Arus Balik Mudik 2022 Padat, Ini Dia Tips Biar Perjalanan Tetap Nyaman

Memasuki masa lebaran, tiba saatnya bagi seluruh masyarakat untuk melaksanakan arus balik mudik 2022.

Arus Balik Mudik 2022 Padat, Ini Dia Tips Biar Perjalanan Tetap Nyaman

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa budaya mudik merupakan budaya yang selalu menjadi pembicaraan yang hangat bagi seluruh masyarakat baik yang beragama muslim bahkan yang tidak beragama muslim.

Bagaimana tidak, sebagian besar masyarakat dapat merasakan hangatnya kembali ke kampung halaman setelah sekian lama masyarakat merasakan hingar bingar hidup di perantauan.

Pada arus balik mudik 2022 tahun ini dinilai lebih menarik dan dinamis, karena dua tahun sudah masyarakat tidak dapat merasakan hangatnya kegiatan pulang kampung karena Pandemi COVID-19

Terlebih lagi tahun lalu banyak sekali kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat berpergian ke luar kota karena persebaran COVID-19 di Indonesia masih sangat banyak dan meningkat.

Di sisi lain, Kepolisian Republik Indonesia melalui Kakorlantas Polri yaitu Irjen Firman Shantyabudi menyatakan bahwa puncak dari arus balik mudik 2022 akan terjadi di 6, 7, dan 8 Mei 2022.

Masyarakat perlu berhati-hati dan melakukan langkah antisipasi untuk menghindari kepadatan yang luar biasa akibat dari puncak arus balik mudik 2022.

Jumlah dari pemudik yang kembali ke tanah perantauannya pada arus balik mudik 2022 dipastikan akan lebih besar dari tahun lalu, karena banyak perusahaan yang telah membuka kembali kantornya.

Belum lagi banyak lagi masyarakat yang ingin merantau dari kampung halaman mereka sekarang ini menuju kota-kota besar di Indonesia seperti DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan lain sebagainya.

Ketersediaan pilihan dari banyak transportasi dan pilihan jalan yang semakin bervariasi dari adanya pembangunan infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah Indonesia pun semakin menambah semarak.

Tips Arus Balik Mudik Tetap Nyaman

Selain tips dari pemerintah Indonesia untuk dapat mempercepat jadwal kembali dari pulang kampung, tim CekAja.com akan memberikan kamu tips mengenai arus balik mudik 2022 biar perjalanan kamu aman dan nyaman!

1. Selalu Cek Kondisi Kendaraan Kamu

Tips pertama yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami arus balik mudik 2022 adalah dengan selalu mengecek kondisi kendaraan yang kamu gunakan.

Jangan sampai saat kamu melakukan perjalanan, mobil atau motor yang kamu tumpangi kehabisan oli, bahan bakar, ban bocor, ac rusak, ataupun kerusakan lainnya.

Kerusakan tersebut pasti membuat perjalanan arus balik mudik 2022 kamu menjadi sangat tidak nyaman. Belum lagi biaya tak terduga yang bisa kamu keluarkan secara tidak terencana.

Oleh karena itu untuk memastikan bahwa aktivitas arus balik mudik 2022 aman, kamu bisa melakukan pengecekan ke bengkel terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko.

(Baca Juga: Ini Dia Jadwal Ganjil Genap Mudik 2022)

2. Pastikan Sedang dalam Kondisi Sehat

Jangan sampai saat momen arus balik mudik 2022 yang harusnya menjadi momen yang menyenangkan menjadi momen yang menyedihkan karena kamu sakit.

Oleh karena itu, pastikan kamu dalam kondisi yang prima karena aktivitas perjalanan yang melelahkan. Selain mempersiapkan kendaraannya, pastikan kamu juga sehat.

Istirahat satu hari sebelum kepulangan dari kampung halaman merupakan hal yang penting untuk menjaga stamina dan menghindarkan kamu dari kelelahan.

3. Rencana Jadwal Kepulangan

Dadakan saat melakukan perjalanan bukan merupakan salah satu langkah efektif dalam melakukan perjalanan terutama saat arus balik mudik 2022 ya sobat!

Rencanakan ini bahkan sebelum kamu melakukan mudik. Karena jika kamu menggunakan transportasi publik, tidak selamanya tiket akan tersedia dengan harga normal.

Oleh karena itu, jika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik terutama pada saat arus balik mudik 2022 yang ramai ini, pastikan jadwalnya tersedia.

4. Jangan Membawa Barang Berlebihan

Dari kampung halaman paling nikmat jika kita dibawain makanan segudang dan pabriknya sekalian ataupun bawa barang elektronik untuk menghemat pengeluaran di tempat rantau.

Sayangnya, tak semua barang bisa kamu bawa terlebih jika kamu menggunakan transportasi publik dengan ketersediaan tempat bagasi yang juga terbatas.

Pada beberapa transportasi publik melarang pembawaan barang-barang yang sangat besar terutama barang-barang yang memiliki bau yang sangat pekat seperti duren.

Pastikan kamu hanya membawa barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan, bawa barang secukupnya agar kamu dapat berpergian dengan nyaman.

Jika kamu menggunakan pesawat, terdapat beberapa kebijakan yang membatasi penggunaan jumlah barang yang dibawa yang akan disimpan di bagasi pesawat.

Jika kamu teliti dalam membeli tiket penerbangan, biasanya terdapat informasi fasilitas yang tersedia. Misalkan, beberapa maskapai yang memberikan fasilitas 25 kg barang yang dapat dibawa.

Selain itu, jika kamu menggunakan bis, membawa barang yang terlalu banyak akan menyulut emosi penumpang lain karena ketersediaan tempat penyimpanan yang sangat terbatas.

Tata barang bawaan kamu ke dalam tas atau koper yang dilipat atau diletakkan dengan sangat rapi agar kamu bisa membawa barang lebih banyak namun tidak terlalu terlihat besar.

Hindari juga membawa barang-barang terlarang seperti senjata api, narkoba, atau barang-barang yang dapat dicurigai agar perjalanan arus balik mudik 2022 kamu aman.

(Baca Juga: 6 Tips Mudik Lebaran Hemat)

Begitulah dinamika arus balik mudik 2022 beserta tips-tipsnya. Dapat melaksanakan arus balik mudik 2022 merupakan salah satu kebahagiaan yang harus kamu syukuri.

Tidak semua masyarakat bisa merasakan hangatnya kasih sayang keluarga di kampung halaman, dapat merasakan pengalaman naik transportasi publik, dan membagikannya ke media sosial.

Karena banyak dari masyarakat yang masih harus bekerja dan menjalankan usahanya demi untuk mendapatkan sesuap nasi dan menjalankan roda ekonomi.

Belum lagi masyarakat lain yang tidak dapat menunaikan aktivitas arus balik mudik 2022 karena tidak punya uang yang cukup untuk pulang kampung dengan tiket yang mahal.

Atau alasan yang sesimpel tidak ingin mendapatkan pertanyaan yang traumatis seperti “Kapan punya rumah?” “Mobilnya mana kok nggak ada?” dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kamu harus lebih ekstra dalam bekerja keras dan cerdas agar kamu mendapatkan pemasukan yang lebih banyak lagi.

Selain bekerja yang keras dan cerdas, kamu juga harus memastikan kamu memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai mudik, membeli aset seperti rumah dan mobil.

Terdapat banyak sekali pilihan dari tabungan yang bisa kamu gunakan. Walaupun variasinya banyak, kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

Tak perlu bingung karena dengan mengakses website CekAja.com kamu bisa mendapatkan rekomendasi mengenai tabungan yang cocok untuk kamu.

Dengan berbagai macam rekomendasi pilihan tabungan yang disesuaikan dengan kondisi kamu, kamu tidak perlu khawatir mengenai tabungan masa depan.

Tunggu apalagi? Dapatkan rekomendasi tabungan kamu segera di CekAja.com dan selamat berlibur!