Asuransi Buat Kamu yang Hobi Olahraga Ekstrim  

8 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Kamu punya hobi olahraga ekstrim dan berpetualang, menjelajah dengan risiko yang cukup tinggi? Meski tak ada yang tahu kapan kecelakaan maupun kematian bakal tiba, namun tak ada salahnya kita punya perlindungan. Terlebih dengan hobi yang memiliki tingkat risiko yang tinggi.

Asuransi Buat Kamu yang Hobi Olahraga Ekstrim  

Saat pergi menuju tempat berpetualang baru dengan risiko tinggi, tak jarang kamu pun meninggalkan keluarga yang harap-harap cemas menanti kepulanganmu. Bukan hanya risiko kematian yang bisa mengintai setiap saat, namun juga cedera dan kecelakaan yang juga bisa datang sewaktu-waktu saat kamu melakukan hobi olahraga yang ekstrim itu.

Agar tidak was-was lagi saat melakukan perjalanan dan hobi yang cukup ekstrim, pertimbangkanlah untuk membeli produk asuransi. Jangan khawatir, di Indonesia ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan produk khusus buat kamu yang punya hobi olahraga ekstrim. Satu diantaranya bahkan membebaskan kamu memilih jumlah uang pertanggungan. Selain itu, premi asuransinya juga sangat terjangkau.

Ada beberapa produk asuransi yang mungkin bakal cocok buat penyuka olahraga ekstrim. Asuransi ini tentunya bakal memberikan perlindungan terhadap kecelakaan. Seperti  Asuransi iFWD Liberate Bebas Aksi ini. Asuransi buat para penyuka olahraga ekstrim tersebut punya pilihan premi bulanan yang terjangkau, yakni mulai dari Rp50.000 per bulan atau Rp 600 ribu per tahun, sesuai kebutuhan kamu.

(Baca Juga: Yuk Cek! Olahraga Apa yang Bisa Menurunkan Berat Badan?)

Meski mengcover asuransi untuk olahraga ekstrim bahkan nonton konser, Bebas Aksi pun memiliki pengecualian, yaitu manfaat asuransi tidak akan dibayarkan apabila nasabah bunuh diri, mencoba bunuh diri atau melukai diri sendiri baik dilakukan dalam  sadar atau tidak sadar oleh tertanggung, keterlibatan dari tertanggung melakukan tindakan ilegal, melalaikan dan/atau melawan/melanggar hukum, termasuk tindak kejahatan asuransi yang dilakukan oleh pihak yang memiliki atau turut memiliki kepentingan dalam pertanggungan asuransi ini.

Selain itu, kamu juga bisa beli asuransi langsung secara online dengan proses klaim yang mudah dengan perlindungan di seluruh dunia. Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan sampai dengan Rp 1 Miliar. Manfaat tambahan meliputi cacat tetap total dan penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan.

Produk asuransi iFWD Liberate Bebas Aksi juga memberikan kebebasan memilih uang pertanggungan hingga 1 Miliar untuk nasabahnya.

Untuk melakukan proses klaim, caranya juga cukup mudah.

Langkah 1

Kunjungi IFWD.CO.ID via PC atau gadget kamu & download form klaim. Isi data singkatnya dan jangan lupa lengkapi dokumen pendukung.

Langkah 2

Kirim form klaim dan dokumen pendukungnya via email cs.id@fwd.com dan kirim juga melalui pos ke kantor FWD Life

Langkah 3

Tunggu proses verifikasi selama 7 hari kerja dan dana klaim kamu sudah dikirim via transfer. Mudah dan cepat.

Selain Asuransi iFWD Liberate Bebas Aksi, kamu juga bisa memilih asuransi untuk kecelakaan olahraga ekstrim dari Jaga Diri. Perusahaan asuransi PT Central Asia Financial atau Jaga Diri memberikan produk asuransi yang cukup menarik bagi kamu yang punya hobi ekstrim, yaitu Jaga Aman Instan.

Jaga Aman Instan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jiwa bagi nasabah atas resiko kecelakaan, termasuk perlindungan pada olahraga dan pekerjaan yang beresiko tinggi berupa santunan meninggal dunia dan santunan perawatan rumah sakit karena kecelakaan dengan berbagai pilihan jangka waktu perlindungan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Jaga Aman Instan memberikan fleksibilitas dan kemudahan kepada nasabah untuk mendapatkan perlindungan yang sesuai kebutuhan mereka, kapanpun dan dimanapun. Produk ini tidak dapat diperpanjang dan pembayaran premi hanya sekali di awal Polis. Kamu juga bisa menentukan lama perlindungan, mulai dari tiga jam, per hari, per minggu hingga per bulan. Premi Jaga Aman Instan dibanderol mulai dari Rp 5 ribu.

Manfaat Santunan Meninggal Dunia akibat Kecelakaan

Santunan berupa 100% uang pertanggungan jika Tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, sesuai Plan yang dipilih. Lamanya perlindungan bervariasi yaitu Per jam (dengan opsi 3, 6, atau 12 jam), Per hari (dengan opsi 1 hari), Per minggu (dengan opsi 1 minggu), atau Per bulan (dengan opsi 1, 3, 6 atau 12 bulan). Pilihan yang sangat menarik!

Manfaat Santunan Perawatan Rumah Sakit akibat Kecelakaan

Santunan berupa uang tunai sebagai pengganti biaya aktual perawatan rumah sakit akibat kecelakaan. Jumlah maksimal santunan yang diberikan per kejadian sesuai dengan Plan yang dipilih.

Berikut persyaratan umum untuk mengajukan asuransi Jaga Aman Instan:

  1.       Usia masuk: 21 s/d 64 tahun
  2.       Masa Pertanggungan sesuai dengan pilihan Tertanggung
  3.       Premi dibayarkan sekaligus
  4.       Pilihan Uang Pertanggungan : Rp 25.000.000 dan Rp 50.000.000

Buat kamu yang hobi travelling ke berbagai tempat wisata di dalam maupun luar negeri, Jaga Diri juga punya asuransi resiko kecelakaan yang mungkin bisa terjadi di keseharianmu.

Jalan raya yang padat, sarana transportasi yang kurang nyaman dan berbagai masalah lain selalu siap membuat perjalananmu penuh resiko. Travelling ke tempat-tempat tujuan wisata favorit pun tidak luput dari resiko keamanan diri.

Jaga Aman  hadir sebagai solusi permasalahan seputar resiko kecelakaan yang mungkin terjadi di keseharian kita.  Dengan proses aplikasi instan dan tanpa repot, Kamu akan terlindungi kapanpun, dimanapun. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 25.000 selama satu tahun penuh!

Manfaat Jaga Aman

Santunan Meninggal Dunia akibat Kecelakaan hingga Rp 100.000.000

Santunan berupa 100% Uang Pertanggungan apabila Tertanggung Meninggal Dunia akibat Kecelakaan, dengan Pilihan Uang Pertanggungan mulai dari Rp 25.000.000 hingga Rp 100.000.000

Santunan Perawatan Rumah Sakit akibat Kecelakaan hingga Rp 10.000.000 per tahun

Santunan Perawatan Rumah Sakit berupa penggantian biaya aktual Perawatan Rumah Sakit akibat Kecelakaan, dengan maksimal santunan mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 10.000.000 per tahun.

Layanan bantuan 24 Jam, meliputi:

  • Konsultasi medis Evakuasi dan Repatriasi
  • Transportasi pasien
  • Pemulangan jenazah
  • Ambulance
  • Layanan Khusus lainnya

Persyaratan Umum

  1. Usia Masuk: 18 s/d 65 tahun
  2. Masa Pertanggungan 1 tahun dan dapat diperpanjang hingga usia Tertanggung 70 tahun
  3. Frekuensi pembayaran premi: Bulanan dan tahunan
  4. Uang Pertanggungan: Rp 25.000.000 s/d Rp 100.000.000

Demikian  beberapa pilihan produk asuransi yang dapat kamu beli jika kamu merupakan penyuka olahraga ekstrim. Sebelum membeli produk asuransi, kamu bisa bertanya sedetail mungkin untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh dan transparan. Pastikan kamu benar-benar mengetahui produk yang bakal kamu beli.

Beberapa hal yang patut kamu pahami satu diantaranya adalah informasi pemegang polis. Dalam hal ini, kamu adalah pemegang polis. Setelah menerima buku polis, cek pada bagian informasi. Apakah informasi di sana sesuai dengan data dirimu. Seperti nama, tanggal lahir, nomor polis, alamat, hingga penerima manfaat.

Baca dengan detail mengenai poin-poin manfaat asuransi. Karena jika terjadi sesuatu, manfaat tersebut akan kamu terima. Misalnya kamu mengalami kecelakaan kerja atau kamu menderita panas tinggi yang segera dilarikan ke rumah sakit. Adakah poin polis asuransi yang tidak kamu setujui atau setuju dengan semua poin? Jika ada manfaat yang tidak disetujui, kamu bisa membicarakannya dengan agen asuransi. Perhatikan pula plan manfaat dan rumah sakit rekanan asuransi.

Jangan lupa, teliti mengenai rincian biaya. Seperti premi asuransi, biaya asuransi tambahan, kenaikan premi per tahun, biaya administrasi, dan lainnya. Jika asuransi memiliki manfaat investasi, tanyakan pula pembagian dananya.

Ekstrim atau Super Ekstrim?

Tapi jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan terlebih dahulu, sebab kamu juga harus tahu, ada beberapa olahraga ekstrim yang tak bakal dicover oleh perusahaan asuransi, yaitu sebagai berikut:

1. Bela Diri

Olahraga bela diri tak bakal mendapatkan manfaat perlindungan dan tidak bakal dicover oleh perusahaan asuransi manapun karena seperti yang kita tahu, dalam beberapa menit saja kita melakukan olahraga ini, tubuh bisa lebam sewaktu-waktu.

2. Hiking

Kamu yang hobi hiking, jangan harap bisa mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi. Apalagi jika gunung yang didaki lebih dari 2500 meter. Super ekstrim!

3. Skateboard

Hampir semua gerakan dengan papan beroda empat ini punya resiko tinggi. Sehingga, perusahaan asuransi tidak bakal memberikan manfaat proteksi. Tentu saja, yang bisa kamu lakukan bukan mendaftarkan perlindungan diri ke perusahaan asuransi, melainkan memakai body protector skateboard yang bisa melindungi tubuhmu dari luka maupun cedera.

4. Parkour

Anak muda zaman now pasti sudah akrab dengan parkour alias olahraga yang biasa disebut sebagai free running ini. Aktivitas parkour memanjat dinding dan gedung tinggi dan berpindah secepat mungkin memberikan risiko yang luar biasa tinggi. Jadi, olahraga ini masuk dalam daftar olahraga yang tak bakal mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi.

Perlindungan Diri Atau Manfaat Investasi?

Sebelum membeli produk asuransi, tanyakan pada diri sendiri, jenis asuransi seperti apa yang cocok buat kamu. Apakah asuransi jiwa untuk perlindungan diri dari risiko kematian dan kecelakaan saja, atau asuransi dengan manfaat investasi?

Sesuaikan produk asuransi dengan kebutuhanmu. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi dengan maksimal. Misalnya kamu butuh perlindungan diri yang memiliki manfaat investasi, perlindungan dengan manfaat yang fokus pada area pekerjaan, atau perlindungan yang bisa digabung dengan asuransi tambahan (riders) yang khusus kesehatan. Dalam memilih kebutuhan, perhatikan juga usia, gaya hidup, dan kondisi kesehatan sebelumnya.

Jangan lupa untuk selalu melihat sistem klaim. Salah satu yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih asuransi adalah sistem klaim. Pada umumnya, perusahaan asuransi memberlakukan dua sistem klaim, yaitu cashless atau reimbursement.

Kedua sistem klaim ini bisa memudahkanmu, tentunya tergantung dari kebutuhan dan posisi rumah sakit juga. Untuk itu kamu perlu melihat dengan teliti, aturan yang diterapkan perusahaan asuransi. Misalnya sistem cashless berlaku untuk rumah sakit rekanan yang jaraknya dekat dengan lokasi tempat kamu bekerja, tentunya ini akan memberikan manfaat yang lebih. Pahami juga tentang fasilitas, antara lain jaringan rumah sakit dan antar jemput ambulance.

Ketahui juga berapa biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulan, apakah penghasilan bisa memenuhi asuransi pilihanmu, berapa kenaikan biaya asuransi setiap tahun, berapa alokasi investasi, kapan investasi bisa diambil, dan lainnya. Pastikan kamu memahami sistem biaya dalam asuransi.

Jangan sembarang memilih asuransi, apalagi hanya karena agen asuransi adalah temanmu. Pilih perusahaan asuransi dengan reputasi baik dan tidak terkait pelanggaran hukum. Hal ini bisa kamu tanyakan kepada keluarga dan teman-temanmu atau membaca review nasabah lain yang telah menggunakan asuransi tersebut. Untuk membeli jenis asuransi kamu harus melihat terlebih dulu perusahaan tersebut, apakah sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika kamu masih ragu untuk membeli produk asuransi, kamu bisa mencari tahu dulu beberapa perusahaan asuransi yang terpercaya. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan masing-masing asuransi dengan jumlah premi yang mampu kamu sediakan untuk dibayarkan setiap bulan maupun setiap tahun.

Buat kamu yang memiliki hobi ekstim, coba ajukan asuransi kesehatan di cekaja.com

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas