Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ashraf Sinclair Dimakamkan di San Diego Hills, Ini Tempat Pemakaman Mewah Lainnya

by Gito on 19 Februari, 2020

Suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair baru saja meninggal dunia. Pria kelahiran London, Inggris itu menghembuskan nafasnya terakhir di usia 40 tahun dan dikebumikan di tempat pemakaman mewah San Diego Hills, Karawang Jawa Barat.

Takdir memang tidak dapat ditebak kapan akan datangnya. Manusia boleh berusaha, tetapi pada akhirnya tetap tidak luput dari takdir.

Itu pula yang terjadi pada Ashraf, ayah dari Noah Sinclair itu dikenal sebagai pribadi yang rajin olahraga dan menjalani pola hidup sehat.

Namun tetap, di akhir hidupnya, Ashraf harus menerima kekalahannya saat datang serangan jantung. “Pembunuh senyap” itu sampai saat ini masih menduduki peringkat teratas di dunia sebagai penyakit yang paling banyak menimbulkan kematian.

Jenazah Ashraf diberangkatkan ke San Diego Hills pada pukul 2 siang dari rumah duka yang berada di Kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Selain Ashraf, banyak pengusaha dan juga artis kenamaan yang memilih untuk dimakamkan di San Diego Hills.

Mewah dan rapinya lanskap tempat pemakaman tersebut menjadi salah satu alasan banyak orang memilihnya sebagai tempat peristirahatan terakhirnya kelak.

Dengan luas area lahan yang mencapai 350 hektar, San Diego Hills sudah berhasil menjual sebanyak 95 ribu unit makam.

(Baca juga: 5 Pemakaman Paling Mewah di Dunia)
Bisnis Pemakaman

Pemakaman memang sudah berevolusi menjadi bisnis. Tidak hanya sekedar tanah kosong yang kemudian diberi batu nisan, di pemakaman mewah kamu tidak akan menjumpai kesan seram dan juga horor.

Bahkan di area pemakaman tersebut juga tersedia ragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan para keluarga setelah melakukan prosesi pemakaman.

Disamping itu, juga tersedia bangunan serbaguna yang bisa juga digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, arisan dan upacara pemakaman tentunya.

Tidak terbayangkan sebelumnya bukan menggelar acara pernikahan di wilayah pemakaman. Tetapi tenang, karena tempatnya indah dan juga menyegarkan mata.

Tetapi untuk menebusnya, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karena di San Diego Hills saja contohnya, harga untuk satu makam ukuran 1,1 x 3 m2 berkisar di angka Rp63 juta hingga Rp101 juta.

Harga yang lebih tinggi lagi, bisa kamu peroleh jika kamu ingin mendapatkan makam yang lebih privat dan juga penambahan patung.

Konon untuk bisa mendapatkan fasilitas terlengkap, dana yang harus disiapkan bisa mencapai miliaran rupiah.

Selain San Diego Hills masih ada tempat pemakaman super mewah lainnya yang mungkin bisa dijadikan referensi.

1. Heaven Memorial Park

Heaven Memorial Park - Ini Tempat Pemakaman Mewah Lainnya

Tempat pemakaman mewah yang berada di wilayah Bogor ini hanya bisa diisi bagi etnis Tionghoa. Melansir lama Heaven Memorial Park, areal pemakaman tersebut memiliki luasan 125 hektar.

Konsepnya sama seperti tempat pemakaman mewah lainnya, yakni mengutamakan keindahan dan juga kenyamanan bagi para pelayat dan keluarga.

Karena memang dikhususkan bagi kalangan Tionghoa, perihal fengshui sudah menjadi layanan didalam tempat pemakaman tersebut.

2. Taman Memorial Graha Sentosa

Taman Memorial Graha Sentosa - Ini Tempat Pemakaman Mewah Lainnya

Lokasi tempat pemakaman mewah tersebut sama seperti San Diego Hills, berada di wilayah Karawang Jawa Barat.

Memiliki luas lahan 50 ha, Taman Memorial Graha Sentosa dilengkapi juga dengan fasilitas lain seperti pavilion, danau, walkway dan banyak fasilitas lainnya.

Unit makam yang ditawarkan oleh PT Permata Bumi Kencana selaku pemilik bisnis pemakaman tersebut terbagi atas single special, double, double special, imperial zone, emperor zone dan royal zone.

Masing-masing unit dibedakan oleh jumlah jenazah yang bisa dikebumikan.

Tetapi untuk fasilitas yang didapatkan, setiap keluarga bisa mendapatkan fasilitas dan layanan yang ada di taman pemakaman tersebut.

3. Al-Azhar Memorial Garden

Al-Azhar Memorial Garden - Ini Tempat Pemakaman Mewah Lainnya

Tempat pemakaman mewah lainnya adalah Al-Azhar Memorial Garden milik Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar. Berlokasi di Kawasan Karawang, Jawa Barat, tempat pemakaman yang satu ini memiliki luasan lahan 25 ha.

Dengan luasan tersebut, Al-Azhar Memorial Garden mampu memfasilitasi 29 ribu jenazah yang ingin dikebumikan di tempat pemakaman tersebut.

Mengacu pada laman resminya, harga unit makam yang ditawarkan pada tahun 2018 lalu berkisar di angka Rp38 juta hingga Rp827 juta.

(Baca juga: Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu Yuk, Ini Pilihan Destinasinya!)
4. Nirwana Memorial Park

Nirwana Memorial Park - Ini Tempat Pemakaman Mewah Lainnya

Berlokasi di wilayah Purwosari, Jaw Timur, Nirwana Memorial Park atau yang dikenal dengan Puncak Nirwana memiliki luasan lahan hingga 60 ha.

Letaknya yang berada di dataran tinggi, menjadikan Kawasan pemakaman ini mampu menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Konsepnya mirip-mirip dengan tempat pemakaman mewah lainnya, disana kamu juga bisa menikmati sajian makanan dan minuman yang enak di restoran.

Selain itu juga tersedia club house yang bisa digunakan untuk bersantai usai melaksanakan ziarah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk ikut mencicipi bisnis pemakaman? Konsep dasarnya sama dengan konsep bisnis properti perumahan ataupun apartemen. Butuh modal? Jangan ragu, ajukan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit