. Siapa saja mereka? Kita simak yuk!

Artis Indonesia yang bangkrut ini diakibatkan oleh banyak hal, selain karena pilihan dan gaya hidup yang glamor, kemudian karena pamornya yang semakin redup sebagai selebriti, atau pun beberapa alasan lainnya.

(Baca Juga: Deretan Atlet yang Bangkrut)

1. Tessy

Artis Indonesia yang bangkrut yang pertama adalah Tessy. Jika kamu adalah masyarakat lawas yang dulu sering menonton televisi, tentu tidak asing apabila kamu mendengar nama Tessy.

Sebagai salah satu komedian yang sangat terkenal dan pernah populer di eranya, kini Tessy harus berada hidup di dalam kemiskinan di masa tuanya.

Tessy dulunya merupakan salah satu komedian yang tergabung ke dalam grup pelawak Srimulat.

Tessy atau nama lengkapnya adalah lahir pada tanggal 15 Juni 1942. Nama panggungnya berasal dari nama putri sulungnya sendiri, yakni Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik.

Saat ini Tessy mengalami kemunduran dalam hal karirnya di industri hiburan karena tergeser oleh artis baru yang bermunculan. Bahkan, ia sempat depresi karena tak lagi memiliki pekerjaan di industri hiburan tanah air.

Tak hanya itu, ia juga sempat berurusan dengan polisi karena terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Dan saat ini Tessy terlihat semakin kurus semenjak adanya kemunduran pada karir yang ia miliki.

2. Yati Surachman

Artis Indonesia yang bangkrut di urutan kedua adalah Yati Surachman yang merupakan aktris lahir pada 8 Agustus 1957 yang merupakan aktris senior yang cukup berprestasi di bidangnya.

Yati Surachman berprestasi dalam bidang dunia akting di masanya, bahkan menerima penghargaan sebagai aktris terbaik dalam Festival Film Asia Pasifik pada tahun 1980 karena perannya dalam film Perawan Desa.

Yati Surachman juga terlihat mendalami puluhan film dan sinetron yang sangat digandrungi oleh penonton pada masa itu yang membuat masa itu menjadi masa kejayaan Yati Surachman.

Namun sayangnya kejayaan Yati Surachman mulai meredup seiring dengan adanya aktris baru yang lebih diminati oleh generasi masa kini.

Terlebih lagi, ia sempat merawat ibundanya yang sempat sakit keras namun akhirnya meninggal dunia sehingga banyak dana yang harus dikeluarkan.

3. M. Amin

Berikutnya dalam daftar artis Indonesia yang bangkrut adalah M. Amin yang merupakan aktor terkenal yang dikenal dengan perannya sebagai om Jin dalam sinetron yang berjudul Jin dan Jun.

Sayangnya, kini wajah M. Amin tak pernah lagi ada di televisi karena sepi tawaran untuk bermain sinetron. M.Amin menghabiskan masa tuanya di perumahan padat penduduk di Rawa Belong, Jakarta Barat.

Bahkan, menurut warga sekitar, ia terpaksa harus hidup pas-pasan. Untuk makan pun terkadang ia harus berhutang di warung. Hingga akhirnya ia menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 2013 lalu.

4. Bambang Triyono

Artis Indonesia yang bangkrut selanjutnya adalah Bambang Triyono yang juga seorang aktor yang terkenal di masanya. Bambang dikenal karena perannya sebagai Kentung dalam sinetron Tuyul dan Mbak Yul.

Sayangnya, kesuksesannya tak berlangsung lama, terlebih lagi saat ia terkena stroke. Bahkan, ia juga pernah didatangi oleh petugas dinas sosial untuk diberikan pertolongan.

Kondisi keuangannya tidak membaik seiring berjalannya waktu. Pada tahun 2015 lalu, Bambang Triyono pun meninggal dunia

5. Eddy Gombloh

Daftar artis Indonesia yang bangkrut berlanjut ke nomor lima. Aktor Eddy Gombloh yang dikenal karena perannya di film Benyamin harus mengalami kesulitan finansial.

Ia sempat membuat projek film bersama artis kawakan lainnya Mandra, di mana projek tersebut mangkrak dan menyebabkan kondisi keuangan Eddy memburuk.

Sejak tak melanjutkan karirnya di dunia hiburan, ia memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Ia pun hidup sederhana dengan menjadi seorang petani hingga akhir hayatnya.

6. Aminah Cendrakasih

Di urutan terakhir pada daftar artis Indonesia yang bangkrut adalah Aminah Cendrakasih, pemeran Enyak dalam film Si Doel Anak Sekolahan.

Dulu, ia sangat populer dan berhasil membintangi berbagai film. Bahkan, Aminah telah membintangi lebih dari 70 film selama kariernya.

Kini, di usianya yang telah memasuki 83 tahun, Aminah menderita sakit glaukoma yang membuatnya tidak dapat melihat. Ia juga harus hidup di sebuah hunian sederhana di masa tuanya.

(Baca Juga: 4 Manfaat Aplikasi Pengatur Keuangan)

Agar kamu tidak tidak mengalami kesulitan finansial seperti artis Indonesia yang bangkrut di atas, sebaiknya perlu merencanakan keuanganmu dengan baik.

Salah satu contoh perencanaan keuangan yang matang adalah dengan menyimpan dana dalam tabungan yang tepat bagi kondisi finansialmu.

Untuk membantu kamu menentukan tabungan terbaik untuk kebutuhanmu, CekAja.com menawarkan layanan perbandingan untuk mencari produk yang sesuai lengkap dengan keuntungan dan persyaratannya.

Selain itu, pengajuan tabungan kini tidak perlu rumit karena dengan CekAja.com, apply tabungan online bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan aman.

Segera gunakan CekAja.com untuk mencari tabungan yang sesuai dengan kebutuhanmu agar semakin banyak keuntungan yang kamu peroleh!