Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Asal Mau Rajin Sedikit, Empat Pengeluaran Ini Bisa Kamu Irit

by Rafly Aditia on 2 Februari, 2016

tips hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Dalam kehidupan yang serba moderen, orang dituntut untuk memiliki mobilitas tinggi. Waktu yang dihabiskan pun cukup banyak apalagi bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan.

Akibatnya, kamu kekurangan waktu untuk mengurus beberapa hal sendiri dan mempercayakan urusan hal-hal tersebut pada penyedia layanan jasa tertentu.

Padahal, jika kamu memiliki manajemen waktu yang baik, pekerjaan tersebut bisa dilakukan sendiri. Alhasil, kamu bisa menghemat pengeluaran. Berikut ini 4 hal yang bisa bikin kamu lebih hemat kalau mau rajin sedikit:

(Baca juga: Trik Memilih Internet Rumah yang Bagus dan Murah)

Cuci kendaraan

Bagi pengguna kendaraan pribadi, mulai sekarang cobalah untuk menekan pengeluaran dengan mencuci kendaraan sendiri. Sebisa mungkin selama memang masih memiliki waktu luang, cucilah kendaraan di rumah

Coba hitung, apabila kamu terbiasa mencuci mobil sekali seminggu di tempat cuci kendaraan dengan biaya Rp 40 ribu plus uang tip Rp 10 ribu, dalam sebulan uang yang dihemat mencapai Rp 200 ribu. Semenatara, selama setahun kamu menghemat uang sebanyak Rp 2,4 juta.

Mencuci pakaian

Bagi yang terbiasa mencuci baju menggunakan jasa laundry, sebenarnya kamu bisa lebih berhemat dengan mencuci pakaian kamu sendiri. Kalau kamu memiliki mesin pencuci dan pengering di rumah, sebaiknya manfaatkan hal tersebut. Belajarlah mencuci pakaian sendiri agar tidak mengeluarkan uang lebih untuk jasa laundry.

Gunakan transportasi umum

Sebenarnya kamu bisa lebih menghemat pengeluaran dengan membiasakan diri menggunakan transportasi umum saat bekerja. Kalau tempat kerja kamu dekat dengan terminal, stasiun atau halte busway, mulailah membiasakan diri menggunakan transportasi umum. Selain membuat pengeluaran bengkak karena harus membayar bensin, penggunaan kendaraan pribadi juga tidak ramah lingkungan.

Memasak

Memang membeli makanan jadi lebih mudah dan cepat. Tetapi bila mau sedikit repot, kamu bisa menekan biaya konsumsi bulanan hingga 50%.

Dengan asumsi biaya makan per hari Rp 50 ribu, maka dalam sebulan kamu mengeluarkan uang Rp 1,5 juta rupiah. Dengan memasak, kamu bisa menekan biaya makan bulanan hingga menjadi Rp 750 ribu rupiah dengan kualitas menu yang sama.

(Baca juga: 5 Pelajaran Penting dari Hidup Robert Kiyosaki)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami