Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Asuransi Kesehatan untuk Pelajar di Luar Negeri

by Teti Purwanti on 24 Januari, 2020

Asuransi kesehatan untuk pelajar di Indonesia memang tidak begitu familiar. Namun, asuransi kesehatan untuk pelajar wajib dimiliki untuk mereka yang kuliah di luar negeri, terutama Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Asuransi Kesehatan untuk Pelajar di Luar Negeri

Ketiga negara tersebut memang cukup ketat dalam memberikan visa, yang salah satu persyaratannya adalah asuransi jiwa atau kesehatan, baik untuk pelajar maupun pekerja. Asuransi kesehatan untuk pelajar di luar negeri juga sangat penting, apalagi bagi mereka yang memilih negara-negara yang sangat jauh dan juga memiliki iklim yang berbeda.

Pada masa awal studi di luar negeri, sangat mungkin pelajar akan mengalami gangguan kesehatan karena iklim yang berbeda dan tubuh yang belum terbiasa. Saat itu, tidak mungkin orang tua datang mengunjungi, pasalnya tentu saja biaya transportasinya pun sangat mahal.

Setiap negara memiliki syarat kalau seseorang yang akan studi di negaranya harus memiliki asuransi kesehatan yang akan mengcover biaya kesehatan pelajar selama masa studinya di negara tersebut. Setiap negara pun memiliki ketentuan asuransi jenis apa yang dapat diterima. Tidak semua jenis asuransi yang dapat diterima, hal ini biasanya sejak awal sudah dimasukan juga dalam persyaratn pengajuan visa.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Daftar Asuransi Adira, Mudah dan Praktis)

Beberapa asuransi kesehatan untuk pelajar di luar negeri biasanya juga memberikan banyak manfaat yang bisa dapatkan, yaitu gratis konsultasi saat pergi ke dokter atau rumah sakit, pengembalian uang saat membeli obat di apotek, gratis dalam menggunakan jasa ambulans dan rawat inap dan gratis juga menggunakan obat atau infus.

Pelajar juga Butuh Proteksi

Meski masih sekolah dan menempuh pendidikan, pelajar dan mahasiswa juga membutuhkan proteksi. Karena pada dasarnya, setiap orang selalu dihadapkan dengan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan setiap harinya.

Pelajar juga tidak bisa lari dari risiko seperti penyakit, kecelakaan dan lain-lain, tidak heran antisipasi sangatlah penting. Tidak heran, asuransi kesehatan sangat penting bagi pelajar. Malah menjadi yang utama apalagi bagi pelajar yang berada di perantauan baik di dalam maupun luar negeri.

Biasaya asuransi kesehatan untuk pelajar memiliki dua sistem yang pertama adalah sistem reimburse yang mengharuskan pemegang polis membayar biaya pengobatan terlebih dahulu. Jika terjadi sesuatu sehingga harus dirawat di rumah sakit, kamu harus membayar seluruh biaya di muka. Setelah itu, biaya tersebut baru bisa diklaim ke pihak asuransi dengan memenuhi syarat-syarat klaim yang diminta oleh perusahaan asuransi.

Sistem kedua adalah sistem cashless, dengan sistem ini jadi lebih mudah karena tidak perlu mengeluarkan uang apapun ketika mengalami penyakit. Dengan begitu ketika terjadi keadaan darurat kamu dapat langsung menerima layanan pengobatan tanpa harus memikirkan biaya. Asuransi ini akan sangat bermanfaat terutama jika kamu tinggal jauh dari orangtua apalagi bila sekolah di luar negeri.

AXA International Student Protection

AXA International Student Protection - Asuransi Kesehatan untuk Pelajar di Luar Negeri

AXA Mandiri menjadi salah satu penyedia asuransi kesehatan untuk pelajar di luar negeri. Apalagi belajar ke luar negeri merupakan suatu kesempatan yang besar. Agar fokus dalam belajar dan tidak mengkhawatirkan masalah- masalah yang mungkin timbul pada saat di luar negeri, International Student Protection memberikan perlindungan selama belajar baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

AXA International Student Protection memberikan perlindungan penggantian biaya kuliah yang telah dibayar jika pelajar tidak melanjutkan masa belajar karena kecelakaan. Selain itu, AXA International Student Protection juga mengganti biaya perawatan, pengobatan, dan transportasi darurat ke rumah sakit.

Bukan cuma itu, AXA International Student Protection juga mengganti kehilangan atau kerugian termasuk barang-barangnya yang terjadi selama perjalanan. Fitur ini biasanya di cover oleh asuransi perjalanan. Namun, AXA International Student Protection ternyata memproteksi hal tersebut, selain asuransi kesehatan untuk pelajar.

AXA International Student Protection juga memberikan perlindungan sampai batas maksimum terhadap kekerasan, termasuk serangan penjahat, perampok, serta tindak kriminal lainnya. AXA International Student Protection bahkan mengcover jika sponsor beasiswa pelajar mengalami kematian karena kecelakaan ataupun ketidakmampuan secara permanen.

Syarat dan Ketentuan AXA International Student Protection

Pelajar yang ingin memiliki asuransi kesehatan untuk pelajar di luar negeri, AXA International Student Protection telah melewati usia 16 tahun, mata uang yang digunakan asuransi ini adalah dolar Amerika Serikat (AS) dengan minimum premi USD54 dan masa pertanggungan satu tahun yang bisa diperpanjang.

Allianz International Health Insurance

Allianz International Health Insurance - Asuransi Kesehatan untuk Pelajar di Luar Negeri

Meski tidak spesifik ditujukan untuk asuransi kesehatan untuk pelajar di luar negeri. Asuransi ini juga mengcover hal tersebut dengan penawaran yang sangat detail, termasuk membantu proses transisi saat si pelajar sampai di negara baru. Bahkan, Allianz juga menyediakan Medi24, dengan 4 bahasa yang bisa diajak bicara mengenai kesehatan bagi pelajar di luar negeri, kapan saja, di mana saja selama 24 jam sehari, tujuh hari dalam sepekan.

Asuransi ini juga dianggap cocok bagi pelajar di luar negeri karena fleksibilitas, keterjangkauan, dan ketenangan pikiran, membuat bebas untuk membuat kenangan yang tidak akan pernah terlupakan. Asuransi ini juga mencakup perawatan medis yang mahal seperti akomodasi rumah sakit, operasi dan perawatan rawat inap lainnya. Ini termasuk manfaat seperti perawatan rehabilitasi, operasi rawat jalan dan evakuasi medis, untuk berjaga-jaga.

Allianz juga menawarkan konseling, dukungan hukum dan keuangan, melalui Program Bantuan Expat. Tidak perlu khawatir menemukan atau memberi perawatan medis di negara asing, cukup hubungi saluran bantuan 24/7, atau gunakan aplikasi MyHealth untuk mengakses dukungan dan informasi kapan saja, di mana saja.

Meski cukup lengkap, asuransi ini memiliki biaya yang cukup mahal dan dalam mata uang Euro.

DBS Overseas Student Protect Plan

DBS Overseas Student Protect Plan - Asuransi Kesehatan untuk Pelajar di Luar Negeri

Asuransi ini dirancang bagi setiap pelajar di luar negeri bahkan termasuk juga untuk magang yang hanya satu bulan, program pertukaran pelajar enam bulan atau juga studi panjang di luar negeri. Bukan hanya memproteksi kesehatan, DBS juga akan memberikan proteksi saat terjadi serangan terorisme bagi pelajar yang berada di luar negeri.

Tidak hanya itu, bagi pelajar yang juga suka petualangan, DBS juga memberikan manfaat bagi kecelakaan yang diakibatkan aktivitas petualangan, mulai dari bungee jumping, sky diving, ski, scuba diving, dan banyak lagi.

Asuransi ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang berusia 18 hingga 55 tahun, bagi pelajar dewasa. Namun untuk pelajar anak dimulai dari usia 15 tahun hingga 17 tahun. Bagi pelajar di bawah 18 tahun, asuransi ini harus diajukan oleh orang tua, namun bagi pelajar di atas 18 tahun, asuransi ini bisa langsung diajukan sendiri.

DBS juga bisa membantu memberikan verifikasi dengan lembaga pendidikan asing atau otoritas yang relevan untuk menentukan apakah kebijakan ini memenuhi persyaratan mereka. Selama ini, persyaratan asuransi berbeda untuk berbagai lembaga dan negara.

Pendidikan Terbaik

Sementara itu, 10 universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS
  2. Universitas Stanford, AS
  3. Universitas Harvard, AS
  4. Universitas Oxford, Inggris
  5. California Institute of Technology (Caltech), AS
  6. ETH Zurich – Institut Teknologi Federal Swiss, Swiss
  7. University Of Cambridge, UK
  8. UCL (University College London), Inggris
  9. Imperial College London, Inggris
  10. University of Chicago, AS

Finlandia selalu merajai indeks terbaik dalam hal pendidikan, termasuk juga faktor lingkungan pembelajarannya berada di peringkat teratas. Pembelajaran ekstrakurikuler, konseling karir, dan akses teknologi dalam pembelajaran paling terdepan dibandingkan negara lain. Selain itu, kualitas guru di Finlandia merupakan yang terbaik di dunia.

Selain Finlandia, Swedia, negara tetangganya juga memiliki pendidikan terbaik. Tak tanggung-tanggung, tata kelola pendidikan tingginya mencapai skor sempurna. Artinya, kerangka kerja penjaminan mutu yang diterapkan di seluruh universitas tergolong sangat berkualitas.

Selandia Baru memiliki penduduk yang sedikit, namun kualitas pendidikan di negara ini sangat baik. Negara ini berhasil memberikan pendidikan masa depan yang unggul untuk warganya berkat tingginya faktor ekonomi sosialnya.

Negara tetangga, Singapura, selalu juga masuk dalam daftar negara dengan pendidikan terbaik. Kekuatan utamanya berada pada integrasi keterampilan masa depan dalam kerangka kurikulum untuk SMA. Mereka juga merefleksi tata kelola pendidikan tinggi. Pejabat pembuat kebijakannya pun ikut mendukung perlunya pembelajaran keterampilan untuk menghadapi masa depan.

Ayo ajukan asuransi kesehatan di cekaja.com, Kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan.

 

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.