Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Asuransi Perjalanan, Perlukah?

by JTO on 27 Agustus, 2014

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, asuransi perjalanan mungkin tidak begitu asing di telinga. Namun, bagi Anda yang jarang atau belum pernah pergi ke luar negeri, asuransi ini mungkin tidak cukup penting. Sebenarnya, seberapa penting asuransi ini untuk Anda?

Berbagai macam asuransi telah beredar di pasaran seiring dengan makin banyaknya perusahaan asuransi yang muncul di Indonesia. Beberapa asuransi yang populer adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan. Ada juga asuransi yang dikenakan pada barang seperti kendaraan bermotor atau alat-alat berat yang dimiliki pabrik. Namun, ada satu macam asuransi yang belum begitu dikenal masyarakat yaitu asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang melindungi kita saat kita berada di luar negeri. Beberapa negara bahkan mewajibkan pengunjungnya untuk memiliki asuransi ini seperti di negara-negara Uni Eropa. Negara-negara Asia masih jarang yang mewajibkan kepemilikan asuransi perjalanan ini sehingga keberadaan asuransi ini pun menjadi kurang dikenal. (Baca juga: Mau ke Eropa? Miliki Dulu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan)

Jika masih berpikir bahwa asuransi perjalanan tidaklah penting, Anda pasti akan terkejut dengan banyaknya hal yang terlindung oleh asuransi ini. Beberapa di antaranya adalah:

Kecelakaan Diri

Asuransi ini menanggung kecelakaan yang terjadi saat kita sedang berada dalam perjalanan. Di beberapa perusahaan asuransi, klaim bisa diajukan apabila terjadi kematian, kehilangan anggota badan, kelumpuhan, atau kehilangan penglihatan saat terjadi perjalanan. Ada juga perusahaan asuransi yang akan menggandakan santunan yang diberikan kepada Anda atau keluarga Anda jika pesawat yang Anda tumpangi mengalami kecelakaan.

(Baca juga5 Alasan Anda Harus Miliki Asuransi Perjalanan)

Biaya Pengobatan

Sakit itu tidak enak. Lebih tidak enak lagi jika Anda sakit saat Anda berada di negeri orang yang memiliki standar biaya kesehatan jauh lebih tinggi daripada di kampung halaman. Bisa jadi Anda terpikir akan hidup menggelandang di pinggir jalan begitu tahu jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Nah, asuransi perjalan akan menutup biaya pengobatan ini.

Beberapa perusahaan asuransi bahkan memiliki ikatan kerja sama dengan badan kesehatan di luar negeri, sehingga saat kita sakit maka kita bisa segera dirujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk. Asuransi ini juga bisa menutup biaya pemulangan jenazah ke Indonesia.

Ketidaknyamanan Perjalanan

Banyak orang mengeluh apabila dalam perjalanan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Masalah bagasi, kehilangan dokumen, pesawat yang tertunda, bahkan yang lebih sial lagi seperti pembatalan pesawat adalah segelintir dari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Semua orang yang pernah bepergian pasti pernah mengalami paling tidak satu dari kejadian tidak mengenakkan tersebut. Namun tahukan Anda bahwa ketidaknyamanan Anda tersebut akan diganti oleh asuransi perjalanan? Jika pesawat Anda tertunda, Anda tinggal klaim saja ke perusahaan asuransi Anda. Jika dokumen penting Anda hilang, klaim saja. Jika bagasi Anda rusak, hilang, atau tertunda; segera ajukan klaim.

Beberapa perusahaan asuransi juga akan memberi ganti jika terjadi tindak terorisme di dalam transportasi yang Anda tumpangi. Mungkin ini sulit dipercaya, namun tindak terorisme bukanlah hal yang mustahil terjadi dalam perjalanan jarak jauh. Mengambil asuransi perjalanan yang menyediakan pertanggungan untuk tindak terorisme bisa menjadi pilihan. (Baca juga: 5 Risiko Perjalanan yang Bisa Ditanggung Asuransi)

Jika Anda masih ragu dan berpikir kalau asuransi perjalanan hanya cocok buat mereka yang bolak-balik ke luar negeri, Anda sebaiknya mengubah pemikiran tersebut. Karena pada dasarnya, banyak hal tidak diinginkan bisa terjadi bahkan saat kita melakukan perjalanan antarkota atau antarpulau. Asuransi perjalanan ini tentunya akan membuat perjalanan dan lebih-lebih liburan Anda menjadi lebih nyaman dan tanpa kekhawatiran.

Langsung ajukan asuransi perjalanan yang Anda butuhkan di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami