Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Asian Games Sumbang Rp40 Triliun untuk Jakarta Dan Palembang

by Gito on 31 Juli, 2018

Perhelatan Asian Games yang sebentar lagi digelar di DKI Jakarta dan juga Palembang diprediksi mampu membawa dampak turunan yang tidak sedikit bagi perekonomian tanah air. Di dua tempat yang menjadi basis Asian Games berlangsung itu, diperkirakan bakal menumbuhkan perekonomian senilai Rp40,5 triliun. Mantap!

asian games 2018 palembang

Jumlah tersebut merupakan potensi yang ada dari 2 wilayah penyelanggara Asian Games 2018. Melihat data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), DKI Jakarta tampaknya bakal “kecipratan” sekitar Rp22 triliun untuk periode 2015 sampai 2018. Angka itu nantinya bisa langsung berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) negara dan Indonesia pada umumnya.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan nilai tersebut didapatkan dari investasi konstruksi sebesar Rp 13,7 triliun dan operasionalisasi penyelenggaraan senilai Rp 5,8 triliun. Disamping itu ada juga potensi pengeluaran pengunjung mancanegara dan domestik sebesar Rp 2,6 triliun.

(Baca Juga : Yuk, Siapkan Bujet Travelling Sekaligus Nonton Asian Games 2018 di Palembang!)

Adanya Asian Games juga bakal membuat padat ibukota. Bahkan mengacu pada data Bappenas, pengunjung DKI Jakarta diperkirakan bertambah hingga 408.400 orang. Jumlah tersebut terbagi atas 154.069 wisatawan mancanegara dan 254.332 wisatawan nusantara.

Sedangkan bagi Sumatera Selatan, dampak ekonomi langsung dari gelaran olahraga akbar se-Asia itu diprediksi mencapai Rp18,5 triliun. Jumlah tersebut diperoleh melalui investasi konstruksi senilai Rp15,4 triliun dari tahun 2015 hingga 2018 dan operasional penyelenggaraan sebesar Rp2,1 triliun.

Selain itu juga akan ada potensi dari pengeluaran pengunjung sebesar Rp968 miliar. Proyeksi tersebut sejalan dengan adanya potensi penambahan jumlah pengunjung di Palembang hingga 175.029 orang yang terdiri atas 66.029 wisatawan mancanegara dan 108.999 wisatawan nusantara.

(Baca Juga :Ini Berbagai Persiapan Indonesia Menyambut Asian Games 2018)

Perhitungan pengeluaran pengunjung didasarkan pada asumsi lama tinggal 12 hari untuk atlet dan officials, 14 hari untuk media, 6 hari untuk wisatawan mancanegara, satu hari untuk wisatawan nusantara Jakarta dan Palembang, serta tiga hari untuk wisatawan di luar Jakarta dan Palembang.

“Dampak ekonomi tidak langsung Asian Games 2018, meliputi tahap konstruksi, operasional penyelenggaraan, dan kedatangan pengunjung, berkontribusi pada pertumbuhan PDB dan nilai tambah ekonomi, peningkatan output sektor, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan pendapatan riil,” ungkap Bambang.

Untuk DKI Jakarta, penyelenggaraan Asian Games 2018 juga bakal menambah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) riil sebesar Rp14 triliun pada periode 2015 hingga 2019. Jumlah tersebut dihasilkan dari peningkatan investasi, belanja pemerintah, dan konsumsi rumah tangga.

Lapangan Kerja Meningkat

Dampak positif lainnya yang juga bakal dirasakan adalah bertambahnya jumlah kesempatan kerja pada periode 2015-2019 sebesar 57.300 orang. Output perekonomian DKI Jakarta pada periode tersebut juga dapat bertambah sebesar Rp40,6 triliun, yang didapatkan dari kegiatan konstruksi persiapan sarana dan prasarana senilai Rp18,5 triliun,kegiatan operasionalisasi penyelenggaraan Rp20,9 triliun, dan kegiatan pengunjung domestik dan mancanegara sebesar Rp1,2 triliun.

Tercatat, sektor rekreasi dan hiburan tumbuh 26,10%, sektor penyiaran naik 2,81%, sektor hotel tumbuh 2,17%, utilitas 0,57%, konstruksi 0,51%, jasa lainnya 0,47%, transportasi 0,44%, serta makanan dan minuman 0,40%.

Untuk Palembang, dalam gelaran Asian Games 2018 disinyalir mampu menambah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) riil sebesar Rp4,2 triliun pada 2015-2019 yang didorong oleh peningkatan investasi, belanja pemerintah, dan konsumsi rumah tangga. Jumlah kesempatan kerja di Palembang juga bakal bertambah 51.500 orang.

(Baca Juga : Ini Jurus Pemerintah Agar Jakarta Tak Macet Selama Asian Games)

Untuk memaksimalkan dampak ekonomi Asian Games 2018, Indonesia membidik tiga strategi utama, Cek Yuk!

Menggaungkan promosi untuk menonton langsung Asian Games 2018

Langkah ini bakal ditempuh dengan peningkatan kemudahan akses ke venue pertandingan untuk penonton lokal, penyelenggaraan event yang atraktif di lokasi pertandingan sehingga menarik minat penonton lokal untuk menonton langsung, dan menghidupkan euforia Asian Games 2018 di dalam negeri.

Disamping itu juga akan dilakukan pengenalan profil kota penyelenggara, lokasi pertandingan dan atlet yang mewakili Indonesia.

Memaksimalkan peluang pariwisata dari Asian Games 2018

Pemerintah bakal membuat travel guide bagi wisatawan mancanegara yang berisi pengenalan budaya Indonesia, panduan mengunjungi Asian Games, things to do di Indonesia, opsi wisata, daftar akomodasi, tempat makan, dan pusat belanja, serta event pariwisata terkait Asian Games.

Membuat rekomendasi kebijakan

Ini merupakan program jangka panjang untuk memaksimalkan manfaat Asian Games 2018 di antaranya pengolaan venue pasca Asian Games dilakukan secara profesional, peningkatan aktivitas/event olahraga sebagai bagian grand design peningkatan prestasi olahraga Indonesia, peningkatan awareness masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga, juga pemanfaatan venue olahraga untuk aktivitas lain di luar olahraga MICE (Meeting, Incentives, Conferences, & Exhibition).

Nah bagi Anda yang ingin ikut meramaikan Asian Games 2018, Anda bisa berburu tiket secara daring. Jangan lupa lengkapi diri Anda dengan kartu kredit, agar nonton Asian Games Anda menjadi nyaman, ajukan segera di CekAja.com

.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami