Mengenal Asuransi Perjalanan Keluarga Agar Nyaman Saat Liburan

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Berlibur adalah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh seseorang, karena dengan berlibur kita akan memperoleh suasana baru setelahnya. Selain itu, liburan juga sebagai salah satu bentuk kita menghargai diri kita atas semua yang telah kita lakukan.

Melepas rutinitas sejenak, menikmati suasana baru, dan memanjakan diri dengan beragam pelayanan liburan yang menyenangkan. Berlibur bisa kita lakukan bersama teman teman, keluarga, atau bahkan sendirian.

Mengenal Asuransi Perjalanan Keluarga Agar Nyaman Saat Liburan

Nah, jika kamu memilih bepergian liburan bersama keluarga, maka ada beberapa hal penting yang harus diingat. Bepergian sebagai keluarga bisa sangat menyenangkan. Tetapi pada saat yang sama, itu juga bisa diisi dengan kecemasan perjalanan. Apa yang terjadi jika kecelakaan terjadi selama liburan? Atau jika bencana alam membuat keluarga kita terdampar di luar negeri untuk beberapa hari tambahan yang tidak direncanakan.

Jadi, untuk menikmati perjalanan liburan keluarga kamu tetap menyenangkan, penting untuk dapat memiliki ketenangan pikiran sebagai orang tua. Salah satu cara terbaik untuk mencapai ketenangan pikiran ini adalah dengan mendapatkan kebijakan asuransi perjalanan yang tepat. Dan ketika tiba waktunya untuk bepergian dan berlibur bersama keluarga, membeli rencana asuransi perjalanan keluarga akan menjadi pilihan yang paling hemat biaya. Untuk mengatasi semua kemungkinan buruk yang terjadi.

Apa Itu Asuransi Perjalanan Keluarga?

Kamu mungkin masih asing dengan asuransi perjalanan keluarga, atau mungkin kamu bahkan belum pernah mendengar asuransi perjalanan keluarga. Tetapi sebenarnya tidak ada banyak perbedaan antara asuransi perjalanan keluarga dan asuransi perjalanan individu. Asuransi perjalanan keluarga menjamin banyak orang yang berasal dari keluarga yang sama. Ini memberikan perlindungan asuransi untuk 2 orang dewasa (usia 18 atau 21 tahun ke atas) dan dilengkapi dengan opsi mengasuransikan anak-anakmu (usia di bawah 16 atau 18, tergantung pada perusahaan asuransi), jika ada.

Mengapa Lebih Murah Untuk Membeli Paket Asuransi Perjalanan Keluarga?

Sebagian besar orang menginginkan asuransi yang murah, namun memberikan manfaat yang besar luar boasa. Begitu juga berlaku pada asuransi perjalanan keluarga. Dibandingkan dengan membeli beberapa paket asuransi perjalanan individu, paket asuransi perjalanan keluarga biasanya dikenakan biaya lebih rendah. Inilah sebabnya.

Biaya Lebih Rendah Untuk Penanggung Untuk Memproses Aplikasi Asuransi Perjalanan Keluarga

Dari perspektif perusahaan asuransi, memproses setiap aplikasi asuransi perjalanan individu dikenakan biaya tetap untuk dikelola. Ketika kamu mengajukan permohonan asuransi perjalanan keluarga, kamu pada dasarnya melamar dua (atau lebih) orang sekaligus. Alih-alih harus memproses beberapa aplikasi asuransi perjalanan individu, perusahaan asuransi hanya perlu memproses aplikasi tunggal untuk seluruh keluarga. Ini berarti biaya pemrosesan yang lebih rendah untuk aplikasi asuransi perjalanan, yang memungkinkan perusahaan asuransi untuk menawarkan asuransi perjalanan mereka dengan tarif yang lebih murah.

Pengaruh Positif Pengumpulan Risiko

Seluruh konsep asuransi diatur oleh gagasan kunci pengelompokan risiko. Perusahaan asuransi mengakui bahwa individu dalam suatu kelompok memiliki risiko yang berbeda-beda. Ketika kamu membeli asuransi perjalanan sebagai keluarga, risiko kamu dikumpulkan bersama. Berikut ini contoh untuk menggambarkan efek dari pengumpulan risiko. Perlindungan kecelakaan pribadi adalah cakupan yang sangat umum dalam asuransi perjalanan. Setiap polis asuransi perjalanan akan mencakup pertanggungan ini. Sebagai sebuah keluarga, kamu mungkin berpikir bahwa risiko kecelakaan pribadi karena mengasuransikan empat jiwa adalah sama. Namun, dari sudut pandang perusahaan asuransi, risiko seorang anak terlibat dalam kecelakaan pribadi jauh lebih rendah daripada orang dewasa. Ini menciptakan efek positif dengan menggabungkan risiko yang berbeda.

