8 Artis yang Sukses Bangun Franchise, dari Presenter sampai Selebgram

Daftar artis yang sukses bangun franchise bisa menjadi inspirasi ide bisnis buat kamu. Kira-kira, siapa saja ya orang populer yang mampu mengembangkan bisnis franchise hingga memiliki banyak outlet? Yuk, simak informasinya berikut ini!

8 Artis yang Sukses Bangun Franchise, dari Presenter sampai Selebgram

Profesi artis, seleb, maupun orang terkenal lainnya seringkali dinilai tidak akan selalu eksis dalam waktu yang lama hingga tua. Maka dari itu, sebagian besar artis mulai melirik dunia bisnis sebagai usaha yang bisa dijadikan sumber penghasilan yang lebih ‘panjang umur’.

Ide bisnis yang kebanyakan dipilih para artis adalah di bidang kuliner, yakni tepatnya bisnis franchise makanan alias membuka restoran dengan banyak cabang.

Dulu, bisnis kuliner artis sering dianggap sebelah mata, lantaran dinilai hanya menjual kepopuleran tanpa mengutamakan kualitas makanan. Tapi sekarang, sudah banyak artis yang sangat ‘niat’, dengan membuat perencanaan dan persiapan yang matang. Mulai dari soal menu, manajemen, sampai taktik promosi.

Tak heran, jika prospek bisnis franchise makanan artis semakin bagus dan menarik untuk dicoba. Selain karena brand sudah dikenal publik lewat promo yang dilakukan artis si pemilik bisnis, produk yang berkualitas juga akan membuat konsumen selalu datang membeli.

Di tengah banyaknya artis yang gagal berbisnis, ada juga nih beberapa artis yang sukses bangun franchise. Seperti apa keunikan serta strategi bisnis mereka? Berikut ini CekAja rangkum informasi lengkapnya.

1. Ruben Onsu – Geprek Bensu

Artis yang sukses bangun franchise yang pertama adalah Ruben Onsu yang memiliki kedai ayam geprek kenamaan yakni Geprek Bensu.

Mulanya, Ruben ditunjuk sebagai ambassador bisnis serupa bernama I Am Geprek Bensu. Kemudian, Ruben memilih untuk membuka bisnis ayam geprek sendiri dengan nama Geprek Bensu.

Menu utama paket ayam geprek merupakan ayam goreng tepung yang diberi topping sambal pedas dengan level kepedasan yang beragam. Selain itu, ada pula tambahan topping seperti keju, ataupun sambal khas Indonesia seperti sambal matah, dan sambal rica-rica.

Saat ini, Geprek Bensu sudah memiliki 128 cabang outlet franchise di seluruh Indonesia, dan 1 outlet di Hong Kong. Keren, kan?

Jika melihat dari konsep kedai dan menu, target konsumen dari bisnis ini adalah masyarakat menengah ke bawah, yang sangat mempertimbangkan harga. Makanya, menu Geprek Bensu dijual dengan harga terjangkau. Paket ayam geprek dan nasi dijual mulai dari belasan ribu rupiah.

Dengan harga terjangkau, menu-menu yang ada di Geprek Bensu dikenal memiliki rasa yang enak di semua outlet manapun. Ruben mengutamakan kualitas layanan pelanggan yang sangat baik, dimana semua outlet memiliki akun Instagram yang digunakan untuk promosi sekaligus penanganan keluhan.

Jika ada menu yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan, maka pihaknya berkomitmen untuk mengirim ulang pesanan dengan gratis ongkir.

(Baca Juga: 11 Bisnis Modal 100 Juta dengan Untung Berlipat)

2. Denny Cagur – Dapoer Bang Jali

Dari artis pelawak kawakan, ada nama Denny Cagur yang juga menjadi artis yang sukses bangun franchise dengan restoran Dapoer Bang Jali miliknya. Bisnis yang dimulai sejak 2018 ini sudah memiliki empat outlet di Depok, Jakarta, Pekanbaru, dan Bintaro.

Dapoer Bang Jali menyajikan menu makanan rumahan dengan resep otentik yang enak. Seperti menu paru rica-rica, kentang mustofa, teri pete, dan lain sebagainya.

Keunggulan bisnis ini terletak pada kualitas menu yang enak, serta harga yang terjangkau.

Karena adanya pembatasan kegiatan operasional restoran di masa pandemi, Dapoer Bang Jali memperluas layanannya dengan menjual menu masakan dalam kemasan yang siap makan dan bisa dikirim ke luar kota.

3. Titi Kamal – Warung Tekko & Ayam Jerit

Aktris Titi Kamal bukan hanya memiliki kemampuan akting yang bagus saja, tapi juga mahir mengelola bisnis. Bersama sang suami Christian Sugiono, keduanya dikenal sebagai pesohor yang selalu mencari peluang bisnis. Jadi, tak heran jika namanya masuk ke daftar artis yang sukses bangun franchise.

Nama restoran Warung Tekko pasti cukup familiar untuk masyarakat di kota-kota besar di Indonesia. Ya, restoran yang menyajikan menu rumahan dengan menu andalan iga sapi ini ternyata milik Titi Kamal, lho.

Sedangkan untuk restoran dengan menu makanan sunda, Titi membuka restoran Ayam Jerit by Titi Kamal yang membuka outlet di pusat perbelanjaan maupun outlet sendiri (independen), dan melayani pesan antar makanan skala besar.

Misalnya pesanan partai (dalam jumlah besar), pesanan nasi tumpeng, dan pesanan nasi liwet.

Saat ini outlet Warung Tekko tersedia di Jakarta dan Bekasi, sedangkan outlet Ayam Jerit by Titi Kamal bisa kamu temukan di Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Makassar, Palembang, dan Batam.

4. Bunga Citra Lestari – TGI Fridays

Artis yang sukses bangun franchise selanjutnya adalah Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL. Bersama sang suami Almarhum Ashraf Sinclair, BCL mengambil izin membuka franchise restoran high-end asal Amerika Serikat bernama TGI Fridays sejak tahun 2013.

TGI Fridays memiliki konsep casual dining yang memadukan restoran dan bar modern dalam satu tempat. Menu yang disajikan adalah menu western food, seperti burger, pasta, sandwich, salad, dan berbagai minuman alkohol maupun non-alkohol di spot bar.

Karena target konsumennya adalah masyarakat menengah ke atas, maka outlet-outlet TGI Fridays berada di dalam mall elit di Jakarta. Seperti di Lippo Mall Puri, Central Park Mall, Lippo Mall Kemang, Gandaria City Mall, dan Pondok Indah Mall.

Sebelum masa pandemi datang, restoran ini juga menampilkan performance live band yang menambah seru suasana makan malam.

5. Nico Siahaan – Bumbu Desa

Lama tak terdengar kabarnya, presenter terkenal di era 90-an Nico Siahaan juga rupanya menekuni bisnis franchise restoran sejak 2008 silam.

Bumbu Desa merupakan restoran yang menyajikan menu makanan sunda dengan konsep semi-prasmanan. Bukan hanya menu makanan yang khas, interior restoran ini juga sangat menonjolkan unsur tradisional dengan tata kursi dan meja pengunjung yang dilengkapi dengan saung bambu.

Karena memiliki kapasitas ruangan yang besar di setiap outletnya, maka restoran Bumbu Desa sering dituju sebagai restoran keluarga atau tempat makan bagi acara gathering dan meeting para pekerja kantoran.

Hingga saat ini, Bumbu Desa memiliki cabang di beberapa titik di Jakarta, kemudian juga ada di Depok, Bekasi, Jogjakarta, Bali, dan Jember.

6. Rachel Vennya – Ngikan

Dari artis Instagram alias selebgram, ada juga nih yang sukses melakoni bisnis franchise. Rachel Vennya bersama mantan suaminya Niko Alhakim membuat franchise sajian ikan fillet krispi dengan nama brand Ngikan sejak 2019.

Dengan konsep kedai kecil yang tersebar di berbagai spot kota-kota besar, Ngikan menyajikan makanan ikan dori yang difillet kemudian digoreng garing dengan sandingan nasi liwet dan aneka sambal. Menu dijual dengan harga mulai dari Rp18.000-an.

Ya, inilah yang menjadi keunikan Ngikan Yuk!. Jika kebanyakan pebisnis memilih menu daging ayam, bebek, atau sapi, Rachel-Niko justru memilih ikan sebagai menu dagangannya.

Harga yang murah serta sajian ikan yang jarang ditemui membuat Ngikan sukses membuka cabang di mana-mana, dan masih eksis hingga saat ini.

(Baca Juga: 10 Risiko Bangun Bisnis Bareng Teman Beserta Tips Jitunya)

7. Jovi Adhiguna – Street Boba

Masih dari kalangan selebgram artis yang sukses bangun franchise, kini ada Jovi Adhiguna yang bekerja sama dengan pihak Nikmat Group untuk membuka bisnis franchise minuman kekinian boba bernama Street Boba.

Mulanya, outlet Street Boba pertama kali dibuka di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Kini, sudah banyak orang yang bekerjasama membuka outlet Street Boba di berbagai kota, dengan total lebih dari 100 outlet, dan tambahan 200 outlet lain yang akan segera dibuka.

Outlet Street Boba dibuat dengan konsep minimalis ala Jepang. Setiap outlet dibuat dengan luas yang tidak terlalu besar, karena mengutamakan layanan pemesanan via ojek online. Meskipun begitu, kamu tetap dapat ‘nongkrong’ di outlet ini kok.

8. Fadil Jaidi – Traffic Bun

Artis yang sukses bangun franchise yang terakhir adalah Fadil Jaidi yang membuka kedai burger kekinian bernama Traffic Bun.

Entertainer yang dikenal eksis di berbagai media sosial bersama ayahnya itu baru saja memulai bisnis sejak Maret 2021 lalu. Dalam waktu singkat, kini Traffic Bun sudah memiliki 33 cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Seperti Jabodetabek, Bandung, Malang, Bali, dan Samarinda.

Traffic Bun menonjolkan sajian western food yakni burger, hotdog, dan kentang goreng dengan berbagai pilihan isian daging dan topping.

Itu dia deretan artis yang sukses bangun franchise hingga saat ini. Apakah kamu berminat mengajukan kerjasama bisnis franchise salah satu di antaranya?

Apapun bisnis yang dipilih, kamu tak usah khawatir soal modal. Sebab kini Kredit Tanpa Agunan (KTA) cicilan ringan untuk kebutuan apa saja bisa kamu ajukan secara online via CekAja.com.

Berbagai pilihan KTA dari bank terpercaya tersedia untuk kebutuhan apa saja. Semua partner di CekAja.com adalah lembaga keuangan terbaik yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

CekAja.com akan membantumu memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu, serta membantu proses pengajuan hanya dengan mengisi formulir online. Jadi, sudah pasti pengajuannya sangat mudah, praktis, dan cepat.

Yuk, cek produk KTA terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu serta ajukan hanya melalui CekAja.com!