( Baca juga : Oleh oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian )

Juga, sebagai keluarga, kamu akan sering bepergian bersama. Risiko seseorang (dalam kelompok empat orang) masuk ke beberapa jenis masalah (mis. Kecelakaan) akan lebih rendah jika, dibandingkan dengan empat orang yang akan bepergian secara terpisah, dan yang memiliki rencana perjalanan yang terpisah. Dengan demikian, karena efek positif dari pengumpulan risiko, biaya mengasuransikan keluarga biasanya lebih rendah daripada mengasuransikan kehidupan individu.

Manfaat Tidak Berwujud dari Mengelola Kebijakan Asuransi Perjalanan yang Lebih Sedikit

Ketika kamu mendapatkan paket asuransi perjalanan keluarga, itu datang dengan manfaat tidak berwujud dari kerepotan. Paket asuransi perjalanan biasanya dikelola oleh satu orang di dalam keluarga. Pekerjaan ini biasanya jatuh ke tangan salah satu orang tua. Dapatkah kamu bayangkan betapa sulitnya bagi satu orang untuk mengisi empat formulir aplikasi? Selain itu, asuransi perjalanan keluarga hanya akan dilengkapi dengan satu dokumen polis untuk diamankan, tidak seperti asuransi perjalanan individu yang memiliki satu dokumen polis untuk setiap orang. Terkadang, kita mungkin hanya meninggalkan satu dokumen kebijakan di antara yang lainnya di tengah-tengah mempersiapkan liburan. Hal terakhir yang kamu inginkan pada hari libur adalah membeli asuransi perjalanan dan meninggalkannya di rumah ketika kamu membutuhkannya.

Asuransi Perjalanan Keluarga

Untuk asuransi perjalanan keluarga memiliki sedikit perbedaan dengan asuransi lainnya yang sifatnya tidak terbatas. Namun pada asuransi perjalanan keluarga ini sifatnya terbatas pada saat kamu dan keluarga berangkat liburan sampai dengan kamu kembali ke rumah dengan selamat. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu mempunyai asuransi perjalanan keluarga seperti yang akan kita berikan di bawah ini. namun perlu diketahui manfaat ini tergantung dari setiap perusahaan dan kelengkapan layanan asuransi yang kamu beli.

Bantuan medis darurat luar negeri.

Pertanggungan 24 jam untuk evakuasi medis, ambulan, pengaturan pemakaman dan banyak lagi. Meski saat berlibur, atau dalam keadaan apapun, kita pasti ingin semua selamat dan tak ada kendala apapun ya.

Biaya medis dan rumah sakit darurat di luar negeri.

Jika kamu perlu pergi ke rumah sakit secara tiba-tiba karena cedera atau sakit, kamu dijamin untuk perawatan di rumah sakit, pembedahan, dan perawatan gigi darurat.

Biaya akomodasi dan perjalanan.

Jika kamu sakit atau terluka dan tidak bisa pulang, asuransi perjalanan akan menanggung biaya akomodasi dan perjalanan kamu yang tidak terduga.

Darurat keluarga.

Kamu ditanggung untuk biaya perjalanan tak terduga kamu jika kerabat, atau orang yang bepergian bersamamu meninggal mendadak, atau cacat atau cedera dan perlu dirawat di rumah sakit.

Lindungi teman perjalanan kamu.

Jika teman perjalananmu tidak lagi dapat melanjutkan liburannya karena cedera atau sakit, biaya akomodasi atau perjalanan yang tidak terduga akan diganti oleh asuransi perjalanan.

Dimulainya kembali perjalanan.

Jika kamu perlu kembali ke rumah karena kematian dalam keluarga, atau sakit parah yang mengharuskan tinggal di rumah sakit dan mereka adalah anggota keluarga dekat, penerbangan kamu akan ditanggung untuk membawa kamu pulang.

Tunjangan tunai rumah sakit.

Jumlah akan diberikan per hari jika kamu dirawat di rumah sakit selama lebih dari 2 hari di luar negeri. Ini penting, karena biaya rumah sakit di luar negeri tentu jauh lebih mahal ketimbang biaya rumah sakit di dalam negeri.

Kematian karena kecelakaan.

Jika kamu meninggal dalam waktu 12 bulan dari perjalanan karena cedera yang kamu alami selama liburan, ditawarkan pembayaran kematian. Mungkin terdengar mengerikan ya, tapi untuk berjaga jaga saja, karena kita tak tahu hal apa yang akan terjadi di masa depan selanjutnya.

Bagasi, barang pribadi, dan penundaan.

Kamu dilindungi jika barang kamu hilang atau dicuri selama perjalananmu. Jika barang bawaan kamu tertunda lebih dari 12 jam dan kamu perlu membeli beberapa pakaian, asuransi perjalanan akan mengganti biaya ini – secukupnya.

Biaya pembatalan dan kehilangan deposit awal.

Kamu ditanggung atas segala biaya pembatalan dan kehilangan deposit untuk pengaturan perjalanan prabayar jika kamu tidak dapat melakukan penerbangan atau akomodasi yang direncanakan karena keadaan di luar kendali kamu seperti sakit, cedera, pemogokan atau bencana alam. Pahami jaminan pembatalan sepenuhnya untuk mengetahui kapan kamu ditanggung. Karena kadang kita sudah mempersiapkan liburan jauh jauh hari dengan jadwal yang terencana. Namun siapa yang tau kalau tiba tiba sakit membuatmu batal berlibur.

Gangguan perjalanan.

Jika penerbangan kamu tertunda selama lebih dari 6 jam, makanan dan akomodasi tak terduga yang mungkin perlu kamu bayar akan diganti.

Transportasi alternatif.

Jika kamu mengalami keterlambatan dan tidak dapat membuat acara yang telah direncanakan sebelumnya seperti pernikahan, pemakaman, konferensi, atau wisata prabayar apa pun, biaya transportasi alternatif kamu akan dibayar oleh asuransi perjalanan kamu.

Cara memilih asuransi perjalanan keluarga yang tepat

Untuk memilih asuransi perjalanan keluarga yang tepat dan cocok untuk kamu dan keluarga kamu harus memperhatikan hak yang “harus ada” dalam manfaat layanan asuransi perjalanan yang kamu pilih. Hal yang “harus ada” itu adalah :

Pembatalan dan pembatasan

ini bisa membantu jika kamu perlu membatalkan atau mempersingkat liburan.

Keberangkatan atau keterlambatan yang terlewat

menawarkan perlindungan jika penerbangan kamu tertunda karena kejadian yang diasuransikan. Kamu juga dapat diberi kompensasi untuk akomodasi dan biaya perjalanan tambahan jika kamu melewatkan keberangkatan karena suatu peristiwa di luar kendalimu. Kebijakan berbeda, jadi periksa apa yang dicakup.

Bagasi yang dicuri, hilang atau rusak

pastikan kamu memiliki asuransi yang cukup untuk menutupi biaya bagasimu. Jangan meremehkan berapa banyak kamu bepergian, terutama jika kamu memiliki anak.

Tanggung jawab pribadi

ini dapat menutupi biaya kerusakan atau cedera yang kamu sadari tanpa sengaja saat kamu pergi.

Pertanggungan medis

polis kamu harus menanggung kamu untuk keadaan darurat medis, biaya perawatan apa pun, masa inap semalam, dan pemulangan.

Buat setiap perjalananmu bersama keluarga menjadi jauh lebih aman, menyenangkan, dan tak terlupakan. Oleh karena itu, penting melengkapi keluargamu dengan asuransi perjalanan yang menawarkan beragam keuntungan dan juga manfaat baik. Meski pada dasarnya harapan terbesar setiap orang adalah dapat menempuh perjalanan dengan selamat dan tak terjadi hal hal buruk, karena itu lah yang jauh lebih baik.

Nah itu dia ulasan singkat tentang asuransi perjalanan keluarga, mulai dari apa pengertiannya, alasan kamu harus memilikinya, manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan hingga hal yang harus kamu perhatikan saat memilih asuransi perjalanan keluarga. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu memahami apa dan bagaimana asuransi perjalanan keluarga sebelum kamu pergi berlibur.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